Bagaimana Cara Kerja SSL Certificate?

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal teknologi Website, pasti bertanya-tanya apa itu SSL sebenarnya.  SSL kepanjangan dari Secure Socket Layers adalah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi komunikasi data antara client dan server. SSL bisa juga disebut TLS (Transport Layer Security) keduanya sama saja, tetapi lebih familiar yang menggunakan istilah SSL daripada TLS.

Bagaimana Cara Kerja SSL
Bagaimana Cara Kerja SSL

Pengggunaan SSL sekarang ini seakan sudah menjadi kewajiban bagi pemilik website. Karena sekarang ini website yang tidak menggunakan SSL akan ditandari dengan label ‘Not secure’ warna merah pada alamat URL website, kadang ada website yang tidak menggunakan SSL website tidak bisa diakses. Ada 2 jenis SSL yang ada saat ini yaitu SSL gratis dan SSL berbayar. Lantas apa perbedaan antara SSL gratis dan SSL berbayar? Silahkan buka pada pembahasan artikel Gudang SSL sebelumnya, sudah kami jelaskan secara runtut.

SSL Membuat Koneksi Aman

Ketika Anda mengakses halaman website yang sudah diamankna dengan SSL, browser dan server tersebut akan membuat koneksi SSL yang sering disebut SSL Handshake. Bisa disebut SSL Handshake demikian karena proses dari browser dan server ini bolak balik seperti orang berjabat tangan, umumnya sampai 5 kali proses.

  • Browser mengirim ke server
  • Server mengirim ke browser
  • Browser mengirim ke server
  • Server mengirim ke browser
  • Browser dan server mengenkripsi dengan session key.

Cara Kerja SSL Certificate

Kembali ke topik pembahasan mengenai bagaimana cara kerja SSL certificate. Proses secara digitalnya cara kerja SSL adalah dengan mengenkripsi data dengan proses yang sangat cepat, hitungannya bahkan sampai permillisecond. Saat komunikasi SSL Handshake sedang berlangsung antara client dan server, sangat sulit pihak ketiga untuk bisa memecahkan kode enkripsi yang sudah dibuat. Sekedar diketahui saja level enkripsi tertinggi saat ini 256-bit baru bisa ditembus dengan 100 super computer selama 100 tahun.

SSL pada dasarnya bekerja dengan acuan 2 konsep berikut ini:

1. Kriptografi Asimetris

Asymmetric Encryption
Asymmetric Encryption

Kriptografi asimetris atau bisa disebut Asymmetric Encryption atau Public Key Cryptography menggunakan kunci yang berpasangan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi data. Saat proses asimetris ini berjalan, akan ada satu public key yang bisa diketahui oleh orang lain dan  private key yang hanya  bersifat rahasia.

Dalam kriptografi asimetris, data yang dikirimkan dengan private key hanya bisa dibukan dengan public key, jadi harus ada 2 kunci yang saling berhubungan untuk mengamankan data. Algoritma kriptografi asimetris sekarang ini banyak ditemui di EIGama, RSA, DSA, Elliptic curve techniques dan PKCS.

2. Kriptografi Simentris

Symmetric Encryption
Symmetric Encryption

Kebalikan dengan kriptografi asimetris, kriptografi simetris hanya memiliki satu kunci private key untuk mengenkripsi data. Baik pengirim dan penerima harus mengetahui kunci ini untuk membuka enkripsi data. Untuk penggunaan kriptografi simetris ini banyak digunakan di AES-128, AES-192 dan AES-256.

Komunikasi dalam SSL selalu diawali dengan SSL Handshake, nah gambar dibawah ini kami berikan ilustrasi Bagaimana Cara Kerja SSL Certificate:

Proses SSL Handshake
Proses SSL Handshake
  1. Contohnya saja client mengirimkan pesan ‘Hallo’ kepada website yang sudah diamankan dengan SSL. Klien meminta kepada server untuk melakukan identifikasi kepadanya.
  2. Proses kedua server merespon pesan klien ‘Hallo’ dengan mengiriman salinan sertifikat SSL nya, termasuk didalamnya ada public key server.
  3. Klien melakukan verifikasi sertifikat SSL server kepada Certificate Authority (CA) dan memastika SSL tersebut valid, jika proses ini berhasil maka akan dilakukan enkripsi dan dikirimkan kembali dengan symmetric session key menggunakan public key server.
  4. Server kemudian melakukan dekripsi syimmetric session key dengan public key dan mengirimkan kembali kepada klien dengan session key untuk memulai encryption session.
  5. Proses terakhir server dan browser mengenkripsi semua data yang sudah dikirimkan tadi dengan session key.

Nah demikianlah proses dari awal sampai akhir cara kerja SSL Certificate, Apakah Anda masih berfikiran untuk tidak menggunakan SSL Certificate dan menganggap SSL tidak penting? Nah kami di GudangSSL.id menyediakan SSL Indonesia Murah dengan harga SSL  mulai dari 150.000/tahun saja, ini tidak lebih dari harga domain TLD tetapi fungsinya sangat penting sekali terhadap website Anda.

Jika masih ada pertanyaan seputar SSL silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>