Mengenal Lebih Lengkap Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Berbagai ancaman cyber crime yang terjadi saat ini berdampak juga pada keamanan jaringan komputer baik dirumah, sekolah atau tempat kerja. Ini semua jika tidak diatasi dengan benar akan berbahaya terutama yang berkaitan dengan data-data penting yang tersimpan pada komputer. Untuk itu Anda perlu menambahkan sistem keamanan jaringan komputer yang lebih agar terhindar dari semua hal tersebut.

Bagaimana jika komputer yang Anda gunakan sehari-hari ternyata sudah disusupi oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga semua data yang Anda miliki berhasil dicuri. Pastinya Anda akan merassa kesal, apalagi jika data tersebut digunakan untuk tindak kejahatan sehingga bisa merugikan khususnya bagi Anda. Nah pada artikel kali ini akan membahas mengenai sistem keamanan jaringan komputer.

Apa Itu Sistem Keamanan Jaringan

Sistem Keamanan Jaringan Komputer
Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Sistem keamanan jaringan adalah suatu sistem yang memiliki tugas untuk melakukan pencegahan dan identifikasi kepada pengguna yang tidak sah dalam jaringan komputer. Langkah pencegahan ini berfungsi untuk menghentikan penyusup untuk mengakses lewat sistem jaringan komputer. Tujuan dari dilakukan sistem keamanan jaringan komputer adalah untuk antisipasi dari ancaman dalam bentuk fisik maupun logic baik secara langsung atau tidak langsung yang mengganggu sistem keamanan jaringan.

Satu hal yang perlu dicatat bahwa tidak ada jaringan komputer yang benar-benar aman anti dari sadap. Solusinya Anda bisa mencegahnya salah satunya dengan meningkatkan sistem keamanan jaringan. Karena sifat dari jaringan adalah untuk melakukan komunikasi dua arah dari pengirim kepada penerima dan sebaliknya. Jadi setiap komunikasi yang terkirim pada jaringan komputer bisa saja disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu solusi lain yang perlu diketahui adalah memastikan user tidak awam masalah keamanan jaringan. Jika mereka tidak tahu tentang jaringan maka akan ada potensi celah keamanan jaringan yang mudah sekali untuk ditembus. Jadi selain membangun sistem keamanan jaringan, jangan lupa juga untuk mengedukasi user tentang keamanan jaringan.

Ancaman Keamanan Jaringan

Ada beberapa tipe ancaman yang sering ditemui pada cyber security, apa saja itu? Mari kita bahas berikut dibawah ini:

  • Interception

Ancaman keamanan jaringan dimana ada pihak yang tidak memiliki wewenang secara sah berhasil mendapatkan hak akses informasi dari komputer.

  • Interruption

Interruption yaitu penyerang sudah mendapatkan akses ke sistem, tetapi belum keseluruhan. Administrator masih bisa tetap login ke sistem.

  • Fabrication

Fabrication adalah pihak penyerang sudah menyisipkan objek palsu kedalam sistem yang menjadi target sasaran.

  • Modification

Ancaman keamanan yang terakhir adalah pihak penyerang sudah merusak sistem dan mengubah keseluruhan dari sistem. Jadi ini ancaman keamanan jaringan yang tergolong paling fatal.

Baca juga : Tips Menjaga Keamanan Website

Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Jaringan

Jenis Firewall
Enkripsi Data

Ada banyak aspek yang perlu Anda perhatikan untuk bisa menjaga sistem keamanan jaringan komputer. Berikut pembahasannya:

  • Pengamanan secara fisik

Pengamanan secara fisik bisa dilakukan dengan menempatkan perangkat hardware berada dilokasi yang aman dan mudah diawasi. Selain itu gunakan ruangan yang bersih, jika perlu yang memiliki AC agar tidak ada debu dan lembab. Selain itu juga gunakan kunci pengaman khusus agar tidak ada orang yang masuk kecuali yang memiliki kepentingan saja.

  • Pengamanan akses

Agar tidak terjadi penyalah gunaan akses, maka sebagai seorang administrator Anda harus memberikan akses kepada orang yang berhak saja. Dan jangan lupa untuk membuat username dan password yang unik.

  • Pengamanan data

Pengamanan data dilakukan dengan membuat hak akses pada setiap user dimana setiap user hanya bisa melakukan akses pada data tertentu sesuai dengan hak akses yang dimilikinya. Untuk data yang sifatnya sensitive Anda bisa menambahkan password agar lebih aman lagi.

  • Pengamanan komunikasi jaringan

Pengamanan komunikasi jaringan bisa dilakukan dengan mengamankan setiap komunikasi dengan menggunakan kriptografi, dimana data-data yang sensitive bisa dienkripsi agar aman saat proses pengiriman dan penerimaan data.

Tips Keamanan Jaringan

Manfaat Firewall
Tips keamanan jaringan

Untuk tetap menjaga keamanan sistem jaringan komputer, Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan enkripsi pada akses nirkabel

Sudah dilakukan survey bahwa lebih dari setengah jaringan nirkabel saat ini terbuka lebar tanpa adanya pengamanan. Kasus seperti ini bisa dimanfaatkan oleh semua siapa saja yang ingin melihat lalu lintas data dan informasi sensitive. Salah satu enkripsi yang banyak digunakan saat ini adalah menggunakan enkripsi WPA2 yang sudah terjamin keamanannya.

  • Ganti alamat SSID

Jika Anda menamai router jaringan, usahakan jangan menggunakan nama SSID yang menunjukan lokasi atau kepemilikian bisnis. Contohnya “Apartemen Mawar Lt 1” atau “PT Teknologi Indonesia”,  Ini cukup berbahaya karena bisa dilacak dengan mudah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Matikan fitur antarmuka router

Matikan akses untuk manajemen router agar tidak bisa diakses dari luar. Jika ada yang bisa masuk ke dashboard router ini, penyusup akan dengan mudah membaca file log yang ada pada router, untuk amannya matikan saja fitur ini.

  • Gunakan antivirus

Pastikan semua Komputer Anda sudah menggunakan antivirus yang terupdate, karena ada banyak malware komputer yang menyebar tanpa bisa Anda ketahui.

  • Lakukan backup

Mulai backup file-file penting yang ada pada Komputer Anda. Untuk hasil backup bisa Anda simpan pada hardisk eksternal atau disimpan di cloud agar lebih amannya.

Nah demikianlah pembahasan tentang mengenal lebih lengkap sistem keamanan jaringan komputer. Untuk lebih amannya untuk selalu berhati-hati agar data dan informasi sensitive yang Anda miliki aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk masalah keamanan website, kami memiliki rekomendasi untuk menggunakan SSL. SSL memungkinkan koneksi yang aman dari web server menuju browser dan sebaliknya. Untuk Anda yang membutuhkan layanan SSL Murah kami memiliki rekomendasi hanya di gudangssl.id. Gudang SSL memiliki layanan SSL Domain Validation dari Sectigo Positive SSL dengan harga 150.000/tahun saja. Tunggu apalagi amankan websitemu sekarang juga.

Terima kasih

2 thoughts on “Mengenal Lebih Lengkap Sistem Keamanan Jaringan Komputer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>