Manfaat Sertifikat SSL Untuk SEO

1 min read

SSL merupakan standar teknologi terbaru untuk keamanan website yang bertujuan untuk melindungi setiap data dan informasi dari pengunjung website.  Ciri paling mudah mengetahui website sudah menggunakan SSL  Certificate adalah dengan melihat alamat URL sudah menggunakan HTTPS atau masih HTTP biasa. Keamanan akhir-akhir ini menjadi prioritas utama bagi Google untuk memastikan bahwa semua website yang diakses melalui mesin pencari Google aman dari tindak kejahatan dunia maya. Apalagi akhir-akhir ini grafik kejahatan dunia maya semakin meningkat dimana-mana.

Manfaat Sertifikat SSL Untuk SEO
Manfaat Sertifikat SSL Untuk SEO

Apa Itu SSL?

SSL sebenarnya sudah ada sejak lama, tepatnya pertama kali dikenalkan oleh Netscape tahun 1996. Dalam pembahasan artikel sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa SSL adalah teknologi keamanan standar untuk membuat enkripsi antara server dengan client sehingga tidak ada pihak yang bisa mencuri data dan informasi. SSL berjalan diantara layer aplikasi dan layer network, tepatnya SSL berada pada layer transportasi yang memiliki tugas membawa data dan informasi yang sudah terenkripsi. Untuk lebih jelasnya silahkan buka pada artikel Apa Itu SSL dan Seberapa Pentingnya Untuk Website.

SSL vs Non SSL

Perbedaan HTTP vs HTTPS
Perbedaan HTTP vs HTTPS

Jika dibandingkan antara SSL dan Non SSL sekarang ini pasti jelas menang SSL. Banyak ditemui perusahaan domain hosting sekarang ini sudah menawarkan opsi penggunaan Sertifikat SSL berbayar. Memang ada beberapa perusahaan domain hosting memberikan SSL Let’s Encrypt Gratis, tetapi ini termasuk SSL gratis level yang rendah. Jika ada budget, lebih baik Anda membeli SSL Murah dari Sectigo Positive SSL dengan biaya pertahun tak lebih dari harga domain tld baru.

Selain itu ada hal penting dari manfaat sertifikat SSL selain keamanan website  yaitu tentang ‘trust’ dari pengunjung website. SSL dengan standar validasi tertinggi yaitu Extended Validation (EV) SSL sangat direkomendasikan untuk website-website besar karena memiliki fitur ‘Green bar’ pada alamat URL yang menampilkan nama perusahaan/bisnis. Kebanyakan pengunaan EV SSL ini banyak ditemui pada toko online, e-commerce, webite bisnis, website perusahaan dan sebagainya.

Baca juga : Manfaat SSL Untuk Website

Manfaat SSL Untuk SEO

Lalu pertanyaanya apakah ada manfaat sertifikat SSL selain untuk kemanan dan ‘trust’ pada website? Jawabnya ada. SSL sejak beberapa tahun lalu sebenarnya sudah memiliki peran penting untuk SEO. Tepatnya pada Rabu 6 Agustus 2014 Google mengumumkan tentang tambahan metrik SEO terbaru yaitu HTTPS menjadi salah satu penentu peringkat website pada Google. Berikut pengumuman dari Google Webmaster:

HTTPS Rangking Signal SEO
HTTPS Rangking Signal SEO

Jadi Google akan memberikan peringkat yang lebih tinggi kepada website yang sudah menggunakan SSL. Jika website memiliki rangking yang tinggi di halaman pencarian Google berarti Anda akan mendapatkan kiriman traffic pengunjung yang banyak. Dengan semakin bertambahnya traffic yang pasti bisnis Anda akan semakin dikenal dan profit bisnis semakin meningkat.

Kesimpulan

Nah bagaimana apakah sudah tertarik untuk memasang sertifikat SSL?

Jika sudah kami di Gudang SSL menyediakan beberapa jenis SSL berdasarkan tingkat validasinya mulai dari yang SSL termurah Domain Validation SSL, Organization Validation SSL dan yang paling mahal Extended Validation SSL. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan website yang Anda miliki. Untuk masalah harga jika dibandingkan membeli langsung di Certificate Authority SSL secara langsung, harga di Gudang SSL jauh lebih murah 30%, kunjungi terus website GudangSLL.id dan temukan promo SSL murah setiap bulannya.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat sertifikat SSL untuk SEO, jika ada pertanyaan silahkan ditulis pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *