Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Apa Itu TCP? Simak Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya!

3 min read

tcp adalah

TCP (transmission control protocol) adalah sebuah komponen inti dalam jaringan yang berperan dalam pertukaran informasi.

Seperti yang kita tahu, sekarang ini teknologi semakin berkembang dan penggunaan jaringan pun kian meluas.

Namun, tidak banyak orang yang tahu persis bagaimana komponen yang ada pada jaringan sehingga dapat digunakan untuk sealing terhubung dan berkomunikasi seperti sekarang ini.

Nah, pada artikel ini, GudPeople akan mempelajari TCP yang bisa dikatakan sebagai bagian inti dalam jaringan.

Pasti Anda juga pernah mendengar tentang IP. Sebenarnya, IP dan TCP saling berkaitan dalam proses terjadinya pertukaran informasi melalui jaringan.

Meski terdengar cukup kompleks, tetapi Anda tak perlu khawatir karena akan dijelaskan apa itu TCP beserta cara kerja hingga fungsinya.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Apa Itu TCP?

TCP adalah standar komunikasi yang memungkinkan program aplikasi dan perangkat komputer dapat bertukar informasi melalui jaringan.

TCP dirancang untuk mengirimkan data/informasi dan memastikannya terkirim lewat jaringan. Bisa dibilang, Transmission Control Protocol ini adalah inti dari sebuah internet protocol (IP).

Server dan client dapat saling mentransmisikan data yang telah diatur oleh TCP. Keamanan data/informasi yang dikirimkan melalui jaringan juga akan terjamin.

Sebelum mentransmisikan data, TCP membuat koneksi antara sumber dan tujuannya. Selanjutnya, data akan diuraikan menjadi paket-paket yang lebih kecil dan memastikan integritas data selama proses transmisi berlangsung.

Hasilnya, semua protokol tingkat tinggi yang mentransmisikan data akan menggunakan TCP, seperti FTP (file transfer protocol), SSH (secure shell), Telnet.

Selain itu, TCP juga digunakan untuk mengirim dan menerima email melalui Internet Message Access Protocol (IMAP), Post Office Protocol (POP), dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).

Selanjutnya, ada Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang juga menggunakan TCP untuk mengakses web. TCP memiliki standar yang terbagi dalam empat layer. Keempat layer tersebut adalah:

  • Datalink Layer

Layer ini memastikan bagaimana data dikirim dan diterima, serta bertanggung jawab untuk mentransmisikan data antara aplikasi/perangkat pada jaringan.

Namun, semua itu harus menggunakan koneksi fisik internet, misalnya driver komputer, kabel ethernet, network interface card (NIC), atau jaringan nirkabel.

Datalink layer sering juga dengan istilah link layer, network access layer, network interface layer, atau physical layer (layer fisik), yang merupakan kombinasi antara layer fisik dari data link Open System Interconnection (OSI).

  • Internet Layer

Internet layer bertanggung jawab untuk mengirimkan paket dari sebuah jaringan dan mengontrol perpindahan paket di seluruh jaringan untuk memastikannya sampai ke tujuan secara tepat.

  • Transport Layer

Transport layer bertanggung jawab untuk menyediakan koneksi data yang baik antara aplikasi/perangkat dan tujuan yang diinginkan.

Ini adalah langkah di mana data yang akan dikirimkan diuraikan ke beberapa bagian terpisah dan membuat penomoran agar urutannya tidak teracak.

Transport layer menentukan berapa dan ke mana data yang harus dikirimkan, hingga berapa kecepatannya.

Semua itu bertujuan agar setiap data yang dikirimkan tidak mengalami gangguan dan akan terkirim tanpa kesalahan.

Peran transport layer adalah fasilitator/jembatan antar aplikasi agar dapat saling berkomunikasi.

  • Application Layer

Application layer lebih mengarah kepada program yang membutuhkan TCP/IP untuk membantu pengguna berkomunikasi dengan orang lain.

Misalnya ketika menggunakan email, platform messaging, atau juga bisa untuk aktivitas browsing.

Ketika Anda melakukan browsing dan mengakses suatu website, maka perangkat akan menjalankan protokol HTTP.

Kemudian ketika Anda akan mengunggah file, protokol yang dijalankan berubah menjadi FTP (file transfer protocol).

Pada awal artikel, disebutkan bahwa TCP dan IP memiliki kaitan dalam keberlangsungan transmisi informasi.

Nah, TCP dan IP sendiri sebenarnya adalah protokol terpisah yang saling berkombinasi untuk mengirimkan data/informasi ke tujuan yang dimaksud. Lantas, apa perbedaan TCP dengan IP?

Perbedaan TCP dan IP yang Perlu Diketahui

IP bertugas untuk mencari dan mendefinisikan alamat IP suatu perangkat atau aplikasi, sedangkan TCP lah yang bertugas untuk ‘membawa’ data/informasi dan mengarahkannya menuju alamat IP yang sudah ditentukan.

Kedua komponen ini (TCP dan IP) sangat berkaitan agar data/informasi dapat memiliki tujuan dan mencapainya dengan tepat.

Tak heran apabila proses ini disebut dengan TCP/IP. Jadi, bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara TCP dan IP terletak dari fungsinya.

Fungsi TCP

Setelah Anda mengetahui apa itu TCP beserta cara perbedaannya dengan IP, berikut ini adalah fungsi TCP yang sebaiknya juga Anda pahami.

TCP sendiri adalah komponen untuk mengolah data entah itu dikirim atau menerima secara software atau juga hardware.

Setiap pengoperasian komputer memerlukan TCP sebagai pemroses data melalui beberapa layer yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Proses ini memerlukan koneksi internet agar dapat berjalan lancar. Untuk dapat terkoneksi dengan jaringan, gunakan alternatif seperti jaringan kabel, nonkabel.

Cara Kerja TCP

Pertama, data dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang bertujuan agar dapat ditransmisikan dapat berjalan dengan akurat tanpa harus mengirim ulang ketika mengalami kendala.

Data yang telah dipecah akan otomatis kembali tergabung seperti semula ketika sudah sampai ke tujuan yang diinginkan.

Data yang dikirimkan akan melewati rute yang berbeda-beda antara sumber dan perangkat tujuan.

Sebelum sampai di perangkat tujuan, data akan melewati beberapa layer.

Tahap ini akan menerjemahkan sinyal dan memastikan data akan terkirim ke tujuan.

Sudah Tahu ‘Kan Apa Itu TCP?

Tak bisa dimungkiri, TCP sangat berperan penting dalam lancarnya pertukaran data yang dilakukan orang-orang setiap saat di internet.

Namun, di balik rangkain komponen jaringan, terdapat hal-hal kompleks yang sebenarnya saling bekerja sama agar dapat menyampaikan data dengan tepat dan cepat.

Apabila Anda adalah pengguna internet yang sering bertanya-tanya bagaimana cara agar informasi dapat tersampaikan kepada orang yang Anda maksud, ini adalah hasil kerja sama dari TCP, IP, dan komponen lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai TCP. Semoga artikel ini dapat membuat GudPeople mengetahui lebih dalam seputar jaringan khususnya TCP.

Untuk mendapatkan informasi menarik seputar digital marketing dankeamanan jaringan, silakan pantau blog Gudang SSL!

Gudang SSL adalah penyedia SSL murah berkualitas di Indonesia. Semua jenis produk SSL bisa Anda temukan dengan harga yang sangat terjangkau.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

3 Replies to “Apa Itu TCP? Simak Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *