Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi

Pelajari Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis

4 min read

Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran yang dilakukan melalui platform digital dan online.

Bagi yang belum tahu, Digital marketing adalah sebuah pemanfaatan media digital atau online sebagai media pemasaran produk. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa belajar digital marketing dari awal.

Terkadang para pebisnis yang memasarkan produknya melalui media online merasa bahwa digital marketing justru menyulitkan mereka, padahal mereka belum menerapkan beberapa strategi digital marketing yang sesuai dengan produk dan pelanggan mereka.

Hal itulah yang menjadi anggapan mereka bahwa digital marketing masih belum efektif.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini adalah era di mana digitalisasi berkembang di semua bidang, tak terkecuali pemasaran.

Banyak calon pelanggan Anda yang setiap harinya beraktivitas secara online, dan itulah yang harus Anda manfaatkan.

Untuk itu, kami akan memberikan informasi mengenai strategi digital marketing yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Baca hingga akhir ya, GudPeople.

Pentingnya Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing adalah sebuah rencana yang dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan tertentu, dalam hal ini adalah tujuan pemasaran Anda, melalui berbagai saluran digital marketing.

Memulai digital marketing tanpa strategi sama halnya ketika Anda mengunjungi sebuah kota besar tanpa bantuan penunjuk arah.

Anda memang akan melihat banyak jalan, tetapi Anda akan kebingungan harus melewati jalan mana saja untuk mencapai tujuan akhir.

Dengan strategi digital marketing, Anda akan dapat menentukan ‘jalan’ mana yang harus dilewati, bahkan akan ditunjukkan melalui ‘jalan’ yang menuntun Anda cepat sampai tujuan.

Namun, sebelum memulai menerapkan strategi digital marketing, paling tidak Anda sebaiknya memiliki persiapan dasar untuk dapat hadir di dunia online seperti profil media sosial, website, konten gambar dan video, postingan blog dan ebook, dan logo merek.

Persiapan dasar ini dapat dijadikan sebagai branding merek Anda saat pertama kali memiliki online presence hingga menuju pada tujuan pemasaran Anda.

Baca Juga: Memilih Media Iklan Terbaik Untuk Bisnis Saat Ini

Strategi Digital Marketing Terbaik

Sebagai tambahan, menurut laporan brandwatch, pada tahun 2019 total jumlah penduduk dunia kurang lebih sebanyak 7,8 miliar, dan pengguna internet terhitung kurang lebih sebanyak 4,54 miliar orang.

Itu adalah angka yang sangat fantastis di mana separuh dari penduduk dunia menggunakan internet.

Tidak mengherankan mengapa digital marketing sangat relevan pada saat ini karena dapat menjangkau pelanggan dari jarak jauh.

Dalam penerapan strateginya, terdapat delapan jenis platform yang dapat Anda manfaatkan untuk digital marketing, yaitu media sosial, influencer marketing, content marketing, email, search engine optimization, pay-per-click, dan affiliate.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya silakan simak di bawah ini.

1. Social Media Marketing

social media

Brandwatch melaporkan bahwa pengguna media sosial di seluruh dunia memiliki banyak pengguna, yakni sebanyak 3,7 miliar, dan rata-rata pengguna memiliki delapan akun media sosial.

Aktivitas penggunaan media sosial perhari jika dihitung rata-rata adalah sebanyak 142 menit.

Media sosial yang sangat populer di dunia adalah Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan masih banyak lagi.

Pebisnis dapat menggunakan strategi melalui media sosial untuk meraih peluang dalam berbagai cara.

Pertama, tim marketing dapat menggunakan setiap platform media sosial untuk mendistribusikan iklan berbayar dan konten bersponsor, sehingga dapat menjangkau orang-orang yang ditargetkan melalui iklan tersebut.

Semua platform media sosial mampu mendukung tim marketing dalam memasarkan produknya melalui media sosial, yaitu dengan cara menargetkan lokasi, posisi pekerjaan, minat, dan sebagainya.

Dengan demikian, konten akan muncul hanya kepada orang-orang yang ‘tepat’.

Menggunakan media sosial merupakan strategi digital marketing yang tepat untuk mempromosikan produk Anda secara organik kepada orang lain, atau menjalin kedekatan dengan pelanggan Anda.

Kedua, media sosial juga dapat dijadikan sebagai branding bisnis Anda, memungkinkan brand Anda dapat dilihat sebagai siapa dan bagaimana oleh pelanggan.

2. Influencer Marketing

Menggunakan jasa influencer dalam memasarkan produk merupakan cara alternatif yang juga efektif.

Brand dapat bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki ahli sesuai bidangnya, dan yang paling penting adalah memiliki pengaruh besar.

Dengan kerjasama seperti ini, penggemar atau follower yang dimiliki oleh influencer dapat Anda ‘tarik’ untuk mengenal, atau bahkan membeli produk Anda.

Misalnya ada seorang influencer bernama David dan GadgetIn yang berkolaborasi dengan Tokopedia, dan sebagainya.

Dilansir dari Adweek, bahwa satu dari dua wanita melakukan pembelian karena terpengaruh dari postingan influencer.

3. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat menjalin hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda.

Cara penerapannya adalah dengan mengirimkan email yang berisi promo, diskon, atau newsletter gratis.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan promo berdasarkan transaksi terakhir yang telah dilakukan, misalnya gratis ongkir, dan sebagainya, sehingga dapat terjadi konversi setelah Anda mengirim email.

Namun, jangan terlalu sering mengirimkan email marketing yang hanya berujung pada spam email.

Kemungkinan yang buruk adalah pelanggan Anda tidak lagi tertarik dengan promosi yang Anda lakukan dan melakukan unsubscribe email dari Anda.

4. Content Marketing

Content marketing lebih difokuskan untuk distribusi konten yang sudah direncanakan oleh seorang content planner.

Tim marketing harus merancang konten yang informatif, menarik, dan tidak berbelit-belit.

Konten yang dibuat juga harus merepresentasikan brand Anda agar para audiens tertarik dan akhirnya melakukan conversion.

Biasanya konten-konten ini berbentuk postingan Instagram, artikel blog, ebook, dan lain-lain.

5. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan SEO ini juga merupakan strategi yang sangat penting.

Brandwatch mencatat bahwa terdapat sebanyak seratus miliar pencarian yang dilakukan pengguna di Google, untuk rata-rata per detiknya adalah sebanyak empat puluh ribu pencarian.

Dengan angka sebesar itu, akan sangat tepat bila bisnis Anda memiliki website untuk memasarkan produk.

Namun, pasti banyak sekali kompetitor Anda yang juga memiliki website dan bahkan posisi website mereka pada SERP di atas Anda.

Audiens akan mengklik website yang muncul di peringkat atas sebelum mereka membuka website lainnya.

Agar website Anda bisa mengungguli kompetitor, caranya adalah dengan menerapkan optimasi search engine menggunakan teknik SEO On Page dan Off Page.

Perlu Anda perhatikan sebelum menerapkan SEO, website Anda sudah harus memiliki protokol HTTPS, karena HTTPS memiliki pengaruh besar dalam SEO.

Anda bisa membeli sertifikat SSL murah dari Gudang SSL untuk mendapatkan protokol HTTPS pada website.

Sertifikat SSL kini dijadikan parameter keamanan sebuah website, dan SEO akan dapat maksimal apabila website Anda sudah aman (terpasang SSL). Fungsi HTTPS Untuk SEO, Apakah Ada Pengaruhnya?

6. Pay-Per-Click

Pay-per-click (PPC) adalah bentuk iklan berbayar yang memungkinkan tim marketing untuk dapat ‘membeli’ traffic suatu website yang diinginkan.

Biasanya pengiklan akan memasang iklan tepat di bagian SERP (search engine result page) seperti Google, Bing, dan akan membayar ketika iklan tersebut diklik oleh pengunjung website.

Untuk biaya beriklan PPC ini akan ditentukan dari keyword yang ingin ditargetkan, misalnya Anda berjualan jersey timnas Indonesia, maka Anda harus melakukan riset biaya PPC untuk keyword jersey timnas Indonesia.

Nantinya ketika orang-orang mengetikkan di Google “jersey timnas Indonesia” maka iklan Anda akan muncul di urutan paling atas mesin pencarian/SERP.

Sedangkan PPC jenis lainnya adalah memasang iklan banner pada halaman website orang lain yang relevan dengan produk Anda, dan tarifnya akan ditentukan oleh pemilik website tersebut.

7. Affiliate Marketing

Strategi yang satu ini hampir serupa dengan program referral, yaitu dengan bekerja sama dengan pihak luar agar mereka mempromosikan produk Anda melalui persetujuan yang dipakati kedua pihak sebelumnya.

Kemudian setiap transaksi yang dihasilkan oleh promosi pihak luar tersebut bisa Anda tukar dengan komisi sejumlah uang atau yang sesuai dengan persetujuan sebelumnya.

Afiliasi atau affiliate marketing cukup efektif untuk memotong biaya promosi, tetapi di sisi lain Anda menaruh reputasi sebuah brand kepada tangan orang lain.

Strategi ini memang harus dipantau secara ekstra agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan Anda selaku pemilik brand.

Kesimpulan

Menerapkan strategi digital marketing dengan baik adalah kunci keberhasilan dalam sebuah tujuan pemasaran bisnis.

Karena strategi adalah sebuah rencana dan termasuk hal dasar yang sudah harus Anda tentukan agar arah menuju tujuan dapat dicapai sesuai target.

Sehingga sebelum produk Anda dipasarkan secara online, Anda perlu mempelajari strategi dan menerapkannya supaya anggaran pemasaran yang Anda tetapkan tidak terbuang sia-sia karena pemasaran yang tidak efektif.

Semoga Anda sekarang lebih paham tentang strategi digital marketing setelah membaca artikel ini, terima kasih.

Kunjungi Gudang SSL untuk melihat produk-produk SSL murah dari kami.

Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi