Perbedaan Blog dan Website Beserta Keuntungannya

4 min read

perbedaan blog dan website

Terkadang perbedaan blog dan website membuat banyak orang yang belum tahu seringkali bingung untuk mendefinisikan arti keduanya.

Tidak mengherankan apabila hal itu terjadi, karena jika melihat secara keseluruhan, blog dan website memang terlihat sama yaitu sebuah halaman situs dengan konten yang ada berupa artikel.

Meski tidak memiliki banyak perbedaan dan sekilas hampir sama, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Jika Anda ingin membuat blog atau website tetapi belum mengetahui perbedaannya, artikel kali ini akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan blog dan website.

Pengertian Blog dan Website

Anda perlu mengetahui pengertian antara keduanya, dengan mengetahui pengertiannya akan membuka ‘jalan’ pembahasan kepada perbedaan aspek lainnya.

Blog: Blog adalah kepanjangan dari weblog atau web log, yang merupakan sebuah situs online yang bersifat informal (tidak resmi), di mana setiap individu atau kelompok memberikan informasi catatan aktivitas, pengetahuan, opini, kepercayaan, maupun hobinya.

Website: website adalah kumpulan halaman yang saling berkaitan dalam satu domain, website umumnya dikelola oleh individu hingga perusahaan.

Konten yang dimuat pada website biasanya dikelola secara formal berupa berita, edukasi, marketplace, forum, dan sebagainya.

Dari dua kedua pengertian di atas, apakah Anda sudah memahami perbedaan blog dan website? Pada dasarnya blog adalah bagian dari website.

Hal dasar yang membedakan keduanya adalah terletak pada intensitas pembaruan konten, jika konten blog diperbarui secara rutin, website lebih jarang untuk melakukan pembaruan konten misalnya berupa artikel.

Seperti yang Anda baca sekarang ini adalah konten artikel dari blog Gudang SSL, sedangkan website Gudang SSL lebih ditujukan untuk menampilkan produk SSL murah.

Perbedaan Blog dan Website

Aspek lain yang membuat blog dan website berbeda adalah sebagai berikut.

1. Jenis Konten

Pada poin sebelumnya sudah menyinggung sedikit mengenai perbedaan dasar yaitu intensitas pembaruan konten, selain itu jenis konten antara blog dan website juga berbeda.

Karena blog bersifat informal, pemiliknya bisa membuat berbagai jenis konten yang ia sukai, ia juga dapat membuat konten blog yang hanya terfokus pada satu tema saja, misalnya tema wisata.

Sementara untuk konten pada website lebih mengarah pada edukasi mengenai produk dan layanan yang ditawarkan.

2. Umpan Balik Komunikasi

Umumnya, blog menyediakan kolom komentar pada setiap halaman/kontennya untuk menjadi sarana diskusi dan membantu pengunjung blog yang mengalami kesulitan atau kebingungan.

Admin blog akan dapat membalas pesan tersebut dan terjadilah komunikasi dua arah.

Sedangkan pada website tidak menyediakan kolom komentar seperti pada blog, karena sifatnya hanya satu arah saja.

3. Pemilihan Platform

untuk membuat blog, Anda bisa memilih Content Management System (CMS) seperti WordPress dan Joomla.

Sedangkan untuk website misalnya untuk marketplace, Anda bisa menggunakan CMS WooCommerce Prestashop, selain itu Anda juga bisa membuat website menggunakan coding atau page builder.

Jangan lupa untuk menambahkan sistem payment gateway agar mempermudah pengunjung Anda dalam melakukan pembayaran.

Mengingat website adalah representasi dari perusahaan, tidak semua CMS memiliki tema atau tampilan yang sesuai dengan yang diinginkan, sehingga coding dapat memberikan solusi.

4. Gaya Bahasa

Kembali lagi pada pernyataan bahwa blog bersifat informal, sehingga bahasan yang kerap digunakan juga bisa informal, tergantung dari pemilik blog tersebut.

Penggunaan kata lo, gue, dan sebagainya sangat lazim ditemukan pada blog.

Berbeda dengan blog, website menggunakan bahasa yang formal untuk setiap konten yang ditampilkan.

Hal itu bukan menjadi sebuah kekurangan karena memang website bersifat formal.

5. Berlangganan

Terdapat blog yang menggunakan fitur langganan untuk membagikan konten terbaru dan meminta pengunjung untuk berlangganan.

Sementara website akan memberikan ‘hadiah’ kepada orang yang berlangganan dengan memberikan misalnya ebook atau newsletter yang berhubungan dengan product knowledge.

Mengapa memilih Blog?

Ada beberapa alasan utama mengapa orang-orang memilih blog daripada website:

  • Bisnis– blog sangat berguna untuk dijadikan sebagai media informatif mengenai produk dan layanan seperti tutorial maupun komparasi dengan kompetitor.
  • SEO– menggunakan blog dapat membantu Anda untuk meraih peringkat yang lebih baik pada mesin pencarian (Google). SEO mengacu pada optimasi kata kunci hingga backlink.
  • Berita/informasi– terdapat banyak sekali blog di internet yang menawarkan informasi penting dalam bentuk berita maupun ulasan fakta-fakta. Menambahkan berita pada blog juga membantu memperbarui konten dan meningkatkan kunjungan blog.
  • Terhubung dengan pengunjung– blog juga memungkinkan Anda dapat saling terhubung dengan pengunjung Anda, seperti saat mereka berkomentar dalam artikel Anda.
  • Sebagai portofolio– membuat portofolio pada website biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berkarir dalam dunia penulisan seperti penulis buku, content writer, dan sebagainya.
  • Menyalurkan hobi– blog juga dijadikan tempat untuk menyalurkan hobi para penulis, misalnya membuat puisi, cerita pendek, diary, dan aktivitas lainnya.

Keuntungan Memiliki Blog

Poin mengenai alasan memilih blog akan mengantarkan Anda kepada keuntungan memiliki blog, yaitu:

  1. Lebih mudah untuk menunjukkan kreativitas, skill, dan bakat Anda
  2. Memiliki wewenang penuh atas industri Anda sendiri
  3. Memiliki dapat menghasilkan uang jika dioptimasi dengan baik
  4. Dapat melakukan optimasi (SEO)
  5. Blog sangat populer, dan banyak organisasi/perusahaan yang menggunakan blog untuk mendapatkan customer baru ke website utama mereka

Mengapa Memilih Website?

Selain blog, inilah beberapa alasan yang membuat orang-orang akhirnya lebih memilih website:

  • Bisnis– Anda bisa membuat website bisnis dari skala kecil hingga besar, website dapat menyajikan informasi penting tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Digital marketing– semakin canggihnya teknologi, dampaknya sangat baik terhadap bidang lain seperti pemasaran, memilih website sebagai platform marketing adalah ide yang sangat baik.
  • Jaringan sosial dan profesional– di luar sana, banyak terdapat jaringan website yang membantu Anda dapat terhubung dengan orang-orang secara profesional maupun sosial. Anda bisa membuat website portofolio menggunakan website lowongan pekerjaan, hal itu bisa membantu karir profesional Anda ke depannya.
  • Berita/informasi– sama seperti blog, alasan membuat website adalah untuk membagikan informasi dan berita. Banyak orang yang menjadikan website sebagai rujukan untuk mencari informasi dan berita tentang hal yang mereka cari.
  • Forum/komunitas online– website forum diciptakan agar orang-orang akan terbantu dan mendapat banyak pelajaran dengan adanya forum, mereka juga dapat bertemu dengan orang baru.
  • Multimedia dan hiburan– hiburan sangat diperlukan oleh semua orang, cepatnya laju teknologi dan tingginya permintaan, website dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan dan multimedia.

Keuntungan Memiliki Website

Ada beberapa keuntungan yang juga akan Anda dapatkan saat sudah memiliki website, yang di antaranya adalah:

  1. Website dapat dipakai untuk menyediakan informasi mengenai produk dan layanan pada klien Anda.
  2. Website dapat digunakan untuk memberikan informasi maupun berita
  3. Banyak jaringan website yang dapat membantu menghubungkan dengan banyak orang secara profesional atau secara personal
  4. Memiliki website dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan orang lain terhadap perusahaan atau industri Anda

Blog Vs Website

Pasti Anda bertanya-tanya setelah membaca perbedaan blog dan website, manakah yang terbaik untuk Anda?

Untuk mengetahui mana yang terbaik, pastikan Anda mengetahui tujuan awal Anda.

Banyak bisnis yang masih berskala kecil di seluruh dunia memiliki website yang hanya terdiri dari halaman tanpa memiliki blog.

Website hanya dibuat untuk kehadiran online bisnis Anda dan konten informasional tambahan.

Di sisi lain, pebisnis juga menyadari potensi blog pada strategi pemasaran mereka, maka sekarang sebagian besar perusahaan atau organisasi menambahkan bagian blog di dalam website mereka.

Hal itu dilakukan agar dapat memperoleh traffic lebih banyak dari mesin pencarian.

Kami akan membantu Anda bagaimana cara menentukan apakah blog atau website yang sesuai untuk Anda.

  • Ingin memulai blog/website untuk bersenang-senang? Pilihlah blog
  • Ingin mendapatkan uang dari blog/website? Silakan memilih blog
  • Ingin menjual produk dan layanan Anda? Pilihlah website dan integrasikan pada blog untuk membahas informasi produk Anda, dan sebagainya.

Kesimpulan

Perbedaan blog dan website bukan menjadi masalah untuk Anda menciptakan online presence di internet.

Anda dapat memilih keduanya dengan mempertimbangkan tujuan Anda agar website atau blog yang Anda pilih dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Nah, setelah Anda mempelajari perbedaan website dan blog, apakah Anda sudah mengetahui mana yang harus Anda pilih, Blog atau Website?

GudPeople, blog atau website yang nantinya Anda pilih harus Anda konfigurasi dan optimasi agar performanya di mesin pencarian juga baik.

Hal penting yang harus pertama kali perhatikan setelah memiliki blog atau website adalah keamanannya.

Biasanya website dan blog harus memiliki sertifikat SSL untuk menambah lapisan keamanan website maupun blog Anda.

SSL akan mengenkripsi setiap informasi yang dikirimkan user menuju server, sehingga orang lain tidak dapat melihat apa yang Anda kirimkan atau bahkan mencurinya.

Perlu Anda ketahui, Gudang SSL akan membantu Anda karena Anda bisa membeli SSL murah di sini dengan harga yang terjangkau.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memahami perbedaan blog dan website.