Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Apa Itu Blogwalking? Masihkah Relevan di Tahun 2023?

3 min read

BLOGWALKING ADALAH

Blogwalking adalah sebuah istilah yang sudah sangat dikenal di kalangan blogger sejak lama dengan beberapa tujuan tertentu.

Bila Anda mencari pengertian blogwalking menurut istilah asing, maka Anda akan hampir tidak dapat menemukannya karena istilah ini hanya populer di Indonesia, khususnya di kalangan blogger.

Sejak dulu, blogwalking kerap dilakukan oleh para blogger karena dapat dikatakan bisa menjadi sebuah simbiosis mutualisme.

Lantas, apa itu arti blogwalking dan apa saja manfaatnya? Simak pembahasan berikut ini ya, GudPeople.

Apa Itu Blogwalking?

Blogwalking adalah sebuah aktivitas ‘berjalan-jalan’ mengunjungi blog untuk beberapa tujuan seperti mencari informasi dan referensi, atau hanya sekadar silaturahmi dengan blogger lain.

Meski tidak ada aturan yang pasti, tetapi blogwalking biasanya akan ditandai dengan ‘meninggalkan jejak’ berupa komentar.

Isi komentar blogwalking pun juga beragam, ada yang murni ingin bertanya terhadap sebuah kasus atau masalah, atau juga berisi ajakan untuk mengunjungi balik blog pengguna yang berkomentar tersebut.

Bisa dibilang, blogwalking adalah aktivitas yang saling menguntungkan antarblogger, karena berawal dari kegiatan ini, setidaknya pengunjung dan interaksi blog bisa bertambah.

Keuntungan Blogwalking

Manfaat Blogwalking

Sudah dikenal sejak lama hingga sekarang, banyak blogger pun mempraktikkan blogwalking karena menurut mereka aktivitas ini memiliki dampak yang baik bagi blog.

Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan ketika menerapkan aktivitas blogwalking?

1. Memperluas Relasi

Meski terlihat sederhana, rupanya blogwalking adalah sarana yang baik untuk memperluas relasi antarblogger maupun pengguna lain.

Bermula dari kolom komentar, Anda bisa berbagi pengalaman atau memberikan sebuah apresiasi terhadap konten-konten blog yang Anda kunjungi.

Dengan demikian, pemilik blog akan merasa bahwa konten yang dibuat dapat bermanfaat bagi orang lain.

Tak hanya itu, banyak para blogger yang akhirnya banyak yang bertukar pikiran dalam upaya mengembangkan blog mereka masing-masing.

2. Mendapatkan Inspirasi

Tak bisa dimungkiri bahwa aktivitas blogwalking adalah salah satu cara untuk mencari inspirasi menulis blog maupun membuat konten dalam bentuk lainnya.

Dengan blogwalking pula, Anda dapat melihat berbagai perspektif terhadap berbagai hal, sehingga Anda bisa menjadi blogger yang lebih terbuka dan maju.

Namun, mendapatkan inspirasi yang didapat dari blogwalking bukan lantas Anda melakukan copy-paste semua konten yang ada, ya.

Bila tertarik untuk mengutip konten yang menurut Anda pantas, silakan tambahkan sumber aslinya sebagai kredit bagi pemilik konten asli.

3. Meningkatkan Traffic

Karena blogwalking pada dasarnya adalah mempromosikan blog Anda melalui kunjungan ke blog orang lain, maka traffic blog pun dapat meningkat.

Namun, ada kalanya alamat/tautan blog Anda tidak diakses oleh blogger lain karena dinilai kurang relevan dengan yang mereka butuhkan.

Maka dari itu, Anda perlu memilah-milah blog mana saja yang sebaiknya Anda berikan komentar berisi ajakan mengunjungi balik.

Selain traffic, sekarang ini istilah blogwalking mulai bergeser menjadi sebuah aktivitas untuk mencari backlink tanpa memperhatikan relevansi dan tujuan awalnya.

Blogger yang menerapkan cara ini berharap dapat meningkatkan reputasi blognya dengan memasang backlink melalui blogwalking.

Padahal, jika blog mengaktifkan Nofollow untuk segala URL yang ada pada kolom komentar mereka, komentar yang Anda tinggalkan tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap reputasi website Anda.

Malah, komentar-komentar tersebut akan dianggap spam oleh blog. Hati-hati ya, GudPeople!’

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger untuk Menghasilkan Uang

Cara Melakukan Blogwalking

Setelah mengenal singkat mengenai blogwalking, pastinya Anda tertarik untuk melakukannya karena akan mendapatkan manfaat positif.

Nah, jika Anda adalah seorang blogger yang kebetulan belum terlalu mengetahui cara blogwalking, silakan ikuti cara berikut ini ya, GudPeople.

1. Baca Konten Sebelum Berkomentar

Cara pertama dan yang sangat penting dalam blogwalking adalah membaca konten secara menyeluruh sebelum berkomentar.

Mengapa? Agar Anda tidak menanyakan apa yang sudah ada pada artikel, serta juga agar menghindarkan untuk berkomentar tentang hal yang tidak relevan dengan pembahasan.

Selain itu, ketika Anda berkomentar tentang hal yang tidak relevan kemudian meminta kunjungan balik dengan meninggalkan tautan, justru pemilik blog akan menganggap Anda telah melakukan spam.

Reputasi yang coba dibangun pun seketika menurun karena apa yang Anda lakukan kurang tepat.

2. Sopan

Ketika berkunjung ke suatu blog milik blogger lain, usahakan Anda menjaga etika ketika berkomentar, hindari kata-kata yang tidak pantas.

Apalagi jika ingin meminta kunjungan balik, bagaimana mungkin pengguna yang Anda perlakukan tidak sopan mau untuk melakukannya?

Cara terbaik yang bisa Anda coba dalam blogwalking adalah mengucapkan terima kasih atas konten yang dibagikan, lalu berikan pertanyaan atau tambahan bila perlu, kemudian baru Anda menambahkan ajakan untuk mengunjungi balik ke blog Anda.

3. Tetap Menjaga Hubungan Baik

Jangan hanya bersilaturahmi pada kolom komentar dan saling mengunjungi blog saja, tetapi jaga hubungan baik dengan blogger lain dengan mengikuti blog maupun media sosialnya.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat hubungan Anda dengan mereka, selain itu juga untuk berbagi ilmu seputar blogging.

Hilangkan rasa gengsi dan usahakan mengikuti terlebih dahulu alih-alih menunggu diikuti.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah & Aman

Blogwalking di Tahun 2023, Masihkah Relevan?

Berbicara mengenai relevansi blogwalking di tahun 2022 sekarang ini tampaknya sudah tidak terlalu masif jika dibandingkan beberapa tahun terakhir.

Sebab, waktu yang Anda miliki untuk mengembangkan blog dengan membuat konten-konten berkualitas akan teralihkan untuk sebuah aktivitas blogwalking.

Terlebih lagi bila hanya memprioritaskan kunjungan dari blogwalking saja, bukan karena kualitas konten Anda.

Lagi pula, banyak ditemui komentar-komentar blogwalking yang justru spam dan tidak relevan dengan kontennya.

Menurut praktisi SEO senior Ridho Putradi S’Gara dan Bhisyril Hafie dalam sebuah diskusi yang dilansir dari Youtube, Bhisyril Hafie mengaku tidak mengetahui apakah blogwalking masih relevan sampai sekarang.

Namun, ia sudah tidak menerapkannya lagi dan memilih untuk lebih berfokus di konten.

Jikalau memang membutuhkan backlink, sebaiknya menggunakan link kontekstual daripada harus menerapkan blogwalking, tukasnya.

Bhisyril juga menambahkan kalau menggunakan link kontekstual akan membahas lebih relate dengan backlink yang diberikan.

Ridho Putradi pun menanggapi jika blogwalking digunakan hanya untuk mendapatkan backlink, praktik ini sebaiknya dihindari.

Akan tetapi, jika blogwalking dilakukan murni karena menyukai konten-konten yang ada, hal itu tidak akan menjadi masalah.

Masih Tertarik Melakukan Blogwalking?

Blogwalking adalah aktivitas yang sampai sekarang masih eksis di kalangan blogger Indonesia.

Semakin ke sini, istilah blogwalking seolah-olah hanya mengarah untuk mendapatkan backlink dibanding mendapat relasi.

Nah, setelah membaca pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa blogwalking ternyata memiliki dua sisi yang berbeda.

Pertama, aktivitas ini dapat memperluas relasi dan mempromosikan blog Anda, dan yang kedua adalah sarana untuk mencari backlink.

Apabila Anda tertarik menerapkan blogwalking untuk mencari backlink, hal itu sudah tidak terlalu relevan karena menurut para praktisi SEO senior hanya menghabiskan waktu.

Daripada menghabiskan waktu untuk mencari backlink dengan blogwalking, lebih baik Anda fokus untuk meningkatkan kualitas konten blog, bukan?.

Sekian pembahasan mengenai blogwalking hingga relevansinya pada tahun 2023, semoga Anda dapat memahami dan menerapkan blogwalking dengan ‘benar’.

Sekarang, apakah GudPeople masih tertarik dengan aktivitas blogwalking ini? Tuliskan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah.

Sebelumnya, terima kasih sudah mengunjungi blog Gudang SSL, ya!

Apabila Anda adalah seorang blogger/pemilik website yang sedang mencari seritifikat SSL murah berkualitas, jangan sungkan untuk menghubungi kami kapan saja.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.