Nadia Agatha Penerjemah dan Mahasiswa S2 tingkat akhir. Ia menggemari diskusi berbagai topik sekaligus menuliskan ide-idenya melalui media microblog.

Daftar Plugin WordPress untuk Toko Online: Powerful dan Terbaik

2 min read

daftar plugin wordpress untuk toko online

Memiliki toko online tidak cukup dengan berbekal website saja. Anda patut melengkapinya dengan berbagai fitur seperti SEO optimisation, form, milis, dan lain-lain. Nah, ada banyak plugin WordPress untuk toko online sebagai pelengkap fungsionalitas website Anda.

Maka dari itu, simak dengan baik artikel ini dan kami akan memberikan sederet plugin WordPress untuk toko online.

Ulasan Plugin WordPress untuk Toko Online

wordpress plugin

Mempersiapkan toko online tidak kalah serius dengan mempersiapkan toko offline. Setidaknya Anda harus membekali toko online yang dibuat dengan berbagai fasilitas yang dapat meningkatkan penjualan.

1. WooCommerce

Untuk yang sudah lama berkecimpung di dunia toko online mungkin mengerti pamor WooCommerce sebagai plugin WordPress terpopuler untuk toko online.

WooCommerce memang rajanya plugin. Dengan satu plugin ini, website WordPress Anda dapat berubah menjadi toko online yang fungsional. Sangat powerful bukan?

Dengan plugin ini, Anda akan dimudahkan dalam membentuk toko online. wooCommerce dapat berintegrasi dengan banyak template WordPress untuk membuat toko online.

Kabar baiknya lagi, plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, jika ingin memaksimalkan fungsionalitas dengan plugin ini, Anda dapat menambahkan paket ekstensi berbayar mulai dari 79 USD.

Selain kompatibel dengan banyak tema WordPress dan dapat menambahkan fungsionalitasnya dengan ekstensi, WooCommerce juga memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan media sosial, milis Mailchimp dan bahkan Google Ads.

2. BigCommerce

Dahulu BigCommerce dibangun sebagai sebuah platform ecommerce, tapi sekarang BigCommerce menjadi salah satu platform manajemen konten sekaligus hosting.

Dengan plugin dari BigCommerce, Anda dapat mengombinasikan WordPress dengan berbagai macam platform ecommerce populer.

Dahulu, sebelum ada plugin ini, Anda tidak bisa mengombinasikan BigCommerce dengan WordPress. Tapi, Anda sekarang bisa melakukannya dengan plugin BigCommerce.

Kabarnya jika menggunakan plugin ini, Anda bisa menghemat pengeluaran hosting dan mempercepat website yang dikelola karena bagian ecommerce dilakukan pada backend sedangkan kontennya dikelola pada frontend.

3. MemberPress

Plugin satu ini sangat sesuai untuk toko online atau badan usaha yang memiliki penjualan digital yang memerlukan update terbaru dari barang yang ditawarkan.

Biasanya plugin ini diinstal oleh streamer, penulis buku, majalah online, dan juga kursus online. Atau yang baru-baru ini booming seperti toko online patungan streaming.

MemberPress memudahkan Anda dalam mengelola keanggotaan mulai dari melihat perilaku, melihat pembayaran dan jatuh temponya hingga memutuskan subscription.

Banyak sekali fitur lain yang ditawarkan oleh plugin membership satu ini, tapi untuk menggunakannya, Anda memang harus merogoh kocek dalam-dalam.

4. Easy Digital Downloads (EDD)

Easy Digital Downloads atau EDD adalah plugin sederhana namun powerful. Berguna untuk memanage dan menjual produk digital di website WordPress.

Nah, walaupun WooCommerce memiliki fitur itu, tetapi EDD berfokus pada penjualan digital.

Selain itu, bila dibandingkan tampilannya dengan WooCommerce, EDD lebih bersih dan enak dilihat.

Jadi, alih-alih menggunakan plugin ecommerce atau plugin toko online yang berfokus pada penjualan fisik, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke Easy Digital Downloads.

Jangan khawatir akan harganya, Anda dapat menggunakan EDD secara gratis. Fitur yang diberikan pun sudah memadai seperti kode diskon, kontrol akses file, tacking aktivitas dan lain-lain.

Namun, jika ingin melakukan upgrade, Anda bisa memilih untuk berlangganan per tahun yang dimulai dari 199 USD.

Tapi bila yang dibutuhkan hanya tool tertentu, Anda dapat memilih untuk membayar add-ons.

5. Ecwid Ecommerce Shopping Cart

Jika dilihat sekilas, Ecwid Ecommerce Shopping Cart sedikit mirip dengan WooCommerce.

Tapi jika diperhatikan lebih lagi, ada perbedaan mencolok di antara keduanya dalam hal fleksibilitas.

Percaya atau tidak Ecwid dapat digunakan di platform lain selain WordPress seperti facebook, Tumblr, dan CMS lain seperti Drupal.

Selain itu, Echwid lebih ekonomis bila dibandingkan dengan plugin-plugin toko online lainnya yang ada di daftar ini.

Digunakan secara gratis? Tidak masalah, Echwid tetap powerful dan fungsional sebagai plugin toko online.

Kabar baiknya, Anda tidak memerlukan add-ons atau ekstensi seperti yang lain karena fitur built-in nya sudah cukup mumpuni.

Karena fleksibilitasnya dan terkesan anti-ribet ini lah yang membuat Echwid layak untuk berada di dalam daftar rekomendasi kami.

Fitur yang akan Anda dapatkan dengan Echwid di antaranya dapat menjual produk di berbagai platform, keranjang belanja yang responsif, kupon diskon dan lain-lain.

Jika berbicara tentang harga, Anda bisa berlangganan mulai dari 15 USD per bulannya.

6. WP EasyCart

Plugin WP EasyCart kini mulai menjadi populer, loh GudPeople. Ini karena WP EasyCart sangat aksesibel untuk usaha skala kecil.

Di antara plugin yang sudah disebutkan sebelumnya, yang ramah untuk toko online kecil bisa dibilang hanya Ecwid dan WP EasyCart.

Plugin ini sangat ramah pengguna sehingga mudah digunakan untuk pemula dan pegusaha yang baru saja memulai bisnisnya.

Tool yang disediakan oleh plugin ini dapat bekerja dengan baik tanpa harus mendapatkan bantuan dari developer.

Cukup dengan melakukan sinkronisasi dengan Quickbooks dan mengintegrasikannya dengan Mailchimp, Anda sudah bisa mengonlinekan website toko online.

Untuk harganya, WP EasyCart tersedia secara gratis dan dapat diupgrade ke versi berbayar yang dibanderol mulai dari 69 USD per tahun hingga 99 USD per tahun.

7. Shopify

Shopify ini mirip dengan WooCommerce, namun ada beberapa keunggulan dari shopify yang layak dijadikan pertimbangan.

Yang jelas Shopify ini mudah digunakan karena dapat diintegrasikan dengan beberapa payment gateway, dapat melakukan setting SSL dengan mudah dan lain-lain.

Kesimpulan

Banyak sekali daftar plugin untuk toko online. Jika memiliki rekomendasi lain, Anda dapat membagikannya juga melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Nadia Agatha Penerjemah dan Mahasiswa S2 tingkat akhir. Ia menggemari diskusi berbagai topik sekaligus menuliskan ide-idenya melalui media microblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *