Flash Sale: Strategi Marketing agar Penjualan Anda Melejit!

3 min read

flash sale adalah

Sebagai pelaku bisnis, mungkin Anda pernah mengalami masa dimana jumlah penjualan tidak segera meningkat. 

Grafik masih landai sedangkan jumlah target yang harus dicapai masih ada jauh di atas sana. 

Sebenarnya, ada sebuah strategi marketing yang dapat Anda jalankan untuk meningkatkan jumlah pembelian dengan cukup cepat, yaitu flash sale. 

Flash sale adalah penjualan beberapa produk pilihan dengan harga spesial yang dijalankan dalam periode waktu yang singkat. 

Bagaimana cara menyelenggarakan flash sale agar ia berjalan dengan baik dan Anda mendapatkan trafik penjualan yang tinggi?

Silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!  

Apa Itu Flash Sale?

Flash sale adalah sebuah konsep promosi dengan diskon besar dan hanya berlaku pada periode waktu yang singkat. 

Umumnya diskon yang diberikan berkisar dari 50% hingga 90% dan terjadi selama 1-36 jam. 

Harga yang lebih murah dan waktu yang sangat terbatas untuk mendapatkannya menimbulkan tekanan psikologis di dalam diri konsumen bernama FOMO (Fear of Missing Out). 

FOMO merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan akan ketinggalan sesuatu yang sedang happening; dalam kasus ini penawaran langka yang dianggap sangat menguntungkan.  

FOMO kemudian akan memunculkan perilaku pembelian secara impulsif pada diri konsumen. 

Istilah flash sale sendiri sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 2000-an dan dijalankan oleh toko-toko offline. 

Namun, strategi marketing ini baru memperoleh kepopulerannya pada tahun 2010-an seiring semakin banyaknya jumlah toko online yang menjalankan strategi marketing ini. 

Untuk Indonesia sendiri, pelopor penyelenggaraan Flash Sale adalah LAZADA. 

LAZADA mengadakan flash sale sebagai bentuk kampanye agar masyarakat Indonesia semakin tertarik untuk berbelanja secara online pada tanggal 12 Desember 2021. 

Acara tersebut dinamai HARBOLNAS atau Hari Belanja Nasional.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak marketplace lain yang turut mengadakan flash sale dengan namanya masing-masing. 

Ada 1.1 New Year Sale, 4.4 Mega Shopping Day, 8.8 Flash Sale, 11.11 Big Sale, dan lain sebagainya.  

Hingga saat ini, flash sale kerap digelar oleh beberapa marketplace ternama Indonesia pada tanggal kembar seperti 8.8 Flash Sale, 11.11 Big Sale, atau 12.12 Harbolnas. 

Keuntungan Flash Sale

flash sale adalah

Flash sale membuka peluang besar bagi bisnis Anda untuk dapat menjual lebih banyak produk dalam waktu singkat. 

Contohnya adalah penjualan kolaborasi yang dilangsungkan oleh brand Fendi X SKIMS yang mendatangkan profit sebesar satu juta dollar hanya dalam waktu satu menit.  

Selain menjual lebih banyak produk dalam waktu singkat, jika sukses dalam menjalankan flash sale, strategi marketing ini akan membawa beberapa keuntungan lain bagi bisnis Anda, yaitu:

1. Branding

Saat akan mengadakan flash sale, Anda harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu pada konsumen jauh-jauh hari sebelumnya. 

Proses pemberitahuan ini dapat meningkatkan visibilitas Anda di mata konsumen. 

Waktu berkumpulnya konsumen ini juga dapat dimanfaatkan untuk menampilkan value unik brand Anda. 

2. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Sebuah penawaran spesial seperti flash sale adalah sebuah cara yang dapat Anda ambil untuk memberikan reward pada konsumen loyal. 

Sehingga, terbentuklah nilai positif dari brand Anda. 

Nilai positif tersebut akan memberikan dorongan pada konsumen untuk kembali membeli produk atau jasa dari brand Anda di masa depan. 

3. Mendapatkan Pelanggan Baru

Flash sale biasanya dimanfaatkan oleh konsumen baru yang baru ingin mencoba produk Anda. 

Umumnya, muncul sebuah pemikiran di benak konsumen bahwa mencoba produk baru saat flash sale akan meminimalisir jumlah kerugian apabila ternyata mereka tidak cocok dengan produk yang dibeli. 

Nah, apabila produk yang dibeli saat flash sale dirasa cocok, kepuasan konsumen akan meningkat, lebih besar dari pada saat mencoba produk baru pada harga normal. 

Sehingga kedepannya, mereka cenderung melakukan pembelian kembali. 

4. Menghabiskan Stok Produk Lama

Baju yang sudah mulai ketinggalan mode, kosmetik yang segera habis masa berlakunya, bunga yang segera layu, dan berbagai bentuk stok produk lama lainnya sebisa mungkin harus terjual. 

Anda bisa menjualnya dalam waktu cepat dengan memanfaatkan flash sale. 

Sehingga Anda tidak mengalami kerugian karena harus memusnahkan stok produk yang berakhir tidak layak pakai. 

Selain itu, Anda juga jadi mempunyai ruang penyimpanan yang lebih luas. 

5. Bagaimana Cara Menjalankan Flash Sale?

flash sale adalah

Walaupun terdengar sederhana, penyelenggaraan promosi flash sale tetap haruersiapkan dengan matang. 

Berikut beberapa hal yang tidak boleh terlewatkan dalam menjalankan flash sale:

6. Menentukan Tujuan Secara Spesifik

Anda harus menentukan tujuan dari flash sale Anda secara spesifik agar dapat mengukur hasilnya; apakah flash sale Anda sukses atau tidak.

Contohnya flash sale dengan tujuan meningkatkan jumlah penjualan produk yang selama ini mengalami penumpukan atau untuk meningkatkan trafik ke dalam toko online. 

7. Pilih Produk yang Tepat 

Pastikan Anda telah mempertimbangkan produk yang akan Anda masukkan dalam flash sale dengan seksama. 

Pemilihan produk disesuaikan dengan target yang ingin dicapai. 

8. Pilih Momen yang Tepat

Penyelenggaraan flash sale tidak bisa dilakukan secara mendadak sesuai dengan mood owner atau manager. 

Ia harus diselenggarakan pada momen yang tepat, sehingga konsumen mampu dan mau berpartisipasi dalam flash sale.  

Beberapa waktu ideal yang dapat Anda manfaatkan untuk menyelenggarakan flash sale adalah sebelum liburan, setelah liburan, dan beberapa bulan sekali seperti harbolnas atau flash sale pay day. 

9. Jalankan dalam Waktu yang Singkat

Pastikan Anda menyelenggarakan flash sale dalam waktu yang singkat atau sesuai dengan tujuan flash sale yang ingin Anda capai. 

Selain menilik pada tujuan, untuk menentukan durasi waktunya, silakan pantau antusiasme pasar terhadap brand Anda. 

Semakin besar antusiasme pasar terhadap brand Anda, umumnya semakin singkat waktu flash sale yang dibutuhkan. 

10. Lakukan Pemberitahuan sebelum Flash Sale  

Pastikan Anda sudah membuat serangkaian pemberitahuan sebelum waktu flash sale tiba melalui berbagai media, seperti SMS blast, email, iklan media sosial, dan lain sebagainya. 

Sehingga muncul buzz effect, euforia belanja, dan FOMO yang akan sangat mempengaruhi jumlah penjualan. 

11. Pastikan Jumlah Produk Memadai

Pastikan jumlah produk yang Anda masukkan dalam event flash sale memadai, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. 

Sangat penting bagi Anda untuk menghindari kehabisan stok dalam waktu yang terlampau singkat karena dapat memberikan rasa kecewa pada pelanggan yang memang telah menanti-nanti flash sale brand Anda. 

12. Pastikan Pengiriman Terkendali

flash sale adalah

Proses pengemasan dan pengiriman merupakan hal yang sangat krusial dalam rangkaian penyelenggaraan flash sale. 

Dan hal ini akan sangat berpengaruh pada citra brand Anda. 

Saat membeli produk dalam flash sale, konsumen memiliki excitement yang tinggi dan ingin menerima produk secepat mungkin. 

Ketika barang terlalu lama sampai ke tangan konsumen, mereka akan kehilangan excitement-nya dan merasa kesal. 

BUkan tidak mungkin mereka akan meninggalkan review tentang proses pengiriman yang lama atau bentuk kemasan yang kurang profesional karena terburu-buru. 

Maka dari itu Anda harus menyiapkan sumber daya yang memadai untuk menangani proses pengemasan dan pengiriman. 

Penutup 

Jadi, flash sale adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan jumlah penjualan Anda dalam waktu singkat. 

Walau begitu, jangan sampai Anda terlalu sering mengadakan flash sale dan bergantung padanya untuk dapat melakukan penjualan. 

Karena hal ini akan merusak value brand Anda, dimana konsumen tidak lagi mau membeli produk saat harga normal dan selalu menunggu flash sale. 

Nah, untuk meningkatkan value dan kepercayaan masyarakat pada brand Anda, pastikan selalu melakukan upaya branding dan membuat toko online Anda aman dengan memasang sertifikat SSL

Sertifikat SSL akan membuat setiap pertukaran informasi dan transaksi di situs Anda aman dari ancaman pencurian pihak ketiga.