Mengenal Apa Itu APN, Fungsi dan Cara Settingnya

Bagi pengguna android tentu tidak merasa asing dengan APN. APN adalah Access Point Name yang merupakan suatu gerbang bagi jaringan GPRS, GSM, 3G dan 4G. APN sangat penting demi menyambungkan perangkat android Anda dengan jaringan internet. Tanpa adanya APN, Anda tentu tidak bisa mengakses internet via android.

Pengaturan APN yang keliru juga dapat menyebabkan permasalahan koneksi internet bagi perangkat android. Untuk itu, Anda perlu mencermati setting APN pada perangkat tersebut. Pastikan apakah APN pada android Anda telah diatur dengan benar atau belum. Hal ini demi kelancaran akses internet Anda.

Apa Itu APN

Apa Itu APN
Apa Itu APN

APN adalah sejenis gateway di antara koneksi internet seperti GPRS, GSM serta jaringan 3G dan 4G. Nantinya perangkat seluler pengguna wajib dikonfigurasikan dengan Access Point Name ini agar disampaikan kepada pihak operator. Biasanya APN digunakan guna menjumpai serta memberikan IP address wajib diidentifikasi oleh perangkat jaringan.

Berikutnya, pihak operator akan melakukan pemeriksaan terkait penentuan jenis koneksi jaringan seperti apa yang mesti dibuat. Contohnya, IP address mana yang mesti ditetapkan ke perangkat khusus nirkabel serta metode keamanan seperti apa yang wajib digunakan. APN sendiri terdiri atas berbagai macam fitur yang sangat bermanfaat seperti berikut.

  1. Pencari serta penentu APN default dari operator.
  2. Pengaturan favorit berbagai aplikasi.
  3. Pemeriksa status jaringan.
  4. Pencarian otomatis pengaturan Access Point Name untuk SIM card.
  5. Pelapor pengaturan APN baru.
  6. Widget guna memonitor penggunaan data internet.

APN mengandung sejumlah informasi penting seperti profil, password, username, proxy, autentikasi dan sebagainya. Informasi-informasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan provider untuk memberikan akses internet bagi ponsel Anda. Selain itu, APN terdiri atas dua struktur penting yang menyusunnya. Adapun struktur APN di antaranya ialah seperti berikut ini.

  1.     Network Identifier

Network Identifier adalah suatu bagian yang wajib dipakai. Hal ini tidak lain karena Network Identifier berperan untuk mendefinisikan jaringan luar (eksternal) dimana terdapat GGSN tengah terhubung. Fungsi Network id tentu berbeda dengan host id. Jangan sampai Anda tertukar antara Network id dengan host id.

Apabila Network id merupakan bagian dari IP address sebagai penunjuk jaringan komputer mana yang terhubung, maka host id akan menunjukkan server, router, workstation serta keseluruhan host TCP/IP dalam jaringan tersebut. Untuk itu, Anda harus bisa mencermati perbedaan kedua struktur penting tersebut.

  1.     Operator Identifier

Ini adalah bagian yang terbilang opsional. Operator Identifier adalah jaringan paket operator khusus, dimana tempat GGSN berada. Di dalam sana terdapat mobile country code yakni semacam kode jaringan seluler yang dapat melakukan fungsi penting. Fungsinya tidak lain adalah sebagai pengidentifikasi operator secara otomatis.

Fungsi APN

Jaringan Smartphone
Jaringan Smartphone

Secara umum fungsi APN adalah untuk menyambungkan device dengan operator penyedia layanan internet. Nantinya APN akan memberikan akses internet bagi pengguna android sesuai dengan jenis provider apa yang dipakai. Selain itu, fungsi APN juga bisa Anda ketahui diantaranya seperti berikut.

  1. Untuk mendaftarkan perangkat android atau PC ke jaringan internet.
  2. Guna memperoleh alamat IP publik.
  3. Menjadikan kecepatan atau koneksi internet kian stabil dan cepat.
  4. Ping koneksi akses internet semakin kecil sehingga terasa sangat lancar dalam mengakses informasi via internet.

Baca juga : Tips Menjaga Keamanan Website

Setting APN

Bukan perkara sulit untuk mengubah APN pada perangkat android Anda. Hanya saja bagi pengguna pemula, tentu akan merasa sedikit bingung untuk mengatur APN tersebut. Jika ingin mengatur APN pada perangkat android Anda, maka bisa langsung menyimak informasi berikut. Dalam mengatur APN, Anda tidak lagi memerlukan aplikasi tambahan.

  1. Buka halaman utama perangkat ponsel Anda.
  2. Pilih menu ‘pengaturan’.
  3. Ketuk opsi ‘penyambungan’.
  4. Pilih opsi ‘jaringan seluler’.
  5. Ketuk opsi ‘nama akses point’.
  6. Pada halaman yang ditampilkan, pilih ‘tambah’.
  7. Masukkan APN yang ingin digunakan.
  8. Setelah memasukkan APN tersebut, berikutnya ketuk titik tiga pada pojok kanan atas halaman dan klik ‘simpan’.
  9. Pengaturan APN selesai.

Bagi sebagian orang mungkin menaruh rasa penasaran apakah setting APN bisa mempercepat akses internet atau tidak. Faktanya, penggunaan APN yang berkesesuaian dengan layanan provider tentu bisa memberikan pelayanan prima dan aman. APN internet paling bagus untuk akses internet optimal tentu harus sesuai dengan provider yang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda merupakan pengguna Telkomsel maka gunakanlah APN khusus Telkomsel. Begitu halnya bagi pengguna operator 3, Smartfren, AXIS, Indosat atau XL. Jangan sampai menggunakan APN yang berbeda operator. Hal ini tentu akan berpengaruh pada koneksi akses internet Anda.

APN adalah hal penting yang harus Anda atur sebaik mungkin demi lancarnya akses internet pada perangkat mobile. Kiranya informasi terkait APN tersebut bisa membantu Anda untuk memahami bagaimana cara mengatur APN dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur seharusnya.

Saat mengakses internet terutama mengunjungi website, pastikan website yang Anda kunjungi sudah menggunakan layanan SSL. SSL menjamin pengiriman data dari server kepada user dan sebaliknya terenkripsi dengan aman sehingga tidak ada kebocoran informasi penting. Tetap hari-hati dalam membuka website, jika tidak menggunakan SSL mending ditutup saja.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>