Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Fungsi SSL pada Website dan Cara Mendapatkannya!

2 min read

FUNGSI SSL PADA WEBSITE

Sebagai orang yang mengelola website, Anda wajib mengetahui apa itu SSL karena merupakan aspek keamanan yang sangat penting.

Tanpa adanya SSL, websit Anda akan dianggap tidak aman oleh browser yang dipakai untuk mengaksesnya.

Ketika website tidak memiliki sertifikat SSL yang terpasang, maka kredibilitasnya perlu ditanyakan.

Lantas, sebenarnya apa fungsi SSL pada website hingga menjadikannya komponen wajib ketika membangun website?

Mengenal Fungsi SSL pada Website

SSL atau Secure Socket Layer yang pertama kali diciptakan oleh Netscape yang memiliki fungsi penting dalam kemananan website.

Berikut adalah pembahasan mengenai fungsi SSL pada website yang perlu GudPeople ketahui:

1. SSL Mengenkripsi Informasi Sensitif

Alasan utama mengapa suatu website wajib menggunakan SSL adalah karena alasan keamanan terutama untuk informasi-informasi sensitif yang dikirimkan melalui internet.

Dengan menggunakan SSL, informasi sensitif yang dikirimkan akan dienkripsi dan diacak sehingga tidak akan bisa dibaca kecuali oleh penerimanya saja.

Tentu ini akan sangat berguna ketika berurusan dengan akun, password, nama, alamat, kartu kredit dan data penting lainnya.

Apabila GudPeople sering mengirimkan data-data di atas ke website yang belum bersertifikat SSL, misalnya e-commerce yang memiliki aktivitas transaksi, maka hentikan dari sekarang atau data Anda dalam bahaya!

2. SSL Menyediakan Authentication/Autentikasi

Proses authentication sertifikat ssl
Proses authentication sertifikat ssl

Selain enkripsi, SSL juga memiliki fungsi sebagai authentication atau otentikasi.

Authentication ini memastikan bahwa informasi pribadi yang Anda kirim memiliki alamat yang benar dan bukan kepada penipu yang mencoba mencuri data pribadi.

Para pencuri data bisanya berpura-pura menduplikat website atau membuat form pop-up agar Anda pengguna awam mudah percaya, sehingga bersedia mengirimkan data pribadi kepada mereka.

Dengan memasang SSL pada website Anda,  tindakan seperti ini tidak mungkin bisa terjadi.

Pasalnya, SSL menyediakan proses authentication pada saat mengirim data pribadi dan proses enkripsi data yang menyulitkan peretas untuk mencuri data.

Untuk tujuan pengiriman data, website yang menggunakan SSL hanya bisa dibuka oleh alamat tujuan saja, dan selain itu tidak akan bisa.

3. SSL Membantu Meningkatkan Kepercayaan

SSL akan memberikan kepercayaan kepada pelanggan website dengan memberikan logo gembok atau ‘green bar’ pada halaman URL.

Secara tidak langsung, kredibilitas website Anda pun juga akan meningkat dengan memiliki sertifikat SSL.

Sebaliknya, bila website tidak memiliki SSL, baik SSL berbayar atau SSL gratis, biasanya browser akan menampilkan tulisan berwarna merah dan bertuliskan ‘Not Secure/Tidak aman’.

Lantas, apa yang akan terjadi ketika website tidak memiliki SSL?

Menurut sebuah survei yang dilakukan Businners Insider, 74% keranjang belanja akan ditinggalkan karena mengetahui website tidak menggunakan fitur keamanan SSL.

Itu adalah satu contoh kasus apabila website tidak memasang sertifikat SSL. Jadi, apabila Anda memiliki website termasuk yang bergerak di bidang bisnis/toko online, wajib hukumnya untuk memiliki sertifikat SSL ya, GudPeople!

GudPeople bisa menggunakan jenis Organization Validation SSL atau jenis SSL tipe tertinggi Extended Validation SSL.

Kedua SSL ini cocok untuk untuk website yang mengumpulkan data pelanggan, transaksi, user login dan password.

Sementara, untuk kebutuhan blog pribadi, menggunakan SSL Domain Validation pun sudah sangat cukup dan harganya paling terjangkau.

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari segala bentuk penyalahgunaan data pengguna melalui website.

4. SSL Menjadi Syarat untuk Payment Card Industry

PCI (Payment Card Industry) memberikan syarat untuk website yang memiliki transaksi memakai kartu kredit harus menggunakan SSL.

Dengan syarat ini, setiap website entah itu toko online maupun e-commerce akan memberikan jaminan keamanan terhadap seluruh data pengguna yang memiliki akun di website tersebut.

Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir data-data Anda akan ducuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. SSL Memengaruhi SEO

Fungsi SSL pada website yang kelima ini sangat jarang diketahui, tetapi memang nyata. Ya, SSL sangat berperan terhadap suatu website agar dapat muncul pada mesin pencarian.

Bagaimana bisa? Website yang memiliki SSL dikatakan sebagai website yang aman. Sebagaimana mengutip pernyataan Google yang menjadikan HTTPS sebagai salah satu sinyal penentu peringkat suatu website di mesin pencarian.

Nah, HTTPS sendiri merupakan protokol yang akan digunakan oleh website ketika sudah memiliki sertifikat SSL.

Jadi, kalau website Anda masih HTTP, segera beralih ke HTTPS dengan memasang sertifikat SSL ya, GudPeople.

Bagaimana Cara Mendapatkan SSL untuk Website?

Cara mendapatkan SSL untuk website sangatlah mudah, karena kebanyakan penyedia hosting juga akan menyertakan SSL sebagai bundling ketika pembelian hosting.

Inilah mengapa bahwa setiap website harus memiliki SSL.

Dengan begitu, GudPeople tinggal memasang SSL melalui cPanel. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, silakan baca pembahasan kami mengenai cara pasang SSL di cPanel berikut ini, ya!

Sementara itu, apabila GudPeople ingin menggunakan SSL berbayar karena website Anda berskala besar, Anda bisa menghubungi Gudang SSL selaku penyedia SSL murah berkualitas.

Kami menyediakan berbagai jenis SSL, mulai dari jenis validasi DV, OV, hingga EV, semuanya tersedia dengan harga yang sangat murah.

Silakan cek harga SSL berikut ini. Jika berminat, silakan menghubungi kami, ya!

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *