Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Tips Kuliah Online dengan Aman dan Nyaman

3 min read

Tips Kuliah Online Dengan Aman

Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang ada, banyak hal bisa dilakukan secara online, salah satunya adalah kuliah online.

Jika beberapa waktu lalu kuliah bersifat konvensional atau harus tatap muka dengan dosen di kampus, maka saat ini bisa dilakukan secara online atau daring dalam jaringan.

Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai kuliah secara online, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Kuliah Online

Sesuai sebutannya, kuliah online merupakan kegiatan perkuliahan yang sepenuhnya dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan).

Untuk melaksanakan proses perkuliahan, antara mahasiswa dengan dosen harus membuat kesepakatan terlebih dahulu terkait waktu pelaksanaan.

Dahulu untuk mendapatkan ijazah, kuliah diharuskan datang ke kampus untuk mendapat pembelajaran dari dosen.

Namun, saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi, karena mahasiswa dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara online.

Kuliah online di Indonesia juga menjadi solusi bagi para mahasiswa atau pekerja dengan mobilitas tinggi untuk tetap mengenyam pendidikan.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa kampus yang menyediakan kuliah online dengan biaya yang terjangkau.

Kampus yang menyediakan program kuliah secara online yaitu Universitas Bina Nusantara, Universitas Terbuka, Universitas Al-Azhar Indonesia, Institut Teknologi Harapan Bangsa, London School of Public Relations (LSPR), dan masih banyak lagi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Amerika Serikat, perolehan nilai akademis dari kegiatan perkuliahan secara online dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang berkuliah secara konvensional.

Hal ini dikarenakan mahasiswa memiliki pengetahuan teknologi yang selangkah lebih maju dan lebih mudah menerima berbagai macam perubahan.

Mahasiswa yang melakukan perkuliahan secara online mau tidak mau harus terbiasa menggunakan berbagai software dan aplikasi penunjang perkuliahan, seperti email, ePortfolio, discussion board, dan lain sebagainya.

Mereka juga harus terbiasa menggunakan berbagai macam teknologi seperti webinar, social networking, atau podcast untuk melakukan tatap muka dengan dosen secara online.

Tips Mengikuti Kuliah Online

Bagi Anda yang mengikuti program kuliah secara online, ada beberapa tips kuliah online yang bisa dilakukan agar kegiatan dapat berjalan efektif.

  1. Buat Jadwal dan Pengingat

Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari, segala aktivitas di rumah tetap bisa terorganisir dengan baik termasuk kegiatan perkuliahan secara online.

Anda juga bisa membuat reminder atau pengingat yang berkaitan dengan deadline tugas agar tidak lupa dan bisa diselesaikan tepat waktu.

Dengan membuat jadwal dan reminder, Anda bisa mengatur waktu antara kegiatan kuliah dengan aktivitas lain.

  1. Selalu Update Informasi Kegiatan Perkuliahan

Karena bersifat online dan mengandalkan gadget, Anda harus update mengenai segala informasi yang disampaikan dosen.

Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan informasi tentang materi baru dan tugas yang diberikan oleh dosen melalui grup kelas atau situs online lainnya.

Hal ini juga bertujuan agar Anda bisa menyelesaikan tugas dari dosen dengan tepat waktu atau sesuai deadline.

  1. Pilih Tempat yang Nyaman dan Kondusif

Agar kegiatan perkuliahan online dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan, Anda bisa memilih tempat yang nyaman dan kondusif.

Pilihlah tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan, agar Anda bisa lebih fokus dan bisa berkonsentrasi dengan baik.

Jauhkan diri dari kasur atau tempat tidur untuk menghindari godaan untuk rebahan atau mata mengantuk.

  1. Jangan Malas Membuat Catatan Materi

Untuk memperdalam pemahaman, biasakan diri Anda untuk mencatat materi baik sebelum maupun saat kegiatan perkuliahan online berlangsung.

Hal ini bertujuan agar Anda memiliki gambaran mengenai materi yang dibahas, sehingga penjelasan dari dosen lebih mudah diterima dan dipahami.

Catatan materi juga akan mempermudah Anda untuk mengingat dan mempelajarinya kembali.

  1. Memaksimalkan Waktu

Ketika kegiatan perkuliahan online sedang berlangsung, Anda harus fokus pada materi yang disampaikan.

Jika perlu, Anda bisa merekamnya untuk memperkuat pemahaman materi. Penggunaan waktu perkuliahan secara maksimal, Anda bisa lebih efektif dalam belajar materi.

Jika ada materi yang masih belum dipahami dengan baik, Anda bisa menanyakannya kepada dosen pengajar.

Baca juga : Rekomendasi Kerja Online Terbaik Saat Ini

Aplikasi Pendukung Kuliah Online

Kegiatan perkuliahan secara online memang tidak bisa lepas dari gadget dan jaringan internet.

Berikut ini merupakan aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk memperlancar kegiatan perkuliahan secara online.

  1. Zoom
Zoom
Zoom

Aplikasi ini banyak digunakan karena mudah dan dilengkapi fasilitas yang mumpuni. Zoom bisa diakses meski dengan jaringan internet 3G dan tidak boros kuota.

Karena hanya bisa digunakan pada smartphone, penggunaan Zoom menjadi lebih fleksibel dengan kualitas video yang baik.

  1. Hangout

Hangout merupakan aplikasi bawaan Google yang banyak digunakan untuk melangsungkan kegiatan perkuliahan secara online.

Aplikasi ini juga bisa digunakan di semua perangkat, baik desktop maupun smartphone.

Hangout juga memiliki tampilan user interface dan bisa video call sambil chatting, sehingga memudahkan mahasiswa untuk berdiskusi

  1. Skype
Skype
Skype

Aplikasi yang satu ini juga tidak kalah populer untuk melakukan kegiatan perkuliahan online karena memiliki kualitas suara yang baik, perlindungan privasi yang aman, dan bisa digunakan oleh 70 pengguna sekaligus.

Tips Kuliah Online yang Aman

Agar kuliah online bisa berjalan dengan aman dan lancar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa tips untuk kuliah online yang aman:

1. Gunakan koneksi internet yang aman

Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang aman dan tepercaya. Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak terlindungi, karena dapat meningkatkan risiko keamanan.

2. Gunakan perangkat yang aman

Pastikan perangkat yang Anda gunakan untuk kuliah online memiliki perangkat aplikasi keamanan terbaru dan update.

3. Gunakan aplikasi resmi

Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi resmi dan didownload dari sumber yang tepercaya.

Hindari download aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, karena dapat mengandung malware dan program berbahaya lainnya.

4. Lindungi informasi pribadi

Jaga kerahasiaan informasi pribadi Anda saat berkomunikasi dalam kuliah online.

Hindari memberikan informasi pribadi yang sensitif kepada siapa pun kecuali jika diperlukan dan jika Anda yakin akan keamanannya.

5. Gunakan sandi yang kuat

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun kuliah online Anda. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol untuk meningkatkan kekuatan kata sandi Anda.

Manfaatkan fitur keamanan yang seperti otentikasi dua faktor (2FA)

6. Waspadai serangan phishing

Jaga-jaga terhadap serangan phishing yang mencoba mencuri informasi pribadi atau login Anda.

Jangan mengklik tautan yang mencurigakan atau memberikan informasi pribadi kepada seseorang yang Anda tidak kenal melalui email, pesan, atau tautan yang tidak terverifikasi.

Apakah kuliah online rentan terhadap serangan peretas?

Benar, Meskipun platform kuliah online memiliki lapisan keamanan yang kuat, tidak ada sistem yang benar-benar kuat terhadap serangan peretas.

Namun, penyedia layanan berusaha untuk menjaga keamanan dan sering melakukan pembaruan keamanan untuk melindungi pengguna.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan saat kuliah online dan melindungi diri Anda dari ancaman keamanan.

Kini Anda menjadi lebih paham mengenai kegiatan perkuliahan online secara lebih jelas, bukan?

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, namun ingin mengenyam pendidikan, serta memperoleh ijazah untuk upgrade kemampuan diri, kuliah online bisa menjadi solusi dan dan pilihan yang tepat.

Pastikan saat kuliah online berlangsung, semua website yang digunakan sudah menggunakan layanan keamanan SSL.

SSL memungkinkan enkripsi dari server dan client sehingga tercipta koneksi yang aman antar keduanya. Dengan koneksi aman proses belajar kuliah online bisa berjalan dengan nyaman.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *