Hal Penting Tentang Clear Cache yang Harus Diketahui

2 min read

Clear Cache

Jika anda pernah bermasalah dengan kinerja gadget yang mungkin sering melambat, atau bahkan freeze dan kerap terpaksa berhenti.

Maka salah satu jalan keluar yang umumnya disarankan adalah dengan melakukan clear cache.

Hal ini berlaku juga bagi dua aplikasi pencarian yang biasanya ada di gadget anda, yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksudkan dengan chace ini? Apakah fungsinya untuk aplikasi dan situs web?

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan dengan lengkap, sekaligus dengan memberikan contoh cara menghapus cache pada mozilla firefox dan google chrome.

Apa saja yang harus diketahui tentang clear cache? Berikut ini penjelasan segala hal terkait clear cache yang penting untuk Anda ketahui.

Apa Itu Cache

Dalam sebuah browser layaknya Google Chrome dan Mozilla Firefox, untuk menjalankan tiap kegiatannya selalu membutuhkan memori.

Memori ini nantinya memungkinkan browser untuk melakukan penerimaan data dari server yang tersedia. Nah, cache merupakan bagian dari memori tersebut.

Cache kerap disebut sebagai sebuah memori sementara, yang nantinya akan membantu browser untuk menjalankan setiap programnya.

Bayangkan saja seperti ini, jika anda membuka browser dan mengetikkan sesuatu, maka ketika browser tersebut bekerja, ia akan menerima informasi terkait teks, gambar, dan lain-lain.

Informasi ini kemudian diletakkan di sebuah memori sementara, yang berfungsi untuk membantu browser untuk lebih cepat menerima dan menampilkan hasil informasi yang didapatkan.

Misalnya saja jika anda mencoba untuk masuk ke laman Facebook, lalu nantinya akan melakukan log in dengan memasukkan data-data diri anda.

Nah, nantinya cache akan tersimpan di sana, sehingga kedepannya jika anda melakukan aktifitas yang sama, maka situs Facebook tersebut sudah menyimpannya, sehingga aksesnya akan jadi lebih mudah juga.

Memori inilah yang kemudian disebut sebagai cache. Karena itulah istilah clear cache merujuk pada sebuah proses menghapus memori sementara ini.

Apakah chace ini dibutuhkan oleh sebuah browser? Jawabannya adalah iya.

Cache berfungsi untuk membuat browser agar bisa bekerja lebih cepat, baik itu untuk masalah loading informasi, maupun proses pengiriman, dan lain-lain.

Karena itulah kemudian ada teknologi yang dinamakan sebagai caching, yang secara khusus digunakan sebagai loading booster bagi sebuah browser.

Namun, walaupun cache umumnya berfungsi sebagai sebuah booster, jika cache yang tersimpan pada sebuah browser terlalu besar maka nantinya akan menghabiskan memori internal yang ada di sebuah gadget.

Oleh sebab itu, menghapus cache sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin dan berkala, untuk menghindari gadget yang lemot.

Lalu ada berapa jenis cache yang ada saat ini? Jika membicarakan mengenai jenis-jenis cache, secara umum dibedakan menjadi 2, yaitu client side caching serta server side caching.

Client side caching ini yang biasanya ada di browser pengguna seperti anda saat ini.

Dan nantinya server side caching akan berupa memori sementara pada server atau sumber data.

Cara Clear Cache Chrome

Bagi anda yang ingin melakukan clear cache pada Google Chrome, caranya sangat mudah.

Cukup masuk ke laman utama Google Chrome, lalu pilih menu setting atau pengaturan yang ada di pojok kanan atas.

Nantinya di sana anda akan menemukan sub menu more tools, yang akan mengantarkan anda pada pilihan clear browsing data.

Kemudian akan muncul pilihan menghapus data browser yang basic atau advanced.

Clear Cache Chrome
Clear Cache Chrome

Pada pilihan basic nantinya anda akan menemukan pilihan untuk menghapus cache, cookie, atau seluruh data yang ada, dengan interval waktu tertentu.

Apakah anda ingin menghapus untuk data selama sejam yang lalu, atau untuk 24 jam terakhir, lalu untuk satu minggu atau untuk satu bulan.

Nantinya tinggal anda pilih saja, dan pilih clear data. Nah, maka proses menghapus cache anda sudah lengkap.

Baca juga : Menjaga Keamanan Pada Website

Cara Clear Cache Mozila

Pada Mozilla, caranya bisa anda mulai dengan memilih menu pengaturan yang juga berada pada sisi kanan atas browser tersebut.

Nantinya anda akan menemukan sub menu library, lalu pilih sub menu history.

Setelah itu pilihlah sub clear recent history, dan anda akan menemukan menu yang mirip dengan yang ada pada google chrome tadi, yaitu terdapat pilihan untuk menghapus semua jejak pencarian, data-data log in, sisa pencarian menggunakan keyword, data cookies, dan pastinya data cache.

Clear Cache Mozilla
Clear Cache Mozilla

Setelah memilih, barulah anda akan menentukan ingin melakukan clear cache untuk interval waktu yang mana, apakah untuk sejam, dua jam, empat jam, satu hari, atau mungkin sejak awal penggunaan.

Lalu setelah ditentukan, klik clear now. Dengan ini maka tahapan clear cache pada Mozilla firefox sudah dilakukan.

Jadi itulah beberapa penjelasan umum mengenai pengertian cache, fungsinya, dan pentingnya melakukan clear cache, serta contoh cara pengaplikasiannya pada browser Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Untuk pengamanan tambahan pada website, Kami memiliki rekomendasi untuk menggunakan layanan SSL yang memungkinkan pengiriman data dari server kepada client dan sebaliknya berjalan dengan aman.

Cukup dengan biaya mulai dari 150.000/tahun Anda sudah bisa mendapatkan domain validation SSL dari GudangSSL.id, tunggu apalagi amankan websitemu sekarang dengan SSL.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *