7 Bahaya Menggunakan VPN Yang Perlu Diketahui

Pada sekitar awal tahun 2019 lalu, tepatnya ketika pemilu presiden, pemerintah Indonesia secara tiba-tiba memberlakukan pembatasan internet untuk mengendalikan hoax. Sehingga orang-orang mulai mengenal dan menggunakan VPN. Sejak saat itu VPN sering dipakai oleh banyak orang tanpa mereka tahu bahaya menggunakan VPN.

Bahaya Menggunakan VPN

Ketika Anda ingin menggunakan teknologi ini, Anda wajib tahu bahaya menggunakan VPN. Jangan asal pakai saja kalau tidak ingin merugi. Berikut ini beberapa bahaya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan VPN.

1. Data yang Bisa Dicuri

Pencurian data
Pencurian data

Bahaya pertama yang mengintai adalah kemungkinan pencurian data pribadi Anda. Kenapa hal itu bisa terjadi? Bukankah menurut banyak situs VPN itu aman? Memang, VPN bisa jadi aman ketika ia hanya dipakai di jaringan kantor saja atau jaringan lokal.

Tapi jika VPN dipakai seperti sekarang ini, membuka situs dan masuk ke jaringan publik, maka kemungkinan dilakukannya pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sangat mungkin terjadi.

Hal itu bisa terjadi karena kegiatan Anda berselancar di Internet terekam oleh perusahaan pemilik VPN tersebut. Kalau mereka tidak kredibel dan tidak bertanggung jawab, data itu bisa dicuri. Belum lagi jika keamanan perusahaan itu lemah. Pihak lain yang bukan perusahaan tersebut bisa mencuri data Anda.

Pencurian data ini tidak main-main lho! Ketika seseorang berhasil mendapatkan data Anda, mereka bisa membobol ATM, bisa membeli barang yang mereka suka dengan uang Anda, dan kerugian yang lain. Hati-hati ya!

2. Pembajakan

Bahaya menggunakan VPN yang berikutnya adalah pembajakan. Hal ini terjadi terutama ketika Anda menggunakan VPN gratis. Karena jalur internet Anda jadi tidak aman sehingga para hacker bisa dengan mudah menyerang komputer Anda dan melakukan pembajakan.

Pembajakan disini misalnya ketika Anda sedang melakukan transaksi keuangan entah itu jual beli di e-commerce, beli transaksi game atau yang lain, data Anda bisa dicuri, lalu akses ke kartu kredit atau debit Anda bisa diambil dan uang Anda bisa hilang.

3. Kasus Penipuan

Kasus penipuan
Kasus penipuan

Pernah nanya, ketika mengecek email atau SMS lalu mendapati ada SMS dari nomor yang tidak dikenal? Pernah bertanya dari mana mereka mendapatkan email dan nomor Anda? Sebagian besar pasti menjawab tidak tahu kan?

Nomor itu mendapatkan akses ke nomor dan email Anda dari hasil mencuri data pribadi Anda ketika menggunakan VPN. Hasilnya, nomor Anda dan email Anda jadi sasaran penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sangat tidak nyaman kan? Makannya, berhati-hatilah!

Baca juga : Manfaat VPN Yang Jarang Diketahui Orang

4. Komputer Jadi Lelet

VPN gratis keamanannya tidak sangat baik. Jadi ada kemungkinan komputer Anda akan dimasuki program aneh. Malah ada beberapa kasus yang komputernya dimasuki software mining bitcoin. Sehingga komputernya jadi sangat lelet dan akhirnya jadi rusak.

Ketika Anda merasa komputer Anda mulai lelet padahal tidak menggunakan banyak aplikasi, Anda perlu berhati-hati. Jangan-jangan komputer atau perangkat Anda sudah disusupi aplikasi aneh yang masuk lewat VPN.

5. Koneksi Ikutan Lelet

Selain perangkat yang bisa jadi lelet, koneksi juga bisa melambat gara-gara Anda menggunakan VPN. Tapi koneksi yang lambat ini terjadi bukan karena ada software ilegal yang masuk, tapi karena Anda menggunakan jalur lalu lintas yang lain dan lebih jauh.

Selain lebih jauh, jika lalu lintas internet Anda itu sedang ramai, maka koneksi internet Anda bisa jadi melambat. Ini hanya terjadi di VPN gratis. Kalau VPN Anda berbayar, kemungkinan koneksi lambat sangat jarang terjadi karena lalu lintasnya benar-benar private.

6. Pencurian Bandwith

Apakah Anda pernah mendengar Hola VPN? Atau malah Anda pernah memakai jasa VPN mereka? Berhati-hatilah ketika menggunakan jasa VPN seperti Hola. Kenapa? Hola dalam kebijakan perusahaannya memperbolehkan mereka membagikan data bandwith dari para penggunanya ke pihak ketiga.

Hal itu bisa jadi sangat merugikan Anda. Bahkan ketika Anda tahu akan dibagikan ke siapa bandwith tersebut. Selain Hola, ada VPN lain yang juga memakai cara seperti itu. Jadi Anda harus berhati-hati.

7. Masuknya Virus

Masuknya virus
Masuknya virus

Bahaya terakhir yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan VPN adalah masuknya virus dan juga malware. Virus dan malware ini bisa masuk karena keamanan yang tidak ketat dari koneksi internet Anda. Dengan keamanan yang lemah, malware mudah masuk dan menjangkiti komputer Anda.

Akibat terburuk adalahac komputer Anda tidak bisa digunakan lagi. Akibat paling ringan adalah Anda harus menginstall ulang komputer dan kemungkinan besar kehilangan data-data penting Anda. Mau?

Tidak selamanya menggunakan VPN itu bisa menguntungkan Anda. Pada beberapa kasus seperti yang sudah disebutkan di atas, bahaya menggunakan VPN. Jadi, jika Anda memang ingin memakai teknologi itu, baiknya dipikirkan sekali lagi.

Pun juga terpaksa menggunakan teknologi tersebut, pakailah yang berbayar. Biasanya, VPN yang berbayar akan lebih aman daripada yang gratis. Malah kadang, perusahaan penyedia VPN yang gratis itu adalah si pencuri data.

Selain itu dalam mengakses website pastikan website atau blog yang dikunjungi sudah menggunakan layanan SSL terbaik untuk menjamin keamanan antara pengguna. Kami memiliki rekomendasi layanan SSL Indonesia dari GudangSSL.id untuk memenuhi kebutuhan keamanan website anda. Tunggu apalagi amankan websitemu sekarang juga dengan SSL.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>