Mengenal Apa Itu Ping dan Cara Prakteknya

Ping adalah fitur yang mampu mengetahui kondisi jaringan internet. Di zaman sekarang ini, koneksi internet jadi kebutuhan yang mendasar, Berbagai perangkat saat ini banyak yang terhubung dengan internet, seperti PC, laptop, smartphone dan lain-lain.

Bagi Anda yang memiliki hobi game online yang menuntut terhubung dengan internet, ping bisa jadi salah satu opsi gar game yang Anda mainkan tetap terhubung dengan internet. Banyak sekali kegunaan ping selain mengecek status koneksi internet. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fitur ping.

Apa itu Ping

ping website
ping website

Ping adalah perintah untuk mengecek respons client dan server dalam sebuah jaringan. Ping sendiri adalah kepanjangan dari Packet Internet Gopher, atau dalam bahasa lebih simple ping dilakukan untuk mengecek koneksi internet Anda. Pengguna internet bisa mengecek koneksi menggunakan fitur ini.

Untuk memahami ping, sebenarnya cukup sederhana, Anda sebagai pengguna internet akan mengirimkan pesan lalu tunggulah respons balik dari server yang dituju. Jika ada respons balik dari server, maka status komputer sedang online. Dari situ, Anda akan mengetahui apakah koneksi internet Anda lancer atau tidak.

Fungsi Ping

Selain sebagai pengecekan koneksi internet pada sebuah PC, ping juga memiliki fungsi lain yang bermacam-macam. Berikut fungsi-fungsi ping, di antaranya adalah:

  • Mengecek apakah ada troubleshooting pada jaringan komputer Anda. Jika ada, maka segera bisa diatasi dan diperbaiki.
  • Mengecek kualitas koneksi internet yang digunakan. Hasil ping sebuah jaringan yang menunjukkan paket lost sebesar 0%, maka dipastikan koneksi internet tersebut memiliki kualitas yang bagus. Semakin kecil nilai hasil ping, maka kecepatan koneksi internet semakin baik.
  • Melakukan ping juga bisa membuat stabil sebuah jaringan internet
  • Melakukan pengecekan terhadap sebuah website. Maksudnya  saat sebuah website butuh waktu lama saat diakses, Anda bisa melakukan pengecekan dengan ping

Cara Menggunakan Ping di PC

Untuk melakukan ping dalam sebuah jaringan, perhatikan langkah berikut ini:

  • Pada komputer Windows, perintah ping bisa dilakukan dengan membuka program Command Prompt (CMD). Maka pertama-tama bukalah menu CMD di PC Windows Anda dengan klik Start, lalu pada kolom pencarian ketik CMD, klik kanan pada hasil yang muncul dan pilih ‘Run as Administrator’. Cara membuka lainnya adalah dengan klik kombinasi tombol Windows + R, dan ketik CMD.

    PING Command Prompt
    PING Command Prompt

  • Maka akan terbuka halaman Command Prompt dengan latar belakang berwarna hitam yang dominan. Kemudian coba langsung lakukan ping. Caranya dengan ketik ‘Ping alamat server yang dituju’, Misalnya: Ping Google.com, dan tekan tombol Enter
  • Setelah melakukan hal tersebut, akan muncul hasil ping berupa statistic dengan keterangan sebagai berikut:

Reply: merupakan balasan dari server

Bytes: data yang dikirimkan

Time: Response antara PC dengan server Google.com

TTL: Singkatan dari Time to live, yakni indicator mengenai seberapa lama IP aktif.

Ada beberapa jenis ping yang bisa Anda ketikkan selain cara sederhana di atas yakni adalah:

  • Ping-t, bertujuan melakukan perintah ke host tujuan dengan terus-terusan.
  • Ping-a, bertujuan melakukan ping untuk mencari nama domain host PC tujuan. Sebagai contoh, Anda bisa memasukkan kode Ping-a 74.125.24.100, maka akan muncul nama host Google.com.
  • Ping-w,bertujuan melakukan ping untuk mengatur timeout request. Masukkan ping-w dengan angka yang merujuk kepada satuan milidetik. Misalnya: Ping-w 10000 Google.com.

Cara Menggunakan Ping di Smartphone

Selain melakukan ping di PC, Anda juga bisa melakukan ping di smartphone. Biasanya para pengguna smartphone menggunakan cara ping ini untuk mengecek koneksi internet karena berhubungan dengan game online. Untuk melakukan ping di smartphone Android, Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga.

  1.     Terminal Emulator for Android

Aplikasi pertama untuk melakukan ping di Android adalah Terminal Emulator for Android. Tampilan aplikasi ini mirip dengan Command Prompt yang ada di Windows. Ukurannya sangat kecil hanya 287KB saja.:

  • Pertama, download terlebih dulu Terminal Emulator for Android di Google Play Store secara gratis.
  • Jika sudah terdownload, buka aplikasi tersebut. Tampilan berlatar belakang hitam ala CMD akan muncul di layar smartphone Anda.
  • Ketikkan perintah ping sama dengan seperti langkah untuk ping CMD, yakni ‘Ping nama server’. Misalnya: Ping Google.com.
  • Maka akan muncul hasil Ping yang mirip dengan yang ditampilkan CMD pada Windows.
  1.     Aplikasi Ping

    PingTools Network
    PingTools Network

Aplikasi Ping semakin memudahkan pengguna smartphone melakukan pengecekan koneksi internet, karena dalam aplikasi ini, sudah ada nama-nama host yang disediakan sehingga Anda tak perlu memasukkan nama server secara manual

  • Download terlebih dulu aplikasi Ping yang tersedia gratis di Google Play Store
  • Tunggu download dan install pada perangkat smartphone Anda.
  • Setelah sukses terinstal, buka aplikasinya dan langsung saja lakukan Ping. Ganti nama host bila Anda ingin menggantinya
  • Kemudian klik Start
  • Hasil ping akan muncul di bagian bawah.

Baca juga : Ini Ternyata Bahaya Menggunakan VPN

  1.     Ping IP

Satu lagi aplikasi Ping yang bisa digunakan untuk smartphone Android, adalah Ping IP. Hampir sama dengan Terminal Emulator for Android, namun Ping IP hanya untuk melakukan Ping saja. Aplikasi ini berukuran 1,6 MB.

  • Download dan Install aplikasi Ping IP di Google Play Store secara gratis alias Cuma-Cuma
  • Kemudian buka aplikasinya
  • Klik tombol Ping untuk melakukan Ping.
  • Hasil Ping pun akan muncul seketika, mirip dengan yang ada di CMD pada Windows

Ping adalah fitur berguna dalam suatu perangkat untuk mengecek koneksi internet. Bagi Anda yang bermain game dengan memanfaatkan koneksi internet, lakukan ping secara berkala. Di dalam game juga ada fitur ping sinyal yang bisa dipakai.

Pastikan juga website yang Anda gunakan sudah menggunakan layanan SSL untuk menjamin keamanan semua data yang dimiliki. Keamanan SSL menjadi salah satu indikator selain kecepatan akses dari suatu website. Untuk saat ini bagi Anda yang memiliki website tetapi belum memasang SSL segera saja buka website GudangSSL.id sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>