Apa itu DA/PA & Bagaimana Cara Mengeceknya?

3 min read

Apa itu DA PA

Skor DA/PA merupakan salah satu ukuran yang bisa Anda jadikan patokan untuk menilai suatu website berkualitas atau tidak.

Semakin tinggi skor DA/PA yang dimiliki maka semakin bagus pula peringkat website di SERP Google.

Istilah DA/PA sering dijumpai bagi Anda yang sedang menjalankan optimasi SEO pada website. Lalu apakah Anda tahu apa itu DA/PA pada website? dan tahukah Anda bagaimana cara mengecek DA/PA blog?

Nah daripada bingung langsung saja kita bahas lengkap mengenai DA/PA dan cara menaikan DA/PA.

Apa itu DA

Domain Authority adalah acuan yang diberikan oleh MOZ kepada website atau blog untuk menentukan skor SEO.

Semakin besar nilai domain authority yang dimiliki maka semakin besar peluang tampil pada halaman satu Google.

Skala skor domain authority dimulai dari 1-100. Umumnya untuk website/blog bagu memiliki skor DA yang kecil, semakin lama usia domain biasanya skornya semakin besar.

Apa itu PA

Page Authority adalah acuan yang diberikan oleh MOZ untuk menilai suatu halaman website atau blog.

Semakin berkualitas page authority maka semakin besar pula skornya. Skala skor menggunakan angka 1-100.

Skor PA ini bisa menjadi acuan Anda untuk mengetahui seberapa berkualitas konten yang Anda produksi. Jika skornya stagnan dan tidak meningkat, maka Anda perlu melakukan audit konten yang Anda buat.

Biasanya skor DA dan PA saling berdekatan, jika terpaut pun selisihnya tidak berbeda jauh.

Cara Menaikan DA/PA

Nah untuk website Anda yang saat ini masih memiliki skor DA/PA yang rendah, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini untuk menaikan DA/PA website.

Pilihlah nama domain yang bagus

Ini khusus untuk Anda yang baru memulai membuat website/blog, usahakan memilih domain yang mudah diingat dan mudah dieja.

1.  Optimalisasi konten

Content
Content

Optimalkan semua konten yang bisa dioptimasi untuk mesin pencari seperti pada artikel, title, meta title, meta description, alt image dan sejenisnya.

2.  Membuat konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas disini maksudnya konten yang menjadi rujukan banyak website. Semakin berkualitas konten Anda maka semakin banyak pula website yang memberikan rekomendasi backlink ke website Anda.

3.  Perbanyak internal link

Banyak yang menyepelekan masalah internal link website, padahal internal link membantu para pengunjung website untuk menemukan konten yang mereka cari.

4.  Hapus link yang tidak berkualitas

Sesekali Anda harus melakukan audit terutama masalah backlink, silahkan hapus link-link yang jelek bahkan tidak berkualitas agar performa website menjadi lebih baik.

5.  Pastikan website sudah mobile friendly

Jika website Anda belum mobile friendly, segera ubah dengan template yang mendukung tampilan mobile friendly. Selain itu lakukan optimasi loading website.

6.  Tingkatkan kecepatan halaman website

Era sekarang adalah website dengan akses yang cepat. Untuk itu pastikan website Anda memiliki loading time yang cepat. Silahkan kurangi ukuran gambar/script yang membuat loading website menjadi lambat.

7.  Share ke sosial media

Social Media Share
Social Media Share

Karena sosial media menjadi salah satu faktor penentu skor domain dan page authority, maka disarankan agar Anda selalu melakukan share setiap ada konten baru ke berbagai sosial media yang dimiliki.

8.  Jumlah referring domain

Semakin banyak referring domain berkualitas yang dimiliki, maka semakin cepat pula skor DA/PA pada website.

9. Backlink berkualitas

Terakhir, pastikan Anda mendapatkan backlink dari website-website berkualitas yang memiliki skor DA/PA yang lebih tinggi.

Baca juga : Cara Cek Backlink Website Orang Lain dengan Mudah

Bagaimana? siap untuk mempraktekan cara menaikan skor domain authority dan page authority dari website/blog yang Anda miliki?

Cara Cek DA/PA

Nah sekarang jika Anda sudah tahu bagaimana cara meningkatkan skor DA/PA pada website, kini saatnya untuk mengecek secara langsung skor DA/PA pada website yang Anda miliki.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menganalisa website kami di Gudangssl.id untuk mengetahui skor DA dan PA. Berikut pembahasannya:

  • Pertama silahkan buka website MOZ.com di browser kesayangan Anda.

    Free DA PA Checker
    Free DA PA Checker

  • Kemudian silahkan klik pada pojok kanan atas “Free SEO Tools”, opsi lain bagi Anda yang sudah terdaftar bisa Login MOZ.com.
  • Kemudian masukan nama domain pada “Analyze domain” untuk mulai mengecek DA PA skor dari website Anda. Kami mencontohkan dengan menggunakan domain dari website Gudangssl.id.

    Cara Cek DAPA
    Cara Cek DAPA

  • Silahkan tunggu proses analyze sampai selesai.
  • Nah pada bagian atas akan muncul Domain Authority, Linking Root Domains, Ranking Keywords dan Spam Score.
  • Domain Authority atau DA adalah skor yang sedang kita cari, jadi website Gudangssl.id memiliki skor Domain Authority 15.
  • Linking Root Domain adalah jumlah link dari website lain yang mengarah pada root domain website Anda. Jadi pada tampilan diatas ada 78 domain dari website lain yang mengarah ke root domain gudangssl.id.
  • Ranking Keyword adalah berapa banyak kata kunci yang ada pada domain yang sudah merangking di SERP Google. Semakin banyak jumlahnya maka hasilnya semakin bagus.
  • Spam Score adalah perhitungan dari MOZ untuk menilai sebuah website berisi spam atau tidak, semakin kecil nilainya maka semakin bagus website tersebut.
  • Nah untuk mengetahui Page Authority website Gudangssl.id, silahkan scroll ke bawah dan temukan “Top Pages by Links” kemudian cari domain Gudangssl.id. Pada contoh tersebut website gudang ssl mendapatkan skor PA 29.

Jadi pada pengujian domain Gudangssl.id mempunyai skor Domain Authority 15 dan Page Authority 29.

Bagaimana mudah bukan cara cek DA PA website? silahkan coba pada website yang Anda miliki.

Jangan lupa untuk selalu mengamankan website Anda dengan memasang sertifikat SSL. SSL memiliki fungsi untuk membuat lapisan keamanan berlapis untuk website.

Nah bagi Anda yang mencari SSL berbayar murah, langsung saja kunjungi website kami di GudangSSL.id dan dapatkan domain seharaga domain TLD saja.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *