Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman

Akhir-akhir ini sering beredar kabar tentang pembobolan akun email atau social media oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu kenapa akun-akun mereka bisa diambil padahal sudah menggunakan password? salah satu penyebabnya adalah karena pengunaan password yang tidak kuat.

Sekarang ini semua akun sudah menggunakan username dan password, jangan sampai karena alasan agar mudah diingat Anda menggunakan password yang lemah. Kita tidak bisa mengetahui ada banyak pihak diluar sana yang selalu berusaha membobol akun-akun dengan tujuan yang pasti untuk kejahatan. Entah itu untuk penipuan, pencurian terhadap data atau uang.

Kehilangan satu akun saja pasti menjadi suatu musibah yang besar, bagaimana tidak jika didalamnya isinya mengenai urusan pekerjaan. Jadi Anda sebagai pengguna internet saat ini untuk selalu berhati-hati dalam membuat password/kata sandi yang kuat agar aman dari tindak kejahatan cyber crime. Kabar baiknya kami sudah merangkum tips membuat password yang kuat dan aman. Silahkan lihat pembahasannya dibawah ini:

Tips Membuat Password Yang Kuat

Tips Membuat Password
Tips Membuat Password

1. Jangan gunakan informasi pribadi

Hindari pengunaan informasi pribadi seperti nama, tanggal ulang tahun, username, alamat email dan sebagainya. Password seperti ini biasanya dapat diakses oleh publik, sehingga bisa sangat rawan ditebak oleh orang lain.

Contoh password yang sering banyak dijumpai seperti : 123456, rahasia, admin,  password, dan masih banyak lagi contoh lainnya yang belum dituliskan.

2. Gunakan password yang panjang

Password minimal memiliki panjang 6-8 karakter, jadi lebih baik Anda bisa membuat password yang lebih panjang, tetapi perlu diingat jangan menggunakan abjad atau angka yang berurutan.

3. Hindari menggunakan kata-kata dalam kamus

Hindarikan menggunakan kata-kata yang terdapat pada kamus atau kata umum lainnya karena ditakutkan mudah ketebak oleh orang lain, lebih baik mengacak kata yang tidak bisa dibaca saja agar lebih amannya.

4. Gunakan symbol unik

SImbol dalam Keyboard
SImbol dalam Keyboard

Gunakan tammbahan symbol untuk mempersulit hacker untuk masuk ke website, jadi mereka akan kesulitan dan membutuhkan waktu yang lebih lama saat akan login.

5. Gunakan angka

Selain symbol, Anda juga perlu menambahkan angka agar susah diingat. Untuk password angka yang pernting bisa dikombinasikan dengan symbol.

6. Gunakan kombinasi huruf

Karena dalam password dan username salah huruf besar kecil saja tidak bisa login, maka Anda perlu menyiapkan password yang kuat dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka serta symbol. Jika semuanya dikombinasikan maka peluang hacker untuk bisa membobol password akan selalu sulit sekali.

7. Gunakan password berbeda tiap akun

Kombinasi Password
Kombinasi Password

Untuk tindakan preventif, usahakan untuk setiap akun memiliki password yang berbeda-beda. Tujuannya jika sampai ada satu akun yang bisa dibbobol hacker, maka akun lainnya akan tetap aman. Untuk itu selain mengkombinasikan huruf, angka, simbol, besar kecil huruf, Anda perlu membedakan nama setiap akun. Agar amannya bisa dicatat sehingga tidak lupa sewaktu dibutuhkan.

Aplikasi Pengelola Password

Sekarang ini setiap orang memiliki banyak lebih dari satu akun, entah itu email, social media atau yang lainnya. Jika untuk mengingat password yang berbeda-beda pasti akan susah, kecuali memang sering Anda gunakan sehari-hari. Tetapi ada cara mudah untuk mengingat banyak password sekaligus, apa itu?

Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tersedia aplikasi password manager yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai password tanpa pusing lupa. Aplikasi password manager ini akan mengingatkan Anda saat akan login ke setiap akun yang berbeda-beda. Rekomendasi dari kami ada 3 password manager terbaik, seperti :

  • LastPass

    Aplikasi LastPass
    Aplikasi LastPass

LastPass menjadi aplikasi password manager terbaik pilihan kami. Bagaimana tidak LastPass bisa digunakan di browser atau diinstall pada perangkat mobile. Untuk manajemen passwordnya sangat menarik, akan ada logo dari akun websitenya yang muncul pada setiap password yang disimpan. Untuk membukanya tinggal klik saja pada akun apa yang ingin Anda buka.

Untuk biaya perbulannya LastPass sangat murah, untuk Anda yang ingin mencoba bisa menggunakan akun versi gratisnya terlebih dahulu. Untuk 1 user LastPass memiliki biaya 3$ dan untuk 6 user LastPass memiliki biaya bulanan 6$.

  • 1Password

    1Password
    1Password

Sama seperti LastPass, 1Password tersedia untuk browser dan aplikasi. Untuk fitur tidak jauh berbeda dengan LastPass, yang membedakan 1Password memiliki kategori password pada bagian samping sesuai dengan akun yang disimpan. Contohnya email account, bank account, document, CC dan masih banyak lagi. Selain itu 1password memiliki layanan khusus untuk keluarga dan bisnis.

  • Password Manager Google Chrome

Managemen password yang terakhir adalah dari Google Chrome. Jika Anda tidak banyak memiliki akun, nampaknya menggunakan fitur bawaan dari chrome ini dirasa sudah cukup. Selain itu fitur ini sudah include dalam aplikasi Chrome jadi tidak perlu install aplikasi lainnya.

Nah demikian pembahasan mengenai Tips Membuat Password Yang Kuat dan Aman. Jika password lama Anda masih belum kuat, segeralah ganti ke password baru yang lebih aman dan kuat. Perlu diketahui pula bahwa GudangSSL.id tidak hanya memberikan informasi bermanfaat mengenai keamanan saja. Gudang SSL juga menyediakan layanan SSL Murah untuk mengamankan pengiriman dari web server kepada browser client dan sebaliknya secara aman dengan harga mulai dari 150.000/tahun. Tunggu apalagi amankan websitemu sekarang juga dengan layanan SSL.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>