Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi

Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah & Aman

3 min read

Cara Membuat Blog di WordPress

Cara membuat blog di WordPress sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan pengetahuan teknis.

Blog adalah platform yang dapat digunakan oleh seseorang untuk menuliskan ide, pemikiran, dan hal-hal yang ingin diutarakan ke dalam bentuk tulisan.

Selain itu, blog juga dapat dijadikan sebagai alat komunikasi dua arah antara pemilik blog dan pembacanya.

WordPress sendiri merupakan salah satu CMS atau platform blog yang paling populer, serta dapat digunakan juga untuk membuat website profesional.

Apakah Anda sudah mengetahui perbedaan blog dan website? Singkatnya, blog bersifat informal dan tidak resmi, dan yang mengelola adalah perorangan.

Sedangkan website adalah situs resmi milik perusahaan dan dikelola oleh perusahaan itu sendiri.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah pembahasan mengenai cara membuat blog di WordPress dengan mudah dan aman, tetapi sebelum itu, pelajari terlebih dahulu apa itu WordPress.

Pengertian WordPress

WordPress adalah salah satu CMS (content management system) yang sangat populer di dunia.

Aplikasi website yang satu ini sudah digunakan oleh lebih dari 30% situs di internet, dan pastinya akan selalu bertambah seiring berkembangnya tren blog dan website.

Bersifat open source, WordPress dapat dimodifikasi oleh siapa saja dengan bebas.

Tak hanya itu, berbagai plugin dan tema pun disediakan secara gratis untuk mempercantik tampilan dan meningkatkan performa blog atau website.

Dengan WordPress, pengguna yang ingin memiliki sebuah blog atau website dapat mewujudkan impiannya tanpa harus memiliki kemampuan coding.

Seperti yang diketahui, sebagian pengguna meyakini bahwa memiliki sebuah blog/website harus memiliki kemampuan coding.

Memang sebenarnya membuat website dengan coding juga bisa dilakukan, tetapi karena tidak semua orang memiliki kemampuan coding, menggunakan CMS adalah pilihan yang terbaik.

Baca Juga: WordPress vs Blogspot: Manakah yang Lebih Baik?

Jenis-Jenis WordPress

WordPress sendiri sebenarnya memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Kedua jenis tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, berikut penjelasan lengkapnya.

  • WordPress.com

WordPress.com adalah versi gratis dari WordPress.org, sebenarnya aplikasi WordPress memanglah gratis, hanya saja untuk WordPress.org membutuhkan biaya khusus untuk hosting dan domain.

Keunggulan yang ditawarkan bagi pengguna WordPress.com adalah benar-benar gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Namun, dibalik keunggulan tersebut, ada beberapa hal yang pengguna harus dapat menerimanya.

Hal pertama adalah ekstensi domain yang dimiliki, untuk versi gratis akan menggunakan ekstensi domain .wordpress.com, contohnya www.gudangssl.wordpress.com. 

Dengan ekstensi yang terbilang cukup panjang, keunikan URL blog pun dapat berkurang.

Selanjutnya, penyimpanan pada WordPress gratis ini juga terbatas, sehingga pengguna tidak dapat mengunggah berkas dalam jumlah yang banyak.

Pada WordPress versi gratis, tema yang tersedia pun juga terbatas, serta pengguna tidak dapat memasang plugin, padahal plugin akan mengaktifkan fitur tambahan pada blog.

Apabila Anda ingin mendapatkan uang dari blog, menggunakan WordPress gratis ini tidak disarankan karena juga tidak dapat menampilkan iklan AdSense.

  • WordPress.org

Berbeda jauh dengan WordPress.com, WordPress yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi blog sesuai dengan keinginannya.

Namun, sebelum membuat blog di WordPress.org, Anda harus sudah memiliki domain sendiri dan menyewa hosting di penyedia hosting terbaik pilihan Anda.

Kelebihan yang didapat ketika menggunakan WordPress.org adalah Anda dapat menggunakan ekstensi domain populer seperti .com, .net, .id, dan sebagainya.

Dengan ekstensi domain tersebut, blog akan terlihat lebih unik dan mudah diingat karena terlihat singkat.

Selain itu, Anda juga dibebaskan untuk memasang tema dan plugin yang sesuai kebutuhan, yang mana kesempatan ini tidak akan didapatkan ketika menggunakan WordPress versi gratis.

Keuntungan terakhir yang didapatkan adalah blog yang menggunakan WordPress.org dapat menampilkan iklan AdSense, sehingga Anda dapat meraih penghasilan dengan menjadi blogger.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Travel dengan Menggunakan WordPress

Cara Membuat Blog di WordPress

Karena WordPress memiliki dua jenis yang berbeda, cara membuat blog di WordPress pun juga berbeda, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan menjelaskannya satu per satu kepada Anda.

Berikut adalah cara-cara membuat blog di WordPress, simak ya, GudPeople.

1. Membuat Blog di WordPress.com

Untuk membuat blog di WordPress.com caranya sangat mudah, Anda hanya perlu bermodalkan satu alamat email aktif, kemudian ikuti langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs WordPress.com, kemudian pilih Start your website
  • Lalu Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email, membuat username baru beserta password, jika sudah silakan klik Create your account
  • Pada menu selanjutnya adalah memilih nama domain, masukkan nama domain yang ingin Anda gunakan, kemudian pilih ekstensi .wordpress.com untuk mendapatkan domain gratis, klik Select jika sudah
  • Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih Plan, pilih saja start with a free site
  • Blog gratis pun selesai dibuat, Anda bisa mulai untuk mengkustomisasi tema yang disediakan

2. Membuat Blog di WordPress.org

Sebelum membuat blog di WordPress.org, pastikan Anda sudah membeli domain dan hosting.

Hosting sederhananya adalah tempat untuk menyimpan semua file yang nantinya Anda unggah ke blog.

Selanjutnya, Anda bisa memilih domain dengan ekstensi apapun ketika membuat blog di WordPress.org, misalnya bloganda.com, atau bloganda.id.

Biasanya penyedia hosting menyertakan cPanel atau yang sejenisnya jika Anda menyewa hosting, cPanel inilah yang nantinya akan dipakai untuk menginstal WordPress. 

Ikuti cara-cara membuat blog di WordPress.org berikut ini.

  • Jika Anda membeli domain dan hosting di penyedia yang sama, maka Anda dapat menginstal WordPress secara langsung, silakan buka cPanel pada menu hosting Anda
  • Setelah itu, cari menu Softaculous Apps Installer  dan pilih WordPress

cPanel

  • Klik Install dan tunggu beberapa saat, dan WordPress pun berhasil terpasang
  • Pasang sertifikat SSL untuk mengamankan blog Anda, karena SSL akan mengenkripsi semua pertukaran data yang terjadi antara client dan server blog, Anda bisa mendapatkan SSL murah dari Gudang SSL
  • Install tema sesuai dengan kebutuhan Anda, tema WordPress tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar, dan Anda dapat memilih salah satunya. Pilihlah tema yang responsif dan loading yang cepat
  • Install plugin untuk menambah performa kecepatan dan keamanan blog Anda, silakan memasang plugin security dan plugin SEO agar blog Anda selalu aman, dan tentunya mendapat ranking yang tinggi di SERP

Baca Juga: Panduan Cara Memilih Themes WordPress Untuk Blog

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai cara membuat blog di WordPress dengan mudah dan aman.

Perlu digarisbawahi, untuk membuat blog atau website sekarang dapat dilakukan tanpa harus memiliki kemampuan coding.

WordPress telah membuktikannya dengan menjadikannya sebagai CMS populer dan banyak digunakan oleh banyak website/blog di internet.

Lagipula, membuat blog di WordPress tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan hanya dalam beberapa menit saja.

Semoga artikel tentang cara membuat blog di WordPress ini dapat membantu Anda dalam membuat blog ya, GudPeople.

Tunggu apa lagi? Segera buat blog Anda di WordPress karena tampilan dan menunya sangat user friendly dan mudah digunakan.

Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi