Panduan Validasi SSL

Panduan ini hanya mencakup untuk produk SSL Certificates dari Symantec, GeoTrust, Thawte, dan RapidSSL, dan Sectigo. Apabila terdapat produk diluar dari yang disebutkan, silahkan untuk dapat memeriksa dan memastikan langsung dari otoritas sertifikat (CA) yang dimaksud.

Proses verifikasi dan validasi untuk Sertifikat SSL Ketika akan melakukan pemesanan Sertifikat SSL di GudangSSL, Anda tentu akan melihat informasi tentang jenis validasi dihalaman ini:

Anda dapat menemukan informasi jenis Validasi yang dimiliki oleh setiap produk SSL Certificates. Petunjuk yang terdapat di bawah ini adalah panduan yang akan membantu Anda dalam mendapatkan Sertifikat SSL.

Setiap pembelian SSL Certificates, harus melewati proses verifikasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan SSL Certificates Anda. Hal ini diperlukan oleh Otoritas Sertifikat (CA) dalam membuktikan kebenaran dan keabsahan pemesan SSL Certificates.

Untuk itu, ada baiknya sebelum melakukan pembelian atau pemesanan SSL Certificate Anda telah mengetahui jenis validasi dari produk SSL Certificate yang ingin Anda dapatkan. Sehingga Anda dapat mempunyai gambaran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan SSL Certificates.

Jenis validasi yang terdapat pada SSL Certificate berdasarkan tingkatan validasi, diantaranya :

Domain Validation (DV) atau validasi domain adalah proses verifikasi terendah ketika melakukan verifikasi yang berguna untuk memastikan bahwa pemesan Sertifikat SSL adalah benar sebagai pemilik domain atau setidaknya dapat mengelola domain yang telah didaftarkan pada Sertifikat SSL.

Validasi terhadap domain akan dibutuhkan untuk setiap produk Sertifikat SSL, baik ketika melakukan pemesanan terhadap Sertifikat SSL jenis Organization Validation (OV) maupun jenis Extended Validation (EV).

Organization Validation (OV) atau validasi terhadap organisasi pemesan sertifikat SSL merupakan proses validasi tingkat menengah yang akan melakukan verifikasi terhadap domain dan identitas pemesan Sertifikat SSL sebagai sebuah organisasi maupun perusahaan. Proses verifikasi jenis OV ini membutuhkan beberapa dokumen pendukung seperti dokumen lisensi organisasi untuk membuktikan nama organisasi telah sesuai dengan nama yang telah didaftarkan ketika melakukan pemesanan SSL, serta beberapa dokumen pendukung lainnya seperti Billing telepon atau Internet atau, maupun bank account statement, yang bertujuan untuk memastikan bahwa alamat yang didaftarkan telah sesuai dan juga memberikan informasi tambahan kepada otoritas sertifikat bahwa organisasi yang didaftarkan oleh pemesan telah menjalankan operasional organisasi atau perusahaan. Dan proses terakhir dari verifikasi adalah melakukan verifikasi terhadap no. telepon dengan menghubungi pemesan Sertifikat SSL melalui telepon sesuai dengan no. telepon yang telah di daftarkan pada Sertifikat SSL

Extended Validation (EV) merupakan proses validasi tertinggi dari sebuah SSL Certificates. Proses validasi jenis EV membutuhkan verifikasi terhadap validasi pada domain, validasi terhadap perusahaan dan verifikasi terakhir melalui telepon.

Ketika memilih produk SSL Certificates jenis Extended Validation (EV), pemesan diharapkan adalah organisasi atau perusahaan yang dapat menyertakan dokumen legal serta identitas lainnya yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk proses verifikasi jenis Extended Validation (EV). Dokumen yang dibutuhkan adalah dokumen legal yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun lembaga hukum yang diakui keabsahaan hukumnya di negara pemesan Sertifikat SSL.

Tim kami akan membantu anda dalam proses validasi SSL, pastikan nomor telepon dan alamat email anda valid dan aktif

Dokumen yang dibutuhkan untuk validasi SSL Certififcate sesuai dengan jenis validasinya :

  1. Domain Validation: Approver Email

  2. Organization/Extended Validation: Organization Name, Physical Address, Telephone Name & Verification Call