Marketing Tools Terbaik Untuk Meraih Kesuksesan

Kegiatan promosi dan memasarkan produk adalah salah satu hal yang selalu dilakukan oleh sebuah usaha atau bisnis. Untuk yang satu ini, ada banyak sekali marketing tools yang bisa dimanfaatkan guna mempermudah pekerjaan sekaligus meningkatkan penjualan. Namun, Anda juga harus memilih tools mana yang paling tepat digunakan agar konsumen selalu ingat dengan produk yang Anda tawarkan.

Berdasarkan perkembangan saat ini, Anda pasti sudah melihat banyaknya orang yang mempromosikan produk mereka melalui media sosial bukan? Nyatanya, media sosial bukanlah satu-satunya alat pemasaran yang digunakan oleh marketer, tetapi ada lebih banyak dari itu. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan singkat di bawah ini.

Marketing Tools

Marketing Tools Terbaik
Marketing Tools Terbaik

Secara singkat, marketing tools adalah alat-alat yang dimanfaatkan atau digunakan oleh para pebisnis atau perusahaan untuk mengembangkan serta memperkenalkan produk dan layanan mereka. Namun, kata tools di sini juga dapat merujuk pada kata material, strategi dan teknik.

Marketing tools juga dapat dianggap sebagai aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis, utamanya di bagian promosi. Antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain bisa saja menggunakan alat pemasaran yang berbeda walaupun tujuannya sama. Namun kebanyakan perusahaan memiliki beberapa alat pemasaran sekaligus yang digunakan diwaktu yang sama.

Contoh Marketing Tools

Marketing Tools
Marketing Tools

Dari pengertian marketing tools di atas, kira-kira Anda sudah bisa meraba apa saja yang bisa dijadikan contoh alat pemasaran? Jika masih belum, mari simak daftarnya di bawah ini.

  1.     Merchandise

Ketika menghadiri suatu acara seperti seminar, terkadang Anda akan mendapatkan merchandise bukan? Nah, merchandise tersebut termasuk alat pemasaran yang diakui sebagai salah satu strategi promosi yang menarik. Merchandise ini sendiri diketahui mempunyai dampak baik terhadap peningkatan brand awareness di mata calon pelanggan.

  1.     Video Marketing

Tools yang lainnya ialah video marketing. Video marketing ini juga merupakan alat promosi yang populer karena ada banyak sarana yang mendukung. Bisa dengan video blog, video youtube maupun website. Dengan video ini, Anda tentu juga lebih mudah memperkenalkan bisnis bukan?

  1.     Brosur

Salah satu tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran secara offline ialah brosur. Umumnya, brosur dibuat dengan menggabungkan huruf, warna serta gambar yang menarik dengan media kertas. Di dalamnya terdapat informasi seputar bisnis atau produk serta kalimat persuasif yang membuat calon konsumen tertarik terhadap produk yang ditawarkan.

  1.     Iklan Televisi

Kalau yang satu ini sudah sangat sering Anda simak bukan? Hanya dalam waktu beberapa derik saja, iklan televisi yang dibuat begitu dramatis mampu membujuk banyak orang untuk membeli produk yang ditawarkan.

  1.     Billboard

Ini juga merupakan papan promosi yang memberitahukan seputar produk atau bisnis. Umumnya, billboard ini dipasang di tempat yang lalu lintasnya padat serta di jalan tol. Penempatannya juga biasanya di tempat yang tinggi sehingga bisa dilihat oleh para pengendara yang melintasinya.

  1.     Media Sosial

Seperti yang sudah disinggung, media sosial memang merupakan alat pemasaran yang efektif. Dengan sarana satu ini, para pemilik bisnis bisa mengembangkan hubungan yang interaktif secara online dengan konsumennya. Tujuannya ialah untuk membangun kepercayaan dari mereka.

  1.     Program Loyalitas Pelanggan

Ini juga termasuk marketing tools, namun lebih mengacu pada besarnya kemungkinan pelanggan yang telah ada akan kembali untuk membeli produk atau tidak. Intinya adalah bisnis merawat pelanggan yang sudah ada di samping mencari pelanggan baru. Sayangnya, walaupun termasuk tools yang efisien, program loyalitas pelanggan cenderung terabaikan.

Baca juga : Rekomendasi Peluang Kerja Online

Marketing Tools Terbaik

Contoh Marketing Tools
Contoh Marketing Tools

Sebenarnya contoh dari alat-alat pemasaran itu sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari bukan? Lalu pertanyaannya adalah tools manakah yang terbaik? Untuk ini dikembalikan pada tujuan bisnis yang hendak dicapai. Namun Anda harus tahu juga bahwa ada yang disebut dengan online marketing tools.

Seperti namanya, ini adalah alat pemasaran dengan menggunakan media online dan beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Canva, yang menyediakan banyak sekali template gratis dan dapat dimanfaatkan untuk membuat desain tampilan brand bisnis.
  2. Trello, yang akan membantu mengorganisir berbagai kebutuhan yang diperlukan guna memasarkan brand. Bahkan Trello juga bisa dipakai untuk mengunggah file, membuat checklist sekaligus mengundang member yang termasuk sebagai pengurus bisnis dan melakukan kolaborasi.
  3. Hootsuite, yang akan membantu mengorganisir media sosial bisnis yang meliputi respon dari pengikut media sosial, unggahan serta pelanggan yang berasal dari berbagai media sosial yang digunakan oleh bisnis.
  4. Google Trends, Ahrefs dan SEMRush yang bisa membantu menentukan keyword atau kata kunci yang paling sesuai dengan bisnis. Dengan bantuan ketiga tools tersebut, brand awareness bisnis tentu akan meningkat terlebih jika website bisnis berada di halaman pertama atau peringkat pertama Google
  5. Yoast SEO, yang akan membantu menentukan focus keyword sekaligus menganalisis apakah isi artikel dalam website Anda bisa dideteksi di mesin pencarian dengan mudah atau tidak. Yoast SEO ini juga yang akan membantu meningkatkan peringkat website yang dapat berujung pada meningkatnya brand awareness

Tentunya masih banyak alat pemasaran lain yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan bisnis dan menggaet pelanggan. Anda bisa memilih alat pemasaran offline atau online, atau bisa juga dengan menggabungkan keduanya.

Jangan lupa dalam pemasaran selalu perhatikan unsur keamanan, agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan. Salah satunya dengan memastikan bahwa website sudah menggunakan SSL Certificate untuk setiap URL domainnya. SSL memungkinkan enkripsi keamanan dua arah antara website dengan pengunjungnya sehingga aman dari tindak kejahatan cybercrime.

Nah demikian pembahasan mengenai marketing tools terbaik untuk meraih kesuksesan bisnis Anda. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>