Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi

Kode OTP: Pengertian, Fungsi, dan Bahayanya

3 min read

KODE OTP ADALAH

Kode OTP adalah kode pengaman yang diberikan kepada pengguna saat akan melakukan login pada aplikasi keuangan, aplikasi chatting, atau login pada akun sistem tertentu.

Singkatnya, kode OTP ini digunakan untuk mengamankan sebuah akun pengguna agar pemilik kode yang hanya bisa melakukan login/masuk kes sistem.

Bisa dibilang, kode OTP ini sangat penting untuk menghindari dari penyalahgunaan dan peretasan data milik pengguna.

Hanya saja masih ada pengguna yang belum terlalu mengetahui sesungguhnya apa itu kode OTP, dan bagaimana kode OTP ini dapat membahayakan mereka.

Artikel ini akan membahas tuntas tentang kode OTP untuk Anda, pastikan Anda membacanya hingga selesai ya, GudPeople.

Apa Itu Kode OTP?

Kode OTP adalah singkatan dari one time password/PIN yang berisi 4-6 digit nomor dan dikirimkan melalui SMS atau email yang terdaftar untuk proses autentikasi.

Karena bersifat one time, maka kode OTP hanya bisa digunakan dalam satu sesi saja, biasanya untuk memasukkan kode ini akan diberikan waktu dalam hitungan detik hingga beberapa menit.

Dalam memasukkan kode OTP ini, jika pengguna salah memasukkannya maka tidak akan dapat lanjut ke tahap berikutnya/login.

Umumnya, kode OTP akan dikirimkan untuk mengautentikasi pengguna yang melakukan pergantian password, transaksi tertentu, atau login pada sebuah sistem/aplikasi yang menyimpan data penting pengguna.

Maka dari itu, sangat dilarang untuk menyebarkan kode OTP yang telah dikirimkan kepada orang lain, terlebih orang tidak dikenal.

Dengan adanya kode OTP, hanya pengguna yang benar-benar memiliki izin yang dapat memasuki sistem karena telah berhasil memverifikasi kode OTP yang diberikan.

Baca Juga: Man In The Middle Attack: Cara Kerja & Menghindarinya

Cara Kerja Kode OTP

Secara umum, kode OTP dapat bekerja karena terdapat dua komponen yang menunjangnya, yaitu OTP generator dan authentication server.

Untuk lebih jelasnya, silakan pahami penjelasannya di bawah ini.

  • OTP Generator

OTP generator akan mengirimkan kode OTP unik kepada pengguna yang ingin masuk ke akun digital atau sistem tertentu.

Kode yang dikirimkan berisi empat hingga enam digit angka yang berlaku hanya dalam hitungan detik atau menit.

Kemudian pengguna diminta untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan agar segera diverifikasi oleh server.

  • Authentication Server

Tahap kedua yaitu authentication server atau server autentikasi yang bertugas untuk memverifikasi kode OTP yang sudah diberikan oleh OTP generator kepada pengguna.

Authentication server akan menerima permintaan verifikasi dari pengguna yang telah memasukkan kode OTP.

Kemudian server meresponnya dengan memverifikasi apabila kode OTP dimasukkan dengan benar.

Fungsi Kode OTP

Kode OTP adalah salah satu metode untuk mengamankan privasi dengan baik, tidak heran apabila sebagian besar aplikasi mobile banyak yang menggunakan OTP untuk autentikasi.

Secara umum, kode OTP berfungsi untuk menghindari akses pengguna yang tidak resmi yang mencoba masuk sistem.

Selain itu, OTP juga melindungi pengguna yang sedang melakukan aktivitas penting seperti transaksi online.

Jika hanya menggunakan password statis, maka besar kemungkinan Anda akan diserang menggunakan teknik brute force attack.

Namun, jika menggunakan kode OTP akan memberikan perlindungan lebih kepada pengguna karena menggunakan autentikasi dua faktor dengan mengirimkan kode OTP ini.

Lagipula, kode OTP hanya dapat digunakan dalam satu sesi saja, setelah melewati beberapa menit, maka kode akan hangus.

Baca Juga: Apa Itu Doxing? Cara Kerja dan Dampaknya Bagi Privasi Online

Manfaat Kode OTP

Selain menghindari pencurian dan penyalahgunaan data, masih ada beberapa manfaat kode OTP seperti berikut ini.

  • Mudah Digunakan

Karena kode OTP umumnya dikirimkan melalui SMS atau email, pengguna tidak akan mungkin mengalami kesulitan karena sudah familiar dengan SMS dan email.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu menggunakan perangkat tambahan untuk menerima kode OTP.

Tak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, perusahaan yang menerapkan kode OTP ini juga dapat mengurangi biaya operasional menjadi lebih efektif.

  • Menghindari Masalah Password Lemah

Menggunakan kode OTP termasuk dalam autentikasi dua faktor, yang mana memerlukan verifikasi pengguna untuk dapat mengakses sebuah akun digital/sistem tertentu.

Meskipun password yang digunakan tidak terlalu kuat, tetapi jika menggunakan kode OTP akan membantu menghindarkan pengguna dari upaya login oleh orang lain yang mengetahui password tersebut.

Anda akan tetap menjadi pengguna yang memiliki izin karena hanya Anda yang memiliki kode OTP tersebut.

  • Sulit Ditebak

Karena kode OTP yang dibuat menggunakan algoritma khusus yang rumit, maka peretas akan kesulitan untuk menebak kemungkinan kode yang hanya memiliki empat higga enam digit.

Lagipula, peretas harus menebak kode yang hanya berlaku tidak lebih dari satu menit.

Bahaya Kode OTP

contoh OTP

Meski sebenarnya OTP memiliki manfaat yang penting, ternyata OTP juga dapat berpotensi membahayakan pengguna.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena peretas dapat mengelabui pengguna untuk meminta kode OTP yang sebenarnya tidak boleh dibagikan kepada siapapun.

Pernahkah Anda mendengar kasus orang asing yang mengaku berasal dari salah satu perusahaan tertentu (misalnya GO-JEK), lalu ia mengatakan bahwa telah mengirimkan kode OTP.

Kemudian orang tersebut akan meminta pengguna untuk mengirimkan kode OTP.

Padahal, setiap kali pengguna diberikan kode OTP, akan ada peringatan untuk tidak membagikan kode tersebut pada siapa saja bahkan pihak terkait.

Sayangnya masih ada saja pengguna yang memberikan kode OTP tersebut karena penipu tersebut telah menggunakan modus yang beragam.

Jika Anda mengalami hal semacam ini, jangan Anda hiraukan karena kode OTP adalah kode rahasia yang tidak boleh disebarkan kepada siapa saja.

Apabila orang lain mendapatkan kode OTP dan mengakses Akun Anda, semua data pribadi akan disalahgunakan tanpa sepengetahuan Anda.

Bisa dibilang, jika Anda memberikan kode OTP ke orang lain, sama saja Anda telah memberikan akses penuh kepada orang tersebut untuk memodifikasi, menghapus, atau menyalahgunakan data pribadi pada akun Anda.

Baca Juga: Cara Menjaga Keamanan Digital dengan Mudah

Kesimpulan

Kode OTP adalah sebuah kode rahasia yang berfungsi untuk mengautentikasi pengguna dan untuk membuktikan bahwa hanya pengguna yang memiliki izin yang diperbolehkan mengakses sebuah akun.

Sebagai pengguna yang sering menggunakan aplikasi dan transaksi secara online, pastinya Anda tidak asing lagi dengan kode OTP ini.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah jangan sampai Anda memberikan kode OTP kepada orang lain apapun alasannya karena kode OTP adalah kode yang sangat penting.

Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada Anda dan mengingatkan Anda untuk tidak membagikan kode OTP.

Masih ada artikel lain hanya di blog Gudang SSL, selain itu kami juga menyediakan berbagai sertifikat SSL murah untuk membantu melindungi website Anda.

Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi