Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Pelajari Cara Mencari Celah Keamanan Website

3 min read

Mencari Celah Keamanan Website

Sebagai orang yang mengelola website, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mencari celah keamanan website.

Karena keamanan website sangat penting dan harus menjadi prioritas utama, mau sebagus apapun tampilan website Anda jika dari segi keamanan sangat lemah, bagaimana pengunjung bersedia mengunjungi blog Anda?

Dari banyaknya pengelola website, mungkin ada beberapa orang yang belum tahu cara mengetahui celah keamanan website mereka.

Mencari celah keamanan website dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah website telah disusupi malware, atau pencurian data.

Lalu bagaimana cara mencari celah keamanan website? Langkah-langkahnya tidak sesulit yang Anda bayangkan, dan kami akan membahasnya untuk Anda, pastika membaca artikel ini sampai selesai ya, GudPeople.

Seberapa Penting Keamanan Website Itu?

Apabila website dianalogikan sebuah rumah, pasti pemilik rumah ingin membuat rumah mereka aman dari segala ancaman keamanan, misalnya dengan membangun pagar tinggi, memasang terali di setiap pintu dan jendela, memasang CCTV, dan sebagainya.

Karena di dalam rumah pasti banyak barang berharga yang selalu ingin dijaga agar tidak diambil oleh pencuri.

Sama halnya sebuah website, pemilik atau pengelolanya harus mengupayakan keamanan website mereka.

Karena jika tidak, maka data data penting yang tersimpan dapat diambil oleh cracker, selain itu juga dapat memengaruhi peringkat di mesin pencarian.

Website juga berperan sebagai media branding sebuah perusahaan, instansi, maupun individu.

Bayangkan jika website Anda memiliki banyak vulnerability “kelemahan” dalam hal keamanan, reputasi Anda akan turun hanya karena website Anda bermasalah.

Selain itu, semua optimasi yang sudah Anda lakukan dapat berpengaruh apabila website Anda miliki rentan terhadap berbagai ancaman.

Dengan kata lain, celah keamanan website dapat menjadi gerbang kehancuran sebuah website.

Dari kedua contoh aspek reputasi dan optimasi saja sudah dapat disimpulkan bahwa keamanan website sangat penting karena bagaikan pondasi utama dalam membangun website.

Cara Mencari Celah Keamanan Website

Bagian yang paling penting di dalam artikel ini adalah cara mencari celah keamanan website, dan berikut penjelasannya:

1. Mencari Celah Keamanan Website WordPress

WordPress

WordPress saat ini mendominasi ekosistem CMS, tentu pemilik website yang menggunakan CMS ini sangat banyak, khususnya di Indonesia.

Tentu semakin tingginya penggunaan CMS ini, semakin banyak pula ancaman yang harus diwaspadai, salah satunya yaitu menggunakan sebuah tool bernama WPScan

WPScan adalah tool yang memiliki nilai efektifitas yang tinggi dan bisa Anda gunakan untuk memeriksa website Anda.

WPScan ini memiliki kemampuan untuk mengetahui versi WordPress, brute force attack, open directory yang rentan, dan mendeteksi semua plugin yang terpasang.

Tool ini juga memiliki modul terpisah pada Kali Linux dan beberapa komponen pentest lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Docker Hub Version sebagai pengganti WPScan.

2. Mencari Celah Keamanan Website Joomla

Joomla
Logo Joomla, sumber: docs.joomla.org

Joomla adalah CMS populer selain WordPress yang juga cukup banyak digunakan oleh orang-orang.

Cara mencari celah keamanan website Joomla ini adalah menggunakan tool bernama JoomScan.

Tool ini dibuat oleh para peneliti di Open Web Application Security Project (OWASP), dan sangat mirip dengan WPScan, hanya saya tidak memiliki fitur sebanyak WPScan.

JoomScan mendukung scanning secara agresif pada komponen website dan hasilnya dapat mencakup versi CMS yang dipakai, dan celah keamanan yang dimiliki website.

Semua tautan yang mengarah kepada serangan website dengan menyusup Anda akan dihapus secara langsung.

Tool ini tidak dapat melakukan brute force pada dasbor admin Joomla, untuk melakukannya, Anda harus ‘bekerja sama’ dengan beberapa jenis proxy server.

Itulah mengapa banyak situs yang berbasis Joomla menggunakan plugin yang memiliki efektifitas tinggi, bernama Brute Force Stop yang berfungsi memblokir alamat IP yang gagal melakukan autentikasi sebanyak batas yang telah ditentukan.

Namun, jika website Anda masih menggunakan HTTP, cobalah untuk menjalankan script Nmap untuk melihat seberapa website kuat menahan brute force attack.

Perkuat Keamanan Website Anda

Setelah Anda mengetahui cara mencari celah keamanan website, langkah berikutnya adalah memperkuat keamanan website Anda.

  • Memasang pembaruan keamanan terbaru–apabila sistem Anda menyediakan versi pembaruan, segera lakukan pemasangan agar dapat memperbaiki semua bug dan celah keamanan yang terjadi pada sistem sebelum diperbarui.
  • Memasang firewall–usahakan tiap-tiap port memiliki firewall untuk mengamankan traffic jaringan Anda.
  • Menggunakan SFTP–SFTP (secure file transfer protocol) merupakan versi FTP yang lebih aman, yang mana setiap file akan ditransfer melewati proses enkripsi terlebih dahulu.
  • Rutin memperbarui CMS–setiap pembaruan versi CMS akan memperkuat perlindungan keamanan dan penambahan beberapa fitur untuk menunjang performa website agar dapat maksimal.
  • Menggunakan CAPTCHACAPTCHA akan bertugas membatasi upaya login yang dilakukan oleh bot, serta komentar spam yang juga dilakukan oleh bot.
  • Menggunakan password kuat & amanGunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol dalam mengatur password akses Anda. Semakin rumit dan panjang akan semakin baik.
  • Membatasi upaya login–Batasi akses login untuk menghindarkan dari serangan brute force, nantinya ketika seseorang mencoba masuk dan mengalami kegagalan sebanyak jumlah tertentu, maka user tersebut akan diblokir selama beberapa waktu.
  • Memasang Sertifikat SSLSertifikat SSL akan mengenkripsi informasi sensitif yang dikirimkan user ke server, atau sebaliknya. Pihak ketiga tidak akan bisa dapat memantau selama proses transfer informasi sensitif tersebut karena adanya SSL.

Keamanan website merupakan pondasi dalam sebuah website agar dapat bertahan lama.

Sebelum memikirkan konten yang nantinya ada di website, perhatikan dahulu keamanan website Anda.

Jangan sampai Anda melupakan keamanan dan pada akhirnya website Anda menjadi korban cracker karena memiliki celah keamanan yang semakin parah.

GudPeople, setelah mempelajari cara mencari celah keamanan website pada artikel ini, ayo segera cek keamanan website Anda apakah memiliki celah yang dapat mengancam website.

Jika belum memiliki SSL, silakan hubungi Gudang SSL untuk berkonsultasi tentang berbagai jenis SSL yang cocok untuk website Anda.

Selain itu, kami juga menyediakan beragam SSL murah dan tentunya berkualitas. Terima kasih, semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.