Mengenal Lebih Dalam Pekerjaan Security Analyst

Keamanan jaringan komputer menjadi hal penting dalam perusahaan atau organisasi. Tidak heran karena jaringan komputer yang aman membuat perusahaan tidak perlu khawatir jika ada tindakan yang tidak bertanggung jawab. Contohnya jaringan lebih stabil, aman dan terhindar dari pembajakan. Ini alasan kenapa selalu dibutuhkan seorang security analyst.

Dari namanya Anda sudah paham apa dan bagaimana profesi tersebut. Security adalah pekerjaan yang berkaitan dengan keamanan lingkungan. Di sini, analis security bertugas untuk menjaga keamanan jaringan komputer yang digunakan oleh perusahaan. Bagi yang ingin mencari tahu lebih jauh informasi posisi ini, Anda bisa mengikuti artikel berikut.  

Apa Itu Security Analyst

Di perusahaan, profesi ini menjadi salah satu hal penting yang tidak dapat ditinggalkan. Tanpa mereka, keamanan jaringan dan sistem komputer akan sangat terpengaruh. Pastinya profesi ini berkaitan dengan keamanan jaringan komputer yang ada dalam perusahaan atau organisasi tertentu.

Seorang analis security adalah pihak yang merancang, melaksanakan, memantau dan juga mengupgrade setiap langkah keamanan agar jaringan komputer di perusahaan bisa terlindungi. Jaringan komputer ini berkaitan dengan informasi penting yang biasanya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi.

Jadi tidak heran keamanan sistem di jaringan adalah hal yang amat penting untuk diperhatikan. Perlu diingat jika memastikan kontrol keamanan serta kerahasiaan file digital menjadi hal yang sangat vital untuk perusahaan. Karena perannya berkaitan dengan keamanan perusahaan, tidak heran jika posisi ini tidak bisa diisi oleh sembarang orang.

Mereka yang ingin melamar di posisi ini harus memiliki beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk mengamankan jaringan komputer. Bagi yang ingin melamar di posisi ini, Anda harus memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Manajemen dan administrasi

Mereka harus memiliki pengetahuan seputar prinsip manajemen dan bisnis termasuk didalamnya alokasi sumber daya, perencanaan strategis, teknik kepemimpinan, metode produksi hingga koordinasi antara sumber daya dan juga orang.

  1. Komputer dan elektronik

Selain itu, mereka yang ingin melamar di posisi ini juga harus punya pengetahuan di bidang prosesor, peralatan, perangkat keras serta perangkat lunak komputer. Termasuk keahlian aplikasi dan juga pemrograman.

  1. Pendidikan dan pelatihan

Seorang analis security juga harus memiliki pengetahuan seputar prinsip dan juga metode untuk mendesain sebuah pengajaran, pelatihan dan juga kurikulum serta instruksi kelompok dan individu dan mengukur efek pelatihan.

  1. Telekomunikasi

Selain itu, seorang analis security juga harus memiliki pengetahuan di bidang transmisi, kontrol, penyiaran dan juga pengoperasian sistem telekomunikasi. Tujuannya agar sistem jaringan dapat diamankan dengan sebaik mungkin tanpa mengganggu keamanan sistem sebelumnya..

Yang tak kalah penting, mereka yang ingin menduduki posisi ini juga harus punya keahlian dalam bahasa, termasuk bahasa Inggris. Pasalnya perintah yang ada di jaringan komputer kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Tentu tidak lucu jika pelamarnya tidak paham mengenai bahasa Inggris.

Contoh Pekerjaan Security Analyst

System Analyst
System Analyst

Posisinya di instansi atau perusahaan juga terbagi menjadi beberapa golongan. Tidak heran jika syarat atau ketentuan setiap posisi berbeda. Namun contoh pekerjaan yang ada di bawah akan bekerja dalam satu tim untuk memadukan keamanan jaringan yang diinginkan perusahaan. Nah, berikut contoh dari pekerjaan seorang security analyst:

  1. Spesialis keamanan komputer
  2. Administrator keamanan data
  3. Manajer keamanan informasi
  4. Spesialis teknologi informasi
  5. Analis teknologi keamanan informasi
  6. Information Security Officer
  7. Analis Keamanan Informasi
  8. Spesialis komputer

Baca juga : Tips Menjaga Keamanan Website Dengan Mudah

Tugas Seorang Security Analyst

Cyber Crime
Cyber Crime

Dalam kesehariannya, seorang analis keamanan perusahaan memiliki beberapa tugas penting didalamnya. Tugas-tugasnya disesuaikan dengan contoh pekerjaan yang diduduki. Secara garis besar, berikut tugas-tugas yang dimaksud:

  1. Merancang, memantau dan juga melaksanakan langkah keamanan agar jaringan komputer dapat terlindungi dengan baik. Sehingga informasi yang tersimpan di perusahaan atau organisasi tidak tersebar ke lain pihak
  2. Harus mengontrol keamanan dan juga kerahasiaan file digital serta beragam infrastruktur elektronik vital di perusahaan
  3. Melakukan berbagai langkah serta prosedur preventif dan melakukan langkah proaktif untuk menanggapi pelanggaran penggunaan komputer, virus di jaringan dan cyber crime.
  4. Melakukan enkripsi transmisi data, mengimplementasikan firewall agar informasi rahasia dapat disembunyikan dengan baik. Selain itu, informasi penting di perusahaan juga agar tidak terdeteksi pihak luar yang tak bertanggung jawab
  5. Posisi ini juga harus mengambangkan setiap rencana perusahaan untuk melindungi setiap file dalam komputer tergadao modifikasi, baik yang tidak disengaja ataupun disengaja. Selain itu, juga harus menindaklanjuti penyingkapan serta memenuhi kebutuhan pengolahan data secara darurat dari perusahaan

Security analyst di instansi atau perusahaan memiliki peran yang sangat penting karena ada kaitannya dengan keamanan jaringan komputer yang digunakan. Secara tidak langsung, mereka juga menjaga keamanan setiap file rahasia yang dimiliki perusahaan. Untuk gaji juga lumayan sehingga tidak heran banyak yang melamar di posisi ini. Gajinya sendiri berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 7,7 juta.

Agar keamanan website menjadi lebih terjamin, anda bisa menambahkan sertifikat SSL berbayar untuk website pribadi, bisnis, perusahaan dan pemerintahan. SSL menjamin koneksi yang lebih aman dengan enkripsi berlapis sehingga aman dari tindak pencurian data di Internet.

Nah GudangSSL.id menjadi salah satu rekomendasi penyedia layanan SSL Murah di Indonesia yang bisa anda pilih. Harganya mulai dari 150.000/tahun saja. Tunggu apalagi amankan website anda sekarang juga dengan SSL.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>