Nadia Agatha Penerjemah dan Mahasiswa S2 tingkat akhir. Ia menggemari diskusi berbagai topik sekaligus menuliskan ide-idenya melalui media microblog.

Panduan Belajar Digital Marketing Termudah untuk Bisnis

3 min read

Apa itu digital marketing? Apakah belajar digital marketing itu perlu? Ini adalah pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh pelaku bisnis saat mencari strategi marketing mana yang paling tokcer.

Kami akan membahas semuanya mulai dari pengertian apa itu digital marketing, cara belajar digital marketing itu sendiri beserta contoh-contoh digital marketing yang bisa ditiru.

Tanpa perlu berpanjang-panjang mari kita bahas secara ringkas tentang digital marketing tetapi tetap lengkap

Apa Itu Digital Marketing?

Secara general, digital marketing (DM) adalah sebuah strategi bisnis yang dijalankan oleh para pelaku bisnis dengan memanfaatkan media digital atau online sebagai platform pemasarannya.

Nah, digital marketing ini dianggap sebagai teknik marketing yang efektif dan efisien. Ini bukannya tanpa alasan loh, GudPeople.

Dengan digital marketing Anda tidak perlu hadir secara on-site untuk menarik perhatian pelanggan.

Anda bisa melakukannya sendiri jika memiliki ilmu yang memadai dengan bermodalkan laptop atau handphone.

Menarik bukan? Karena ini lah kami pikir bahwa tidak ada ruginya untuk belajar digital marketing untuk meningkatkan performa bisnis Anda.

Mari ketahui apa saja yang perlu Anda pelajari untuk melancarkan online campaign!

5+ Tips-tips Belajar Digital Marketing

Nah, karena Anda membaca artikel ini bertujuan mencari bahan belajar atau tips belajar digital marketing, mari bahas langkah apa saja yang perlu diambil.

1. Familiarkan Diri Dengan Tools-nya

Benar, Anda harus mempelajari berbagai tool untuk digital marketing. Kami akan berikan bocoran tentang tool apa saja yang harus dipakai serta penjelasannya.

  • SEMRush – berguna untuk memeriksa performa website sendiri dan kompetitor
  • Google Ads – perluas jangkauan iklan Anda dengan tool dari Google sehingga revenue meningkat.
  • Facebook Ads – Iklankan produk Anda di Facebook dan Instagram, jaring banyak pelanggan.
  • Google Analytics – cek performa website dan revenue Anda sekaligus ketahui behaviour pengunjung.
  • Ahrefs – lakukan research keyword dan tracking performa kompetitor untuk menjalankan SEO marketing.
  • Yoast SEO – ketahui performa on-site SEO dengan tool Yoast SEO agar website mudah muncul di halaman Google.
  • Buzzsumo – mencari influencer, topik yang sedang trending dan konten viral bisa dilakukan dengan tool ini.

Semua dapat Anda cari dan otak-atik untuk mempelajarinya. Banyak juga tutorial yang tersedia di luar sana untuk mempelajari tools digital marketing di atas.

2. Buat Website

Nah, memahami cara membuat website sangat penting. Sekarang banyak perusahaan yang mengembangkan website mereka agar menjadi lebih baik.

Tidak melulu dijadikan lapak untuk berjualan, tetapi website juga bisa Anda jadikan sebagai lahan promosi dengan membuat konten-konten yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Nah, jika Anda berniat membuat website, kami tidak lelah untuk mengingatkan agar Anda membeli SSL murah dari Gudang SSL.

SSL ini penting untuk menjaga keamanan website Anda loh, GudPeople.

3. Ketahui Cara Kelola CMS

Membuat website itu penting untuk digital marketing. Bila merasa membuat website dari nol membuang waktu, Anda bisa menggunakan website builder atau membayar jasa web developer untuk membuat website.

Tapi, untuk mengisi konten website tentunya harus bisa Anda lakukan sendiri untuk alasan efisiensi.

Anda bisa mempraktekkan SEO marketing dengan membuat konten blog secara berkala. Dengan begini, Anda akan lebih dikenal oleh khalayak luas.

Untuk mengetahui seluk-beluknya, Anda bisa membaca artikel kami terkait CMS.

4. Rajin Belajar Melalui Course Online

Ada banyak sekali kursus online di luar sana yang bisa menjadi sumber belajar digital marketing dan dapat diakses secara gratis, seperti:

  • Hubspot Academy
  • SEMRush Academy
  • Google Digital Garage
  • LinkedIn Online Course
  • Facebook Blueprint

Pun tidak ada salahnya juga jika Anda mengeksplor YouTube untuk mencari course digital marketing dari sana dan belajar digital marketing secara gratis.

5. Buat Media Sosial

Media sosial bisa dibilang sebagai ujung tombak Anda dalam menjalankan digital marketing yang efisien.

Anda bisa membayar influencer, mengumpulkan followers, membuat social media campaign, mencari engagement dan lain-lainnya.

Nanti akan kami berikan beberapa contoh brand besar yang menggunakan media sosial untuk melakukan marketing digital.

6. Asah Kemampuan Copywriting dan Content Writing

Sudah dijelaskan di awal bahwa banyak sekali media yang bisa Anda gunakan untuk promosi secara digital.

Nah, tentunya tanpa teks, Anda akan susah mengkomunikasikan ide Anda.

Oleh karena itu, gunakan ilmu copywriting dan content writing untuk menjalankan campaign di media sosial dan juga mengisi blog website.

7. Pahami Tentang Email Marketing

Ingat bahwa kadang harus menjemput bola. Salah satu caranya adalah dengan email marketing.

Buatlah daftar milis menggunakan plugin email list dan pasang di website Anda.

Kirimlah email berisi update konten ataupun kupon diskon produk.

Kami juga memiliki kiat agar email Anda tidak masuk ke spam di artikel Alasan Penyebab Email Masuk ke Spam dan Tips Menghindarinya.

8. Buat Kanal YouTube

Ini terkait dengan video marketing. Anda bisa menggunakan video sebagai media promosi dan memasang ads juga di YouTube.

Ini sangat menguntungkan karena menurut penelitian BPS di Unescap, di Indonesia sendiri 88% pengguna Internet menggunakan YouTube.

Bayangkan Anda menjangkau pasar yang lebih luas lagi dengan membuat video dan mengunggahnya ke YouTube.

Maka, tidak ada salahnya untuk membuat akun YouTube dan mengunggah konten video iklan di sana.

Contoh-contoh Brand dengan Digital Marketing-nya

Sudah sedikit mendalami apa itu digital marketing serta mengetahui apa saja yang dibutuhkan?

Sekarang saatnya mengambil contoh dari perusahaan-perusahaan yang sudah menjalankan digital marketing ini.

1. Maicih

website maicih

Awalnya menjual keripik dengan sistem PO, kini Maicih sudah berkembang menjadi perusahaan besar dan dapat menjual produknya di minimarket dan supermarket di sekitar Anda.

Tahukah Anda? Ternyata pemilik Maicih menggunakan the power of socmed! Saat itu Reza Nurhilman (pemilik usaha) menggunakan Facebook dan Twitter sebagai lahan promosinya.

Tidak berhenti sampai situ, kini Maicih mempunyai websitenya sendiri loh, GudPeople.

2. Twitter

twitter engagement

Perusahaan besar pun masih butuh yang namanya engagement. Twitter pun menggunakan platformnya sendiri untuk melakukan engagement.

Menariknya juga, banyak brand lain yang “nyangkut” di cuitan yang sebenarnya digunakan untuk mencari engagement.

Seperti yang diduga, brand lain ini juga mencari engagement, seperti sebuah lingkaran, kan?

3. Mine. Perfumery

digital marketing mine perfumery

Secara konsep, Mine. menjual parfum tidak hanya sekedar menjual, tetapi juga menunjukkan bahwa brand mereka lain daripada yang lain.

Jika mengunjungi situsnya, Anda bisa mengisi kuis personality untuk mencocokkan kepribadian yang dimiliki dengan parfum buatan Mine.

Dari situ mereka mengumpulkan juga data yang sekiranya penting untuk bisnis mereka seperti umur, nama dan juga email.

Kesimpulan

Belajar digital marketing bukan perkara sulit kok, GudPeople. Ini hanya membutuhkan ketelatenan dan kemauan untuk belajar yang tinggi.

Semoga ada banyak hal yang bisa Anda ambil dari artikel kami.

Nadia Agatha Penerjemah dan Mahasiswa S2 tingkat akhir. Ia menggemari diskusi berbagai topik sekaligus menuliskan ide-idenya melalui media microblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *