Perkembangan Bisnis Online di Indonesia Saat Ini

Perkembangan bisnis online di Indonesia sangat baik dimana bisa dilihat dari banyaknya online shop baru yang bermunculan. Hasilnya yang menggiurkan membuat banyak orang rela meninggalkan pekerjaan utamanya demi fokus ke bisnis online mereka.

Artikel ini akan membahas mengenai sejarah bisnis online, perkembangannya hingga keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah ulasannya secara lengkap:

Sejarah Bisnis Online

Perkembangan bisnis online di indonesia
Perkembangan bisnis online di indonesia

Sejarah perkembangan bisnis online di Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan internet di negara ini. Internet masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990 an namun mulai banyak digunakan orang secara bebas dari tahun 2000 an. Sejak tahun ini, mulai banyak muncul toko-toko online.

Salah satu toko online pertama yang menjual berbagai macam kebutuhan adalah Toko Bagus. Barang-barang yang biasanya dijual pada masa ini adalah ebook, obat kuat dan jamu. Banyak orang mulai menyadari bahwa internet mampu membantu mereka dalam menambah penghasilan.

Sayangnya, awal perkembangan bisnis ini tidak selalu membawa dampak positif. Saat itu banyak terjadi penipuan yang merugikan kaum pembeli. Sehingga beberapa orang cukup skeptis untuk melakukan transaksi jual beli di dunia maya.

Mulai tahun 2005, bisnis online mulai menunjukkan geliatnya. pada era ini marketplace dan online shops baru terus bermunculan untuk menjual berbagai macam barang. Iklan-iklan promosi pun gencar dilakukan di berbagai media sehingga banyak orang mulai beralih ke bisnis online.

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Semakin banyaknya ponsel pintar dan operator seluler yang menyediakan layanan internet dengan harga murah membuat bisnis online semakin subur. Banyak pebisnis mulai menggunakan cara-cara kreatif untuk mempromosikan toko online mereka.

Mulai dari membuat foto-foto yang artistik, video yang menarik dan konten-konten promosi lainnya. Bahkan kondisi bisnis online di Indonesia saat ini memunculkan fenomena menarik yaitu pengaruh influencer atau selebgram yang semakin kuat. Banyak toko online menggunakan jasa mereka untuk promosi barang atau jasa.

Baiknya lagi, orang-orang yang menggeluti bisnis online di Indonesia tidak harus memiliki modal yang besar atau memiliki latar belakang pendidikan bisnis. Saat ini ada banyak jenis bisnis online yang hampir tidak menggunakan modal sepeserpun seperti reseller dan dropshipper.

Maraknya kemunculan pemain baru dalam bisnis online serta keuntungan yang diperoleh membuat para pelaku bisnis besar mulai melirik peluang ini. Awalnya mereka cukup enggan untuk melakukan promosi barang dan jasa lewat internet, namun sekarang mereka gencar melakukan branding di platform media sosial.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga Frost & Sullivan menyatakan bahwa bisnis online di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 17% per tahun. Pertumbuhan ini didukung oleh manajemen yang bagus, pelayanan ramah, pengiriman tepat waktu hingga keamanan data konsumen yang semakin baik.

Bisa dikatakan saat ini bisnis online di Indonesia sedang berada di puncaknya. Jangan kaget jika saudara atau tetangga Anda tiba-tiba melakukan promosi atau mulai menjual barang-barang secara online. Karena bisnis online memungkinkan orang awam sekalipun untuk bisa mengais rezeki mereka sendiri.

Baca juga : Tips Menjaga Keamanan Website

Keuntungan Bisnis Online

Manfaat bisnis online di Indonesia sangat dirasakan oleh banyak orang baik pada pihak penjual maupun pembeli. Secara umum, perkembangan bisnis online yang positif telah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat luas, khususnya di daerah-daerah.

Untuk mengetahui apa saja keuntungan dari bisnis online, berikut adalah ulasannya:

1. Tidak perlu modal yang besar

Modal bisnis
Modal bisnis

Untuk menjalankan bisnis online, uang bukanlah satu-satunya modal utama. Anda bisa memilih untuk menjadi reseller atau dropshiper karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dalam menjual barang. Anda hanya bermodalkan kreativitas dan konsistensi dalam memposting gambar barang.

Anda akan memesan barang kepada supplier setelah ada pembeli yang tertarik. Setelah uang ditransfer oleh pembeli, maka Anda bisa melakukan pembayaran ke supplier. Barang yang dikirim oleh supplier adalah atas nama toko online Anda.

2. Waktu penjualan yang fleksibel

Jika toko offline memiliki jam operasional yang biasanya berakhir pada malam hari, toko online bisa beroperasi selama 24 jam sesuai kemampuan Anda. Hal ini berlaku selama Anda masih memiliki internet dan sistem penjualan yang baik dengan memanfaatkan platform marketplace.

Dengan akun marketplace, Anda tetap bisa menerima pesanan bahkan saat tengah malam. Anda hanya perlu melakukan follow up keesokan harinya.

3. Jangkauan pasar lebih luas

Market share bisnis
Market share bisnis

Salah satu keuntungan utama dalam menjalankan bisnis online adalah jangkauan pasar yang sangat luas bahkan hingga ke luar negeri. Jika Anda berniat melakukan ekspansi pasar di seluruh negeri bahkan ke luar negeri, Anda hanya perlu melakukan optimalisasi SEO pada toko online Anda.

SEO sangat penting agar calon konsumen mudah untuk menemukan toko online Anda.

4. Pelayanan yang lebih mudah

Dalam bisnis online, pelayanan yang diberikan kepada konsumen lebih mudah. Anda sebagai penjual hanya perlu berkomunikasi lewat ponsel dan menerima pembayaran melalui transfer bank atau pembayaran online lainnya.

Selain itu, Anda bisa melayani permintaan konsumen dari mana saja baik di rumah ataupun tempat lain dimana Anda berada saat itu.

Demikianlah ulasan artikel mengenai perkembangan bisnis online di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis online, jangan menunda waktu lagi.

Pastikan website bisnis online Anda sudah menggunakan SSL untuk memastikan semua pelanggan aman dari hacker dan cyber crime lainnya. Dengan harga mulai dari 150.000/tahun Anda sudah bisa mendapatkan layanan SSL Indonesia Murah dari GudangSSL.id, tunggu apalagi amankan bisnis onlinemu sekarang juga.

Terima kasih 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>