Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi

10+ VPN Gratis Terbaik Agar Internet Lebih Aman

3 min read

VPN Gratis Terbaik Agar Internet Lebih Aman

VPN gratis terbaik merupakan solusi bagi Anda yang ingin tetap aman saat beraktivitas di internet tanpa mengeluarkan biaya.

Bagi yang belum tahu, VPN adalah sebuah layanan jaringan yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses berbagai situs lebih aman.

Memang bukan hal yang mengherankan apabila VPN berbayar memiliki tarif yang cukup tinggi, karena memang memberikan jaminan keamanan terbaik bagi penggunanya.

Namun, VPN gratis terbaik yang akan diulas pada artikel kali ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif bagi Anda yang belum ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk VPN.

10+ VPN Gratis Terbaik

Virtual private network atau VPN sekarang ini sangat populer di kalangan pengguna internet, tetapi masih ada yang menganggap bahwa VPN hanya dapat digunakan untuk mengakses website yang telah diblokir.

Padahal, VPN ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga privasi dan keamanan mengingat maraknya kejahatan online yang mengincar privasi pengguna.

Perlu Anda ketahui, jaringan publik tentu terdapat banyak sekali penggunanya, hal itu akan memengaruhi kecepatan dan keamanan saat beraktivitas online.

Karena jaringan bersifat publik, semua aktivitas dapat dipantau oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu VPN hadir sebagai jalur pribadi dan lebih eksklusif agar dapat mengakses semua website dengan aman. 

Koneksi yang seharusnya dilewati akan dipindahkan dan menyembunyikan semua pertukaran data yang dilakukan, sehingga orang lain tidak dapat memantau aktivitas online yang dilakukan.

VPN sendiri terbagi menjadi dua, yakni VPN gratis dan VPN berbayar, keduanya memiliki perbedaan dari segi fitur seperti kecepatan dan keamanan yang lebih maksimal.

Namun, VPN gratis dapat dijadikan alternatif ketika Anda dalam kondisi mendesak dan ingin tetap aman saat mengakses internet.

Berikut adalah daftar VPN gratis tercepat yang bisa Anda gunakan agar internet lebih aman.

1. Privado VPN

Privado VPN

VPN gratis terbaik pertama yang dapat Anda gunakan adalah Privado VPN, merupakan layanan yang berbasis di Swiss dan telah dilindungi oleh hukum privasi Swiss.

Nantinya, pengguna tidak perlu lagi khawatir terhadap privasinya ketika menggunakan Privado VPN.

Meski gratis, pengguna mendapat bandwidth yang cukup besar, yaitu 10 GB setiap 30 hari dengan akses ke 12 server.

Privado VPN juga mengklaim telah menggunakan protokol VPN terkuat untuk melindungi keamanan pengguna.

VPN ini mendukung untuk digunakan pada Windows, Android, Mac, iOS, hingga Android TV.

Baca Juga: 10 Manfaat Sebenarnya Dari VPN Yang Perlu Anda Ketahui

2. Hotspot Shield Free VPN

Hotspot Shield Free VPN

Hotspot Shield adalah penyedia VPN yang juga menyediakan layanan gratis dengan klaim memiliki kecepatan tinggi dengan keamanan yang baik untuk ukuran VPN gratis.

Dengan enkripsi yang memiliki standar militer, Hotspot Shield memastikan perlindungan keamanan yang diberikan sangat baik.

Dengan bandwidth 500 MB per hari, mungkin tidak dapat mencukupi kebutuhan sebagian pengguna.

Namun, ketika pengguna hanya menggunakannya untuk sementara (tidak seharian penuh), maka Hotspot Shield ini sudah cukup membantu.

3. Windscribe VPN

Windscribe VPN

Windscribe VPN merupakan layanan VPN yang juga menawarkan layanan gratis.

Meski gratis, kecepatan yang bisa didapatkan menggunakan VPN ini tidak memiliki batasan.

Untuk versi yang tidak berbayar, Anda akan memperoleh bandwidth sebesar 2 GB per bulan dengan opsi penambahan menjadi 10 GB apabila Anda mendaftar menggunakan email.

Selain mendukung banyak platform seperti Windows atau Android, VPN ini juga dapat digunakan pada beberapa perangkat sekaligus.

4. Touch VPN

Touch VPN

Touch VPN memungkinkan Anda dapat memilih beberapa opsi server anonim termasuk server di Amerika Serikat.

Dengan demikian, pengguna dapat membuka semua website dari berbagai negara dengan lebih aman.

Salah satu hal yang membuat Touch VPN ini sangat baik adalah tampilan antarmukanya yang sangat sederhana dan mudah digunakan.

5. Tunnel World VPN

Tunnel World VPN

Tunnel World VPN merupakan layanan VPN yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Hideman.

Sedikit berbeda dari VPN gratis terbaik lainnya, Tunnel World VPN hanya dapat digunakan secara gratis selama lima jam per minggu.

Enkripsi yang digunakan juga tidak main-main walau tidak berbayar, yaitu 256-bit yang membuat keamanan semakin terjaga tanpa khawatir dipantau oleh orang lain.

Baca Juga: 8+ Security Tips Work From Home untuk Keamanan Data

6. Snap VPN

Snap VPN

Opsi lain yang dapat Anda gunakan Snap VPN yang dapat membuka situs apa saja karena mampu menembus firewall yang dimiliki setiap website.

Snap VPN adalah VPN gratis terbaik yang membuat pengguna tidak perlu khawatir jika pengguna dilacak orang lain karena memang perlindungannya sangat baik.

Terlebih lagi layanan VPN ini dapat bekerja pada semua jenis jaringan mulai dari 3G, LTE, hingga WiFi.

7. Proton VPN

Proton VPN

Sama seperti Privado VPN, layanan VPN yang satu ini juga berasal dari Swiss, dengan perlindungan privasi tingkat tinggi.

Memiliki server berjumlah lebih dari 50, Proton VPN menjamin kecepatan yang tinggi untuk menyempurnakan pengalaman pengguna mengakses internet dengan aman.

Dengan layanan yang diberikan Proton, Anda mungkin tidak dapat mengunduh dari torrent, kecuali versi berbayar.

Namun, hal itu sudah lebih dari cukup karena memang layanan VPN ini memang tidak berbayar dan sudah cukup baik untuk perlindungan bagi pengguna.

8. Zenmate VPN

Zenmate VPN

VPN gratis kali ini memiliki pilihan server yang berada di Hong Kong, Jerman, Amerika Serikat, dan Rumania.

Layanan VPN Zenmate ini sering digunakan untuk streaming Netflix dan dapat digunakan pada Android, Windows, Mac, Linux, dan iOS.

Selain itu, Zenmate ini juga dapat dipasang sebagai ekstensi di aplikasi browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

9. TunnelBear

TunnelBear

TunnelBear adalah VPN gratis yang memiliki tampilan antarmuka sederhana, sangat cocok digunakan untuk pemula.

Bandwidth yang diberikan kepada pengguna gratis sayangnya tidak sebesar Privado VPN.

TunnelBear hanya memberikan 500 MB saja per bulannya, tetapi kecepatan yang dimiliki sudah cukup baik untuk menunjang aktivitas online pengguna.

VPN ini memiliki server alternatif di 20 negara dan dapat digunakan pada Windows, Mac, iOS, hingga Android.

10. Turbo VPN

Turbo VPN

Turbo VPN merupakan layanan VPN yang dikembangkan oleh All Connected, dan kini telah memiliki 20 server alternatif di berbagai negara.

VPN ini juga dapat mengakses situs yang diblokir ISP, selain itu bandwidth untuk versi gratis tidak memiliki batasan.

Baca Juga: Cara Menjaga Keamanan Digital dengan Mudah

Perbedaan VPN Gratis dan Berbayar

Yang paling terlihat dari perbedaan VPN gratis terbaik dan berbayar adalah bandwidth yang diberikan.

VPN gratis biasanya akan membatasi bandwidth misalnya 1 GB, sementara VPN berbayar biasanya menawarkan bandwidth yang tidak terbatas.

Dari segi keamanan, keamanan yang dimiliki pada VPN gratis tidak sebaik yang versi berbayar, karena enkripsi yang digunakan pun juga tidak sebaik VPN berbayar yang sudah menggunakan enkripsi AES-256 bit.

Selain itu, biasanya dari segi kecepatan memang terlihat signifikan Antara VPN berbayar dan gratis, tentu VPN berbayar akan jauh lebih cepat.

Ketika VPN sedang mengalami gangguan, layanan teknis yang diberikan kepada pengguna VPN berbayar juga lebih baik, sementara VPN gratis tidak menyediakan layanan seperti ini.

Jika Anda memiliki aktivitas yang membutuhkan privasi tingkat tinggi seperti transaksi online, Anda sangat disarankan menggunakan VPN berbayar.

Anda bisa menggunakan VPN murah bernama Diego VPN dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 22 ribu per bulan.

Penutup

Demikian artikel mengenai VPN gratis terbaik dari kami, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan.

Ayo, tingkatkan kesadaran internet dengan aman menggunakan VPN agar dapat menghindari kejahatan online yang selalu bertambah, terlebih bagi pengguna yang sering menggunakan jaringan publik (wifi restoran, dan sebagainya).

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi VPN terbaik.

Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi