Mengenal TLS 1.3 – Lebih Cepat dan Lebih Aman

Saat ini kasus kejahatan pencurian data dan kejahatan dunia maya sudah tak terhitung lagi jumlahnya, semakin tahun tambah meningkat. Oleh sebab itu teknologi keamanan internet memerlukan pembaharuan terhadap sistem keamanan dari segala serangan tindak kejahatan dunia maya. Dalam hal ini adalah tugas dari IETF (Internet Engineering Task Force) yang sudah menyetujui adanya pembaruan standart keamanan yang terbaru dengan TLS 1.3 yang dipercaya memiliki keunggulan lebih cepat dan lebih aman dari TLS generasi sebelumnya.

Perkembangan TLS 1.3
Perkembangan TLS 1.3

Apa itu TLS?

Pasti banyak yang bertanya Apa itu TLS 1.3? TLS adalah kepanjangan dari Transport Layer Security dan merupakan penerus dari SSL (Secure Socket Layer) yang menyediakan komunikasi yang aman antara server dan pengguna. Koneksi yang dihasilkan dari TLS dijamin aman karena menggunakan symmetric cryptography yang digunakan untuk melakukan enkripsi setiap data penting yang dikirimkan. Kunci dibuat secara unik saat setiap koneksi terjadi dan didasarkan pada kerahasiaan bersama yang sudah dinegosiasikan diawal sesi, ini yang disebut TLS Handshake.

Sejarah Perkembangan TLS

Berbicara sejarah perkembangan TLS, pertama kali diperkenalkan pada pertengahan tahun 1990an bersamaan dengan munculnyaNetscpae Browser dan SSL generasi pertama 1.0. Pada tahun 1999 perkembangan SSL sudah sampai ke versi 3.0, kemudian dirubah namanya menjadi TLS versi 1.0, butuh waktu sekitar 7 tahun tepatnya bulan April 2006 TLS mendapatkan update versi terbaru ke versi 1.1 dengan berbagai pembaruan pernting. Tidak lama dari versi TLS 1.1 terjadi pembaruan versi lagi ke TLS 1.2 tepatnya pada bulan Agustus 2008.

TLS 1.3 akhirnya muncul pada tahun 2018 tepatnya pada bulan Agustus tahun lalu yang menjadi penyempurna versi sebelumnya. Banyak fitur yang ada di TLS 1.2 yang dihapus seperti SHA-1, RC4, DES, 3DES, AES-CBC, MD5, Arbitrary Diffie – Hellman groups dan Export Strength ciphers. Alasan penghapusan beberapa fitur protokol yang dimiliki TLS 1.2 ini adalah menyederhanakan fitur yang memudahkan administrator dan para pengembang lebih sedikit melakukan kesalahan saat melakukan konfigurasi protokol.

TLS Handshake

Pada TLS 1.3 terbaru saat ini ada beberapa penambahan fitur seperti Full Handshake Signature, Downgrade Protection, Curve 25519 dan 448, Abbreviated resumption with optional (EC) DHE. Nah berikut ini ada perbandingan kecepatan TLS antara versi 1.2 dengan 1.3:

TLS 1.2 Full Handshake

TLS 1.2 Full Handshake Proses
TLS 1.2 Full Handshake Proses

TLS 1.2 membutuhkan waktu permintaan dari client ke server sampai proses selesai selama 300ms.

TLS 1.3 Full Handshake

TLS 1.3 Full Handshake Proses
TLS 1.3 Full Handshake Proses

TLS 1.3 membutuhkan waktu yang lebih sedikit dari cliet ke server sampai proses selesai selama 200ms.

Baca juga : Bagimana SSL Bekerja?

Kecepatan TLS 1.3

SSL Checker
SSL Checker

Berbicara masalah kecepatan dari TLS 1.3, pada gambar sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penggunaan TLS 1.3 bisa memangkas latensi sebesar 100ms. Ini tentunya bukan angka yang sedikit, Anda akan mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan tentunya lebih aman. Cloudflare adalah yang pertama kali memberikan dukungan TLS 1.3 ke pasar global, saat ini banyak perusahaan domain hosting yang memberikan layanan teknologi Cloudflare seperti yang ada di Qwords.com.

Selain kecepatan, keamanan juga menjadi hal penting dari update versi TLS 1.3. Protokol 1.3 memberikan privasi dan kinerja yang baik jika dibandingkan dengan TLS 1.2 dan penggunaan HTTP yang tidak secure. Karena pada versi TLS 1.2 sebelumnya masih sering ditemui serangan yang mengarah pada website. Akhirnya IETF melakukan beberapa penghapusan kepada fitur TLS 1.3 yang dianggap kurang aman dan menambahkan fitur baru pada TLS versi 1.3.

TLS Checker

Check TLS Protocol Version
Check TLS Protocol Version

Untuk mengetaui TLS versi berapa dan ketersediaan support hosting yang Anda gunakan untuk fitur TLS terbaru bisa Anda cek melalui website SSLLABS.com, scroll pada bagian bawah di Configuration. Sekarang ini masih banyak yang menggunakan TLS 1.2 dibandingkan TLS 1.3. Memang karena tergolong baru jadi masih belum begitu banyak yang mulai migrasi ke versi terbaru. Untuk kompabilitas browser sebenarnya versi TLS 1.3 sudah didukung semua browser yang ada saat ini, silahkan lihat pada gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya:

TLS 1.3 Browser Support -kinsta.com
TLS 1.3 Browser Support -kinsta.com

Kesimpulan

Sebenarnya TLS adalah pembaruan dari versi SSL yang lebih aman. Jika ada yang bertanya  TLS vs SSL bagusan mana? Jawabnya sama saja. Tetapi sekarang ini banyak yang menyebut SSL karena lebih familiar dibandingkan TLS. Jadi jika semisal Anda membeli SSL Indonesia di Gudang SSL, maka sebenarnya Anda juga membeli TLS.

TLS 1.3 yang sedang kita bahas adalah pembaruan dari versi TLS 1.2 yang dirasa memiliki kekurangan dalam hal keamanan.  Selain itu dalam hal kecepatan proses dari client ke server versi 1.3 lebih cepat sekitar 100ms.  Nah bagaimana apakah Anda tertarik menggunakan TLS versi terbaru? Silahkan cek di Gudang SSL kami memiliki penawaran yang menarik.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>