Apa Itu VPN dan Fungsinya Untuk Bidang Keamanan

Keamanan data seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Pada zaman dahulu saja untuk menjaga keamanan jaringan antar gedung perkantoran sudah menggunakan teknologi VPN (Virtual Private Network). Sekarang ini VPN juga masih ada, tetapi jangan samakan VPN zaman dulu itu sama dengan VPN zaman sekarang, sudah berbeda.

Untuk sekarang ini pengunaan aplikasi VPN sudah bukan hal asing lagi, banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya yang pasti ingin mendapatkan koneksi ke jaringan internet yang lebih aman, private dan bisa melakukan perubahan jalur koneksi.

Apa Itu VPN

Apa Itu VPN dan Fungsinya
Apa Itu VPN dan Fungsinya

Bagi Anda yang belum tahu, VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi jaringan yang memberikan akses kesemua website dengan lebih aman (secure) dan bersifat pribadi (private), dengan melakukan perubahan jalur koneksi yang seharusnya dilewati dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi sehingga terciptalah koneksi yang aman.

Jika diartikan secara terpisah, VPN terdiri dari 3 kata yaitu Virtual, Private dan Network:

  • Virtual, hal yang ditampilkan bersifat semu atau tidak nyata yang ada di dunia internet.
  • Private, suatu hal yang bersifat pribadi, tidak bisa diketahui oleh orang lain yang tidak memiliki hak.
  • Network, koneksi yang saling terhubung antara satu dengan lainnya.

Jika Anda masih kebingungan, begini kira-kira gambaran alur kerja dari VPN.

Client <-> VPN Client <-> VPN Server <-> Internet

Jadi prosesnya jika Anda sebagai client melakukan request ke Internet dengan menggunakan VPN, maka prosesnya dari user mengirim ke VPN client kemudian diteruskan ke VPS server kemudian baru sampai ke Internet, jika sudah request akan dikembalikan melalui jalur yang sama. Bila VPN digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka alur kerjanya akan seperti berikut:

Komputer A <-> VPN Client <-> Internet <-> VPN Server <-> VPN Client <-> Komputer B

Baca juga : Apa Itu RDP dan Fungsinya

Cara Menggunakan VPN

Cara Kerja VPN
Cara Kerja VPN

Dalam pengunaan sehari-hari, contoh mudahnya jika Anda menggunakan layanan VPN entah itu pada smartphone, tablet, laptop atau komputer yang tersambung pada layanan VPN. Biasanya lokasi komputer server VPN yang digunakan berada di lokasi Negara yang berbeda, contohnya ada di Belanda, Singapura, Amerika Serikat, Inggris dan Australia.

Untuk menggunakan VPN caranya cukup mudah, Anda tinggal download dulu aplikasi VPN kemudian tinggal mengaktifkan saja saat ingin terhubung ke Internet. Jika pada smartphone Anda bisa download melalui play store atau app store kemudian install. Untuk pengguna pada perangkat PC dan laptop, Anda harus download dulu kemudian install sampai berhasil. Ada dua jenis VPN yang bisa Anda gunakan yaitu VPN gratis atau VPN versi berbayar, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Fungsi VPN

Teknologi yang ada di VPN (Virtual Private Network) memiliki 3 fungsi utama untuk setiap penggunanya. Apa saja fungsi VPN? Mari kita bahas dibawah ini:

  • Confidentially (Kerahasiaan)

Fungsi VPN yang pertama adalah masalah considetially data. Tentu jaringan publik yang kita gunakan saat ini sangat rawan sekali terhadap tindak kejahatan utamanya pencurian data. Apalagi untuk bisnis seperti toko online, ecommerce dan perbankan yang sangat rentan terhadap pencurian data. Sehingga dengan menggunakan VPN bisa lebih mengamankan data secara private dan dengan tambahan enkripsi, jadi keamanan menjadi meningkat.

  • Data Integrity (Keutuhan Data)

    Jenis-Jenis Data
    Jenis-Jenis Data

Data Integrity atau keutuhan data menjadi fungsi VPN yang kedua. VPN akan memastikan bahwa data yang dikirim akan sesuai dengan permintaan user. Tidak ada pihak yang bisa merubah, merusak, menghilangkan atau memanipulasi data sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Dalam VPN terdapat pula fitur untuk memastikan bahwa data yang dikirimkan utuh hingga sampai ke tujuan.

Baca juga : Tips Menjaga Keamanan Server

  • Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

Fungsi VPN yang terakhir adalah autentikasi sumber pengirim. VPN akan melakukan pemeriksaan secara mendetail mengenai data yang masuk dan mengambil informasi dari mana data berasal. Kemudian sumber data tersebut akan dilakukan autentikasi jika memang sumber datanya benar dan disetujui. VPN akan menjamin bahwa data yang dikirimkan berasal dari sumber yang jelas dan tidak ada data yang dipalsukan atau dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

VPN sekarang ini menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki untuk mengamankan semua data Anda. Berbicara masalah harga, VPN saat ini harganya sudah tergolong murah, sebanding dengan fitur keamanan yang akan Anda dapatkan.

Untuk melindungi keamanan saat pertukaran data antar server dan client, jangan lupa untuk menggunakan layanan SSL. SSL memungkinkan koneksi yang lebih secure dengan tingkat enkripsi tinggi. Harga SSL Indonesisa saat ini juga tergolong murah, contoh saja untuk SSL Sectigo Positive SSL harganya 150.000/tahun saja, jika beruntung Anda bisa mendapatkan harga promo di Gudangssl.id dengan harga yang lebih murah. Tunggu apalagi miliki sekarang SSL untuk keamanan website Anda.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>