Ketahui Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Fungsinya

Saat anda sedang browsing di internet mengunjungi salah satu website, pernahkan anda memperhatikan pada bagian URL website tersebut, apakah menggunakan HTTP atau HTTPS. Salah satu cara paling mudahnya adalah melihat ada huruf ‘S’ dibelakangnya atau tidak. Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu perbedaan HTTP dan HTTPS sebenarnya itu apa.

Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Fungsinya
Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Fungsinya

Selain huruf ‘S’, biasanya website yang sudah menggunakan HTTPS memiliki ikon gembok yang menandakan website tersebut aman. Selain itu ada juga penggunaan HTTPS pada website paling bagus yaitu gembok hijau dengan nama perusahaan, ini menggunakan layanan SSL validasi tertinggi Extended Validation dengan keamanan standart enkripsi tertinggi yaitu 256-bit. Ada beberapa jenis SSL perlu anda ketahui untuk pengamanan website anda yang lebih baik.

Sebelum membahas perbedaannya, alangkah baiknya kita harus tahu dulu sejarah HTTP sampai bisa menjadi HTTPS  itu bagaimana. HTTP adalah protokol jaringan yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi , kolaboratif dan hypermedia. HTTP pertama kali dikenalkan untuk penggunaan WWW (World Wide Web) pada tahun 1990 dengan versi 0.9. HTTP versi 0.9 adalah HTTP versi pertama dengan menggunakan protokol transfer pengiriman dokumen secara utuh, maksudnya data yang dikirim sama dengan isi dari data tersebut. Contoh saja jika memasukan user dan password saat pengiriman terjadi semuanya akan terlihat jelas tanpa adanya enkripsi.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP vs HTTPS
Perbedaan HTTP vs HTTPS

Padadasarnya keduanya memiliki fungsin yang sama. Namun ada beberapa perbedaan antara HTTP dan HTTPS, nah berikut penjelasan lengkapnya:

1. Keamanan Transmisi Data

Perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS adalah masalah keamanan transmisi data. Saat ini banyak informasi-informasi penting seperti user password, data pribadi, kartu kredit dan data penting lainnya yang rawan terhadap tindak kejahatan dunia maya. Dengan menggunakan HTTPS pengunjung website akan merasa aman dan tingkat kepercayaan pengunjung terhadap website pun meningkat. Ada 3 proses yang dilakukan oleh HTTPS yaitu:

  • Autentikasi Server

Dengan dilakukan autentikasi server, pengunjung website akan yakin bahwa website yang dituju sudah sesuai.

  • Kerahasiaan Data

Data yang ditransmisikan lebih aman dengan adanya enkripsi, sehingga tidak bisa dibaca oleh pihak lain.

  • Integritas Data

Selain sudah terenkripsi, data yang ditransmisikan tidak bisa diubah oleh pihak lain karena saat sampai  akan divalidasi oleh MAC (Message Authentication Code).

2. Port Yang Digunakan

Perbedaan HTTP dan HTTPS kedua adalah pada port yang digunakan, untuk HTTP biasa menggunakan port default 80 dan untuk HTTPS menggunakan port 443.

3. SSL (Secure Socket Layer)SSL Free

HTTP secara default menggunakan koneksi yang tidak menjamin aman, komunikasi masih bersifat client-server. SSL memungkinkan untuk mengamankan enkripsi data yang ditransmisikan dari server menuju klien. Penggunaan SSL ini akan sangat berguna bagi website-website yang membutuhkan user login, transaksi keuangan, sistem informasi dan sejenisnya. Untuk dibedakan sesuai dengan tingkat validasinya dan jumlah domainnya, anda tinggal menyesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan website yang dimiliki.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Google sudah memberikan pengumuman tepatnya pada bulan Agustus 2014 tentang salah satu faktor penentu peringkat website adalah penggunaan HTTPS. Google akan memberikan prioritas lebih kepada website yang sudah menggunakan protokol yang aman, saat itu pula banyak para webmaster mulai merubah website HTTP mereka menjadi HTTPS.

SEO
SEO

Baca juga : Pengaruh SSL Untuk SEO

Tidak menutupkemungkinan pengunjung website akan merasa tidak aman ketika melihat website belum menggunakan HTTPS, bahkan untuk versi chrome terbaru saat ini menandai website yang tidak aman dengan tulisan ‘Not secure’ warna merah pada URL. Dengan menggunakan HTTPS anda akan mendapatkan kesempatan mendapatkan peringkat terbaik dihalaman pencarian Google.

Kesimpulan

Kesimpulan yang paling pas dari pembahasan diatas adalah penggunaan HTTPS memiliki keunggulan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan HTTP versi biasa. Silahkan bagi Anda yang memiliki website baik pribadi, bisnis, toko online, sistem informasi dan lainnya silahkan untuk melengkapinya dengan sertifikat SSL. Kami di Gudang SSL memiliki SSL berbagai brand dengan harga yang bervariatif mulai dari yang paling murah 150.000 untuk setahun. Tunggu apalagi segera amankan bisnis Anda sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika ada tambahan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS lainnya yang belum dibahas diatas silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>