Mengenal Payment Gateway Yang Ada di Indonesia Saat Ini

Seiring bertambah pesatnya pertumbuhan ecommerce di Indonesia tidak lepas peran dari payment gateway. Jika dulu untuk melakukan pembayaran secara online terbilang ribet, harus melakukan konfirmasi secara manual agar pesanan segera diproses. Ini tentu memakan waktu dan tidak sedikit, sejak saat munculnya payment gateway pembelian melalui ecommerce dan toko online semakin mudah, tinggal melakukan transfer bisa terverifikasi secara otomatis.

Saat ini di Indonesia sudah tersedia banyak pilihan payment gateway yang menawarkan berbagai fitur yang menarik. Ini seolah semakin memanjakan kita dalam melakukan pembayaran via online. Tetapi dibalik itu semua apakah Anda sudah tahu sebenarnya apa itu payment gateway? Jika belum tahu bisa kita bahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Payment Gateway

Payment Gaetway Indonesia
Payment Gaetway Indonesia

Pernah menggunakan PayPal? Nah PayPal ini adalah salah satu payment gateway yang sudah ada sejak lama. Ada tidak perlu repot-repot pergi ke ATM, Bank, menuliskan cek atau mengirimkan uang lewat wesel. Anda cukup memiliki akun PayPal dan memiliki saldo yang cukup sudah bisa melakukan transaksi antar pengguna, nah inilah yang dinamakan payment gateway.

Menurut defiisinya, payment gateway adalah sebuah sistem yang dibuat untuk mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli kepada penjual. Sistem pembayaran yang digunakan bisa dengan kartu kredit, transfer bank dan metode pembayaran lainnya. Dengan payment gateway menjadikan proses pembayaran semakin mudah dan aman.

Cara Kerja Payment Gateway

Proses kerja payment gateway berbeda dengan jauh dengan transfer direct antar bank atau kartu kredit. Prosesnya memang sedikit rumit, nah berikut cara kerja payment gateway di website-website ecommerce dan toko online:

  1. Calon konsumen mengunjungi website ecommerce, kemudian melihat-lihat produk yang diinginkan serta cocok dengan harga yang ditawarkan.
  2. Kemudian konsumen melakukan pemesanan yang sudah terkoneksi dengan sumber payment gateway. Setelah dilakukan pembayaran payment gateway akan meneruskan kepada payment processor sesuai bank yang digunakan.
  3. Setelah itu payment processor akan meneruskan kembali semua informasi tersebut kepada asosiasi penerbit kartu yang Anda gunakan bisa Visa, Mastercard atau jenis lainnya.
  4. Setelah itu bank yang Anda gunakan akan menerima kiriman permintaan dan langsung mengirimkan balasan kepada payment processor dengan kode khusus dan menyertakan informasi terkait dengan pembelian barang yang Anda lakukan apakah berhasil atau gagal.
  5. Yang terakhir payment processor akan mengirimkan secara otomatis pesan kepada payment gateway, kemudian baru diteruskan ke website ecommerce dan kepada pemilik kartu sampai proses pembelian berhasil.

Manfaat Payment Gateway

Grafik Pengguna Payment Gateway Indonesia
Grafik Pengguna Payment Gateway Indonesia

Bagi pemiliki ecommerce atau toko online, memiliki banyak metode pembayaran adalah salah satu nilai plus. Calon komsumen pasti menginginkan prosedur pembayaran yang mudah dan murah, termasuk tidak terkena charge karena beda bank yang digunakan. Selain itu ada beberapa keuntungan lain menggunakan payment gateway yang perlu Anda tahu, berikut pembahasannya:

1. Transaksi dijamin aman

Transaksi online yang menjadi perhatian sampai saat ini adalah masalah keamanan. Dengan payment gateway sudah dilengkapi dengan lapisan keamanan seperti Address Verification System (AVS), Card Security Code (CV2) dan 3D Secure Password.

Baca juga : Cara Membuat Password Yang Kuat dan Aman

2. Proses yang mudah

Dengan payment gateway, pembayaran dapat dilakukan dengan mudah karena sudah menggunakan sistem digital. Sehingga memungkinkan semua yang terkoneksi dengan internet bisa terhubung dengan layanan payment gateway.

3. Banyak metode pembayaran

Beberapa payment gateway sudah bekerjasama dengan berbagai bank local maupun internasioanl, sehingga menjadikan banyak pilihan dalam pembayaran.

4. Tidak repot

Payment gateway tidak memerlukan lagi konfirmasi pembayaran secara manual, semua serba otomatis sampai proses verifiikasi pembayaran.

Contoh Payment Gateway di Indonesia

Saat ini sudah banyak payment gateway yang populer di Indonesia, apa saja itu? Simak daftarnya dibawah ini:

1. IPaymu

iPaymu
iPaymu

IPaymu menjadi daftar payment gateway pertmama yang kita bahas, IPaymu memiliki tiga core bisnis yaitu payment gateway, ecommerce dan layanan untuk merchant. IPaymu bisa Anda gunakan untuk pembayaran produk, belanja online, produk berlangganan, transfer uang, penarikan uang dan sumbangan.

2. FinPay

FinPay
FinPay

FinPay merupakan payment gateway milik Telkom Indonesia yang sudah melayani pembayaran online sejak 30 Mei 2012. Jika dibandingkan lainnya, FinPay sudah tergolong payment gateway di Indonesia yang awal. FinPay sudah menjalin kerjasama dengan provider kartu kredit ternama seperti Visa dan MasterCard. Selain itu FinPay juga sudah mengandeng kerjasama dengan beberapa ecommerce besar yang ada di Indonesia.

3. Veritrans

Veritrans
Veritrans

Veritrans menjadi payment gateway dengan kerjasama beberapa bank dan ecommerce besar di Indonesia seperti pembayaran kartu debit dan kredit, CIMB Clicks, Mandiri Clickpay, BCA Klickpay, T-Cash, XL Tunai dan melayani juga pembayaran dari berbagai minimarket yang sudah terintegrasi dengan VT-Web, VT-Direct dan VT-Link sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ecommerce atau toko online.

4. DOKU

DOKU
DOKU

Doku nampaknya paling lengkap jika dibandingkan yang lainnya, DOKU sudah menjalin kerjasama lebih dari 800 platform yang ada di Indonesia saat ini. Mulai dari perbankan, ecommerce, pemesanan tiket, pemesanan hotel, dan lain sebagainnya.

5. iPay88

iPay88
iPay88

iPay88 sudah terbukti sukses dibeberapa Negara Asia seperti Singapura, Filipina, Thailand dan Malaysia menjadi kantor pusat dari iPay88. Layanan yang dimiliki iPay88 juga lebih variatif bisa untuk kartu kredit, debit, e-wallet, ecommerce dan lain sebagainnya yang sudah ada dibeberapa Negara Asia.

Nah demikianlah pembahasan tentang mengenal payment gateway yang ada di Indonesia saat ini. Perlu diketahui bahwa GudangSSL selain menyajikan informasi tentang payment gateway, Gudang SSL memiliki layanan penjualan SSL untuk keamanan website. SSL memungkinkan untuk mengamankan pengiriman data antara web browser dan web server dengan enkripsi data. Tunggu apalagi amankan website Anda dengan layanan SSL Indonesia dari Gudang SSL dengan harga mulai dari 150.000/tahun untuk Sectigo Positive SSL.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>