Kenapa Harga SSL Certificate Berbeda?

Bagi anda pengguna website yang saat ini memiliki rencana untuk membeli SSL pasti akan bertanya-tanya kenapa harga SSL Certificate berbeda? Padahal dari segi fungsi sama saja. Malah ada yang menyarankan lebih baik menggunakan SSL Gratis Lestencrypt saja. Sebelum terlanjur ada baiknya anda menyimak pembahasan dibawah ini kenapa harga SSL bisa berbeda-beda.

Apa itu SSL

Apa Itu SSL Dan Seberapa Pentingnya Untuk Website
Apa Itu SSL Dan Seberapa Pentingnya Untuk Website

Sebelum dilanjutkan, bagi anda yang belum tahu SSL adalah protokol keamanan teknologi terbaru untuk mengamankan data dengan cara melakukan enkripsi sehingga lebih aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Oh iya perlu diketahui juga bahwa SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security) itu sama saja hanya berbeda istilah penyebutan. Didalam SSL/TLS itu dibagi kedalam 3 jenis yaitu:

Baca juga : Perbedaan SSL Gratis dan SSL Berbayar

Kenapa Harga SSL Berbeda?

Lalu  pertanyaanya kenapa hargan SSL dari ketiga tersebut berbeda? Jawabnya ada dipembahasan dibawah ini:

1. Brand

Layanan SSL Indonesia
Layanan SSL Indonesia

Brand menjadi faktor utama kenapa harga SSL berbeda-beda, walaupun fitur yang diberikan sama tetapi jika sudah berbeda brand Certificate Authority maka harganya bisa dipastikan berbeda. Brand juga menentukan ‘trust’ dari pelanggan, semakin lama dan semakin baik track record dalam bisnis SSL akan semakin mahal pula harga SSL. Saran dari tim Gudang SSL adalah membeli SSL dari brand ternama seperti Sectigo, RapidSSL, GeoTrust, Symantec dll.

2. Jumlah Jaminan Asuransi

Provider SSL berani memberikan garansi berupa uang yang jumlahnya cukup besar mulai dari 10.000 dollar sampai 1.5 juta dollar. Tentunya ini bukan main-main pihak CA memberikan asuransi jika terjadi kebocoran data kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Semakin tinggi tingkat SSL maka akan semakin besar pula asuransi yang akan diterima.

3. Kecepatan Verifikasi

Certificate Authority SSL memberikan waktu yang berbeda untuk tiap jenis SSL, umumnya untuk Domain Validation SSL memakan waktu estimasi 5-10 menit. Untuk Organization Validation dan Extended Validation umumnya 1-14 hari tergantung kelengkapan berkas dan kecepatan dari pihak Certificate Authority yang anda gunakan.

4. Kompabilitas Browser

TLS 1.3 Browser Support -kinsta.com
TLS 1.3 Browser Support -kinsta.com

Tiap SSL memiliki kompabilitas terhadap browser yang berbeda-beda, tetapi untuk SSL berbayar ini bedanya hanya sedikit sekali, yang paling berbeda antara SSL gratis dan SSL berbayar memiliki perbedaan yang cukup banyak. Untuk mengecek silahkan hubungi dari customer service anda membeli sertifikat SSL agar dijelaskan secara detail.

5. Kekuatan Enkripsi

SSL yang dijual adalah keamanan data, jadi semakin baik tingkat keamanannya maka semakin mahal pula harga SSL. Ada 3 jenis SSL seperti DV SSL, OV SSL dan EV SSL yang memiliki kekuatan enkripsi berbeda-beda mulai dari yang paling bawah 40-bit, 56-bit, 128-bit dan 256-bit. Jika website anda memiliki data berisi data penting seperti user login dan data penting lainnya silahkan gunakan enkripsi tertinggi 256-bit.

6. Jumlah Domain

Perbedaan DV OV dan EV SSL
Perbedaan DV OV dan EV SSL

Sekain banyak domain yang bisa diamankan dengan SSL, maka harganya akan semakin mahal pula. Untuk anda yang membutuhkan banyak SSL bisa membeli paket SSL Multi Domain Murah. Ada pilihan 1-3 domain tambahan dengan harga yang tidak terpaut jauh dari SSL Single Domain.

7. Jumlah Subdomain

Banyaknya jumlah subdomain juga menjadi salah satu penyebab harga SSL mahal, untuk anda yang membutuhkan pengamanan subdomain yang banyak silahkan membeli paket Wildcard SSL. Anda bebas menambahkan jumlah subdomain dari domain utama. Untuk SSL Wildcard ini tersedia di DV, OV dan EV SSL.

Nah sudah terjawab sudah kan kenapa harga SSL Certificate berbeda-beda? Silahkan jadikan panduan untuk membeli SSL yang sesuai dengan kebutuhan website anda. Di Gudang SSL kami menyediakan SSL Indonesia Murah mulai dari 150.000/tahun untuk Sectigo Positive SSL. Selain itu kami memiliki brand SSL ternama lain seperti AlphaSSL, RapidSSL, GlobalSign, Entrust Datacard, Symantec, Thawte dan GeoTrust.

Jika masih ada pertanyaan lain tentang SSL silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>