Gateway: Definisi, Cara Kerja, dan Fungsinya

2 min read

gateway adalah

Apabila Anda adalah seorang yang menekuni bidang jaringan komputer, tentu banyak yang harus Anda pahami, Gateway adalah salah satunya.

gateway ini sering diartikan sama seperti router karena dapat menyambungkan jaringan, padahal router dan gateway itu adalah dua hal yang berbeda.

Pada artikel ini akan membahas mengenai definisi, cara kerja, dan fungsi gateway untuk Anda.

Definisi Gateway

definisi gateway

Gateway adalah sebuah perangkat penghubung antara jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya menggunakan sistem protokol yang berbeda-beda.

Ketika server, firewall, router atau perangkat yang lain menggunakan traffic untuk mengalirkan data melalui jaringan, gateway memiliki fungsi sebagai jalan keluar masuk jaringan karena semua data harus melalui gateway ini.

Contoh mudahnya adalah seperti saat mengirim email, pertukaran email yang biasa dilakukan bisa terjadi meskipun sistem yang dipakai kedua pihak tidak sama.

Gateway ini adalah semacam gerbang penghubung antar dua jaringan yang berbeda.

Kita sangat beruntung dengan keberadaan gateway ini dikarenakan dapat mengakses internet dan dapat berkomunikasi dengan mengirim dan menerima data.

Dengan gateway pula, jaringan komputer menjadi semakin luas jangkauannya karena dapat saling terhubung.

Baca Juga: Mengenal Lebih Lengkap Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Cara Kerja Gateway

Pada pengertian di atas memang sudah menyinggung sedikit mengenai cara kerja gateway yang menjadi gerbang titik temu antar dua jaringan atau lebih.

Nah, tiap-tiap gerbang ini memiliki dua macam antarmuka jaringan, ketika mengakses suatu website bisa dilakukan ketika gateway sudah memberikan ‘arah’ untuk paket data agar dapat sampai ke tujuan yang diminta.

Begitulah kira-kira cara kerja gateway apabila dijelaskan secara singkat, semoga Anda bisa memahaminya ya, Gudpeople.

Fungsi Gateway

Gateway memiliki lima fungsi yang akan dijelaskan dalam uraian berikut ini. Anda sebaiknya mempelajarinya agar dapat mengerti peranan sistem gateway.

1. Mengonversi Protokol

Gateway merupakan sebuah gerbang penghubung antar dua jaringan dengan sistem protokol yang berbeda.

Maka fungsi gateway di sini adalah menyamakan kedua protokol tersebut agar dapat terhubung dengan baik.

2. Mempermudah Akses Informasi

Ketika protokol sudah disamakan dan dapat terhubung dengan baik, maka pertukaran data pun sudah bisa dilakukan.

Misalnya Anda akan mencari sebuah informasi di internet, maka hal itu akan bisa dilakukan karena adanya gateway yang telah terhubung.

3. Memudahkan Pengamanan & Pengaturan Data

Dalam perusahaan yang terdapat banyak komputer dalam berbagai divisi, gateway sangat diperlukan untuk mengintegrasikan data yang ada di setiap komputer agar dapat dikontrol dengan mudah.

4. Berbagi Perangkat

Dalam sebuah kantor pastinya ada sebuah mesin printer yang digunakan oleh lebih dari satu orang.

Maka sistem gateway dapat digunakan untuk mengonfigurasi mesin printer sehingga dapat digunakan bersama-sama.

Baca Juga: Pengertian Web Server, Fungsi, dan Cara Kerjanya

5. Meningkatkan Perfoma Komputasi

Tugas-tugas komputasi dapat merata ke setiap perangkat komputer dan menjadi stabil, ini adalah berkat jaringan yang terbentuk oleh gateway.

Jenis-Jenis Gateway

Jenis-jenis gateway terbagi atas dua kategori berdasarkan arah aliran data, yaitu unidirectional dan bidirectional gateway. 

  • Unidirectional Gateway

Gateway ini memungkinkan data akan hanya mengalir dalam satu arah saja. Ini akan sangat ideal bagi alat penyimpanan.

  • Bidirectional Gateway

Berbeda dengan unidirectional, bidirectional dapat mengalirkan data dalam dua arah. Sehingga gateway ini akan sangat cocok untuk alat sinkronisasi.

Kemudian jenis-jenis gateway berdasarkan fungsinya ada beberapa, yang paling umum adalah gateway jaringan, cloud storage gateway, dan IoT gateway. 

  • Gateway Jaringan

Gateway jaringan menyediakan tatap muka dua jaringan berbeda yang beroperasi dengan protokol yang berbeda.

  • Cloud Storage Gateway

Jenis gateway cloud storage membantu integrasi penyimpanan cloud pribadi ke dalam aplikasi tanpa membutuhkan transfer aplikasi public cloud.

Node jaringan/server menerjemahkan permintaan dengan API layanan penyimpanan cloud yang berbeda seperti SOAP (simple object access protocol) atau REST (representational state transfer).

  • IoT Gateway

Jenis gateway ini menggabungkan data sensor dari perangkat Internet of Things di lapangan kemudian menerjemahkan antar protokol sensor sebelum mengirimkannya ke jaringan cloud.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel mengenai penjelasan gateway di atas, bisa disimpulkan bahwa gateway memiliki peranan sangat penting dalam jaringan komputer.

Dengan gateway, semua hal yang berhubungan dengan jaringan komputer dapat disambungkan dan dapat dipakai untuk berkomunikasi dengan cepat.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa Anda pahami dengan mudah.

Gudpeople, jika Anda mengakses suatu website, pastikan website itu sudah memiliki sertifikat SSL agar data yang Anda masukkan tetap aman.

Karena SSL dapat membantu mengenkripsi data Anda agar tidak dicuri oleh penjahat siber.

Selain itu, website yang sudah terpasang SSL juga akan berpengaruh kepada performa SEO website tersebut.

Perlu diketahui bahwa Gudang SSL menyediakan berbagai sertifikat SSL murah berkualitas untuk website mulai dari harga seratus ribuan saja, Silakan hubungi kami untuk berkonsultasi secara gratis.

Perbedaan IPv4 dan IPv6, Kelebihan dan Kekurangannya

Anda belum mengetahui perbedaan IPv4 dan IPv6? Jika Anda memiliki hobi di bidang jaringan internet, pasti Anda sering menjumpai istilah IP, entah itu IPv4...
Jordy Prayoga
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *