Fungsi HTTPS Untuk SEO, Apakah Ada Pengaruhnya?

2 min read

Fungsi HTTPS Untuk SEO

Sekarang ini, keamanan menjadi salah satu hal penting apalagi di era teknologi sekarang ini. Berbagai jenis kejahatan baru bermunculan dengan berbagai modus yang semakin berkembang.

Dalam hal teknologi website, kecepatan memang menjadi salah satu hal terpenting. Tetapi ada satu hal penting lainnya yaitu masalah keamanan website.

Website yang aman ditandai dengan logo gembok pada URL domain. Logo gembok ini sebagai tanda alamat website yang sudah menggunakan HTTPS.

Lalu apakah ada pengaruhnya fungsi HTTPS untuk SEO? Jawabnya ada.

Jadi untuk Anda yang memiliki website atau blog tanpa menggunakan sertifikat SSL, maka segera install saja.

 Anda bisa mendapatkan SSL gratis dari Let’s Encrypt atau membeli SSL Murah dari Gudangssl.id dengan harga mulai dari 100ribuan saja,

Apa Itu HTTPS

HTTPS adalah kepanjangan dari HyperText Transfer Protocol Secure. Bagi Anda yang belum tahu, HTTPS adalah versi amannya dari HTTP yang memiliki fungsi untuk transfer data melalui WWW (World Wide Web).

Nah biasanya saat pengiriman data dari server kepada client inilah data paling rawan dicuri. Tetapi untuk website yang sudah menggunakan HTTPS semua pengiriman sudah terenkripsi.

Jadi Anda tidak perlu khawatir terutama berkirim data-data penting lewat internet. Kuncinya website yang Anda gunakan sudah menggunakan sertifikat SSL.

Baca juga : Perbedaan HTTP dan HTTPS Pada Website

Jenis Sertifikat SSL

Untuk Anda yang tertarik untuk menggunakan sertifikat SSL, ada 3 jenis sertifikat SSL yang bisa dipilih. Ketiganya dibedakan berdasarkan fungsi dan pengunaannya.

Untuk Anda yang mencari sertifikat SSL gratis agar website Anda bisa berubah dari HTTP menjadi HTTPS, kami merekomendasikan untuk menggunakan Sertifikat Let’s Encrypt.

 Let’s Encrypt adalah sertifikat SSL gratis yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma, tetapi Anda perlu memperbarui secara berkala setiap 3 bulan sekali.

Nah bagi Anda yang mencari keamanan website yang lebih baik, kami menyarankan untuk menggunakan sertifikat SSL berbayar.

Sertifikat SSL berbayar memiliki kekuatan enkripsi yang lebih kuat dan juga berani memberikan garansi kepada semua pelanggannya.

Berikut jenis sertifikat SSL pada website:

Jenis Sertifikat SSL
Jenis Sertifikat SSL

1. Domain Validation SSL

DV SSL merupakan SSL yang sering digunakan untuk website entry level seperti personal blog, website perusahaan, company profile dan lainnya.

Kuncinya DV SSL ini cocok untuk kebutuhan website yang tidak memerlukan user login pengguna.

Jadi secara kebutuhan tidak memerlukan keamanan yang tinggi.

2. Organization Validation SSL

Organization validation merupakan SSL yang cocok untuk kebutuhan toko online, media pembelajaran, sistem informasi dan website yang mengumpulkan data pelanggan serta user login.

OV SSL ini memiliki keamanan setingkat lebih tinggi dibandingkan domain validation, karena ada banyak data penting dari para pengguna.

Untuk persyaratannya sedikit lebih rumit saat akan melakukan pembelian, karena diperlukan beberapa dokumen usaha sebagai syaratnya.

3. Extended Validation SSL

EV SSL merupakan level SSL tertinggi dengan tingkat keamanan paling kuat. EV SSL biasa digunakan untuk website ecommerce, perbankan, dan sejenisnya yang membutuhkan keamanan ekstra.

Jadi jika membandingkan HTTP vs HTTPS maka perbedaanya jauh. HTTPS dari segi keamanan jauh lebih unggul sehingga direkomendasikan untuk berbagai jenis website.

Pengaruh HTTPS Untuk SEO

Kembali ke pembahasan awal, apakah ada pengaruh HTTPS terhadap SEO website? Jawabnya ada.

HTTPS Ranking Signal
HTTPS Ranking Signal

Dalam rilis artikel bulan Agustus 2014 seperti gambar diatas, Google menyebutkan bahwa HTTPS menjadi salah satu ranking signal untuk menentukan posisi website/blog pada SERP Google.

Google akan memberikan peringkat yang lebih tinggi kepada website yang sudah menggunakan protokol HTTPS.

Keamanan menjadi salah satu hal yang diprioritaskan Google. Google ingin memastikan bahwa semua konten yang diakses menggunakan search engine Google aman.

Coba Anda perhatikan lagi, halaman pertama Google biasanya sudah diisi oleh website-website yang menggunakan SSL.

Google menyebutkan bahwa 40% halaman satu Google diisi oleh website yang menggunakan HTTPS. Jadi peluang website yang belum menggunakan HTTPS sangat sulit untuk bisa bersaing di halaman satu SERP Google.

Dalam rilis 200 ranking factor yang dikeluarkan oleh Backlinko.com, ada 200 metrik yang menjadi penentu peringkat sebuah website.

SSL Certificate menjadi ranking ke 77 dalam pembahasan ini. Berikut gambar lengkapnya.

200 Ranking Factor
200 Ranking Factor

 Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan diatas adalah sertifikat SSL penting untuk keamanan website dan juga SSL berpengaruh terhadap SEO.

Tidak hanya SSL berbayar saja, SSL gratis juga memiliki efek untuk meningkatkan ranking website/blog pada SERP Google.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan SSL, Anda bisa mencoba dari sertifikat SSL gratis terlebih dahulu. Jika ingin upgrade ke versi berbayarnya, kami rekomendasikan bisa beli di Gundagssl.id.

GudangSSL memiliki layanan penjualan sertifikat SSL berbayar untuk domain validation mulai dari seharga domain TLD .com saja.

Yuk kapan lagi mempunyai website yang aman dengan SSL yang murah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *