Jordy Prayoga Jordy loves to learn anything about SEO, digital marketing, and content writing on his mission to help people understand in the most simplest way. During his free time, he turns to be a mountain hiker.

UGC (User Generated Content): Kenali Pengertian & Manfaatnya

3 min read

UGC ADALAH

UGC adalah kependekan dari user generated content, yang dapat digunakan oleh pengguna sebagai penentu keputusan ketika akan membeli sebuah produk.

Biasanya, calon pembeli ini akan melihat apakah produk benar-benar sesuai dengan kebutuhannya dan kualitas yang dimiliki juga tinggi, maka dari itu, UGC adalah konten yang sangat penting bagi mereka.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan UGC dan apa saja manfaat UGC bagi bisnis?

Temukan jawabannya pada artikel berikut ini ya, GudPeople.

Apa Itu UGC?

UGC adalah sebuah konten yang merujuk pada produk atau layanan yang dibuat oleh pengguna dan umumnya diunggah di media sosial atau platform lainnya.

Dikenal juga dengan consumer generated content, konten jenis ini memang dibuat secara sukarela, dan umumnya berbentuk review, testimoni, podcast, dan sebagainya.

Pasti Anda juga pernah melihat saat membuka media sosial atau platform lainnya, ada orang yang membuat postingan dan isinya membahas tentang sebuah brand.

Tak hanya itu, terkadang mereka juga menyebut (mention/tag) brand terkait pada postingannya.

Secara tidak langsung, akan ada banyak orang yang awalnya belum tahu produk tersebut menjadi kenal dan mungkin tertarik untuk memilikinya.

Namun, Anda harus tahu bahwa endorsement dan UGC adalah dua hal yang sangat berbeda.

Jika endorsement merupakan konten yang dibuat atas kerja sama antara brand dan pembuat konten (biasa disebut dengan influencer).

Sementara UGC adalah konten yang dibuat karena memang murni dari keinginan pengguna itu sendiri.

Sampai di sini, kami harap Anda sudah paham tentang apa itu user generated content, ya.

Pasti Anda juga bertanya-tanya, mengapa pengguna mau membuat konten-konten yang berkaitan dengan produk dari sebuah brand padahal tidak dibayar sekalipun.

Baca Juga: Pelajari Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis

Mengapa Pengguna Bersedia?

Alasan paling masuk akal adalah karena pengguna adalah penggemar dari suatu brand dan telah mengikuti dari lama.

Sehingga tidak heran apabila saat brand mengeluarkan produk baru, pengguna sangat antusias dan melampiaskannya dengan membuat postingan tentang brand itu.

Lagipula, konten UGC biasanya lebih terlihat asli dan alami dibanding konten yang dibuat oleh influencer.

Namun, bukan berarti semua konten buatan influencer itu tidak asli, hanya saja beberapa orang yang melihatnya merasa bahwa influencer belum tentu pernah menggunakan produk yang di-review.

Selain itu, terdapat beberapa orang yang memang memiliki sebuah platform yang berisi review produk-produk dari brand tertentu, misalnya bentuk kontennya adalah artikel blog atau video unboxing dan review.

Jenis-Jenis UGC

Bentuk konten UGC yang dibuat oleh pengguna sangat beragam, tetapi semua itu merujuk pada tiga jenis utama konten UGC.

  • UGC Visual

Jenis user generated content yang pertama adalah visual, dan dapat berbentuk gambar maupun video.

Biasanya, pengguna mengunggah konten UGC visual ini ke media sosial seperti Instagram maupun TikTok.

Tak lupa, mereka biasanya juga akan menambahkan hashtag tentang brand yang tersebut.

  • UGC Testimonial & Komentar

UGC testimonial biasanya akan muncul setelah pengguna baru saja menerima produk, atau saat pengguna menceritakan pengalaman bersama produk tersebut.

Platform yang umumnya dipakai untuk UGC testimoni adalah Facebook dan Twitter.

Selain itu, bentuk UGC komentar yang dilakukan yaitu misalnya dengan mengomentari positif postingan pada unggahan media sosial brand sebagai bentuk marketing.

  • UGC Review

Review adalah hal penentu yang bisa saja menggagalkan keputusan calon pelanggan.

Pasalnya, sebagian besar bahkan semua orang pasti akan melihat review sebuah produk sebelum membeli, terlebih jika belum pernah membeli sebelumnya.

UGC jenis ini biasanya juga tersedia di bagian tampilan utama menu produk, dengan format bintang 1-5.

Baca Juga: +10 Ide Usaha Kekinian yang Menjanjikan Keuntungan dengan Modal Minim

Manfaat UGC bagi Bisnis

Meski terlihat sederhana, ternyata UGC memiliki pengaruh dan manfaat yang sangat besar bagi brand.

Berikut manfaat UGC bagi bisnis yang wajib Anda ketahui.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Karena media sosial dan platform seperti website dan blog sangat terbuka, maka setiap konten UGC yang diunggah dapat dilihat oleh banyak orang.

Semakin banyak dan semakin sering pengguna membuat konten UGC, brand awareness juga pasti meningkat.

2. Meningkatkan Kepercayaan

UGC mampu meningkatkan kepercayaan audiens karena mereka menganggap bahwa ketika brand mempromosikan produknya terlalu berlebihan dan tanpa bukti nyata.

Maka dari itu, UGC yang notabene dibuat oleh orang yang pernah menggunakannya lebih dipercaya karena telah membuktikan kelebihan dan kekurangannya secara obyektif.

Selain itu, pengalaman orang-orang juga dapat memperkuat kepercayaan terhadap brand, karena 92% orang-orang (konsumen) lebih percaya UGC dibanding iklan.

3. Menghemat Biaya Pemasaran

Setiap brand yang mempromosikan produknya pasti sudah menyiapkan budget untuk marketing yang tentunya tidak sedikit.

Tetapi dengan adanya UGC, brand dapat mengurangi biaya marketing karena UGC sudah termasuk dalam bentuk mempromosikan, bahkan terbukti lebih efektif.

Perlu Anda ketahui, untuk memasang iklan misalnya di media sosial atau konvensional biayanya cukup tinggi, ditambah lagi dengan memiliki brand ambassador.

4. Meringankan Beban Content Marketing

Content marketing memiliki tugas untuk menciptakan konten-konten yang menarik pada semua platform yang bisa mencapai audiens.

Selain itu, pembuatan konten juga sebaiknya dilakukan secara terstruktur, tetapi tidak mudah untuk membuat konten yang demikian.

UGC visual setidaknya dapat meringankan content marketing dan memanfaatkan postingan pengguna untuk diposting ulang, tentu dengan meminta izin terlebih dahulu.

Strategi semacam ini sudah diadopsi oleh berbagai brand besar, dan merupakan salah satu cara efektif untuk mempererat hubungan brand dengan audiens.

Baca Juga: Panduan Belajar Digital Marketing Termudah untuk Bisnis

Penutup

UGC adalah aspek yang sangat penting bagi sebuah brand untuk terus eksis, serta penting untuk calon pelanggan sebelum memutuskan membeli suatu produk atau layanan.

Bisa dibilang, UGC adalah bentuk modern dari word of mouth dan dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda.

Untuk mendapatkan feedback berupa konten UGC yang positif, pastikan brand Anda juga benar-benar memprioritaskan kualitas produk, bukan hanya iklan yang berlebihan ya, GudPeople.

Oh iya, Anda bisa mempelajari artikel lainnya tentang digital marketing, dan keamanan website serta internet hanya di blog Gudang SSL.

Gudang SSL adalah penyedia sertifikat SSL murah berkualitas yang siap membantu mengamankan website Anda dari pencurian data.

Demikianlah pembahasan mengenai user generated content beserta manfaatnya, semoga dapat menambah wawasan Anda seputar bisnis dan marketing.

Jordy Prayoga Jordy loves to learn anything about SEO, digital marketing, and content writing on his mission to help people understand in the most simplest way. During his free time, he turns to be a mountain hiker.