Endorse: Strategi Marketing yang Moncer di Era Media Sosial

4 min read

endorse adalah

GudPeople pasti sering menemukan selebriti atau influencer yang menawarkan beberapa macam produk melalui media sosial mereka. 

Mereka menawarkannya dengan mengunggah foto apik atau membuat video singkat yang menarik. 

Nah, tahukah Anda bahwa aktivitas promosi tersebut dikenal dengan nama endorse?

Endorse adalah sebuah strategi marketing yang semakin populer sejak penggunaan media sosial semakin menjamur. 

Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan pengertian endorse, jenis-jenisnya, juga tips dalam memilih sosok yang tepat untuk melakukan endorse. 

Selamat membaca! 

Endorse Adalah …

Endorse sebenarnya merupakan kata yang diadaptasi dari Bahasa Inggris endorse (kata kerja) dengan arti merekomendasikan

Di dalam dunia marketing, kata endorse digunakan untuk menyebut aktivitas seseorang yang merekomendasikan suatu brand kepada orang lain dengan cara memberikan testimonial positif. 

Meskipun strategi marketing ini sudah sangat sering digunakan dalam berbagai macam kesempatan, di Indonesia istilah endorse baru mulai dikenal sejak menjamurnya penggunaan media sosial, khususnya Instagram. 

Disini, media sosial memiliki peran yang cukup besar dalam memudahkan manusia untuk terhubung dan saling bertukar informasi terkait produk atau jasa dari brand kesayangan mereka. 

Menurut Amar Cheema (Associate Professor of Commerce, McIntire School of Commerce) dan M. Kaikati (Assistant Professor of Commerce,Terry College of Business) keputusan konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa sangat dipengaruhi oleh opini dan keputusan teman sepermainan. 

Dimana di mata konsumen, pendapat dari teman atau orang terdekat merupakan sumber yang valid dan terpercaya. 

Nah, di dalam dunia periklanan, opini yang dikeluarkan oleh seorang publik figur (dengan reputasi positif) akan menimbulkan kepercayaan dan keyakinan bahwa suatu barang atau jasa memang memiliki kualitas yang bagus.  

Dengan begitu, konsumen akan memilih untuk membeli produk atau jasa brand Anda.  

Selain itu, strategi marketing endorse juga sangat bermanfaat untuk branding, meningkatkan hasil penjualan, dan membuka pasar baru bagi brand Anda. 

endorse adalah

Sayangnya, selama ini masih banyak salah kaprah dalam penggunaan istilah endorse di kalangan masyarakat Indonesia. 

Banyak yang menggunakan kata endorse justru untuk mendukung dan memperkuat posisi publik figur yang diminta untuk mengiklankan suatu brand. 

Jadi, kata-kata yang sering terlontar kurang-lebih berbunyi, “Wah keren nih, si penyanyi ABC udah di endorse sama brand Converse. Tadi malam aku lihat videonya. Besok di endorse sama brand apa lagi ya?”

Padahal pernyataan yang benar seharusnya berbunyi, “Eh Converse di endorse sama penyanyi ABC, ya? Tadi malam aku lihat videonya di Instagram, keren banget! Jadi makin yakin buat beli sepatunya.”

Jenis-Jenis Endorse

Ada tujuh jenis endorsement yang sering digunakan dalam dunia periklanan, yaitu:

1. Selebriti Endorse

Selebriti endorse adalah promosi menggunakan sentuhan personal dari selebriti ternama. 

Para selebriti akan merekomendasikan suatu brand dengan menyampaikan keunggulan dan keunikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Selebriti endorsement menjadi salah satu jenis endorse yang paling populer digunakan sebab mereka memiliki jangkauan publik yang luas. 

2. Influencer Endorse

Influencer merupakan individu dengan jumlah follower media sosial yang besar. 

Influencer memiliki pengaruh besar terhadap pola pandang follower-nya terkait nilai dan kualitas suatu barang. 

Oleh karena itu, mereka kerap diberi tawaran untuk bekerja sama dengan suatu brand untuk memberikan review atas produk atau jasanya.

Influencer juga umumnya lebih aktif untuk berinteraksi langsung dengan followernya melalui kolom komentar, direct message, dan live video. 

Dengan begitu, terjadi komunikasi aktif antara influencer dengan follower pada konten endorsement.

3. Atlet Endorse

Atlet merupakan seorang profesional di bidang olahraga, dimana atlet dengan prestasi unggul pasti memiliki penggemar yang solid dalam jumlah yang besar.

Memadukan banyaknya penggemar dan juga titel profesional yang disandangnya, atlet dapat menjadi endorser yang sangat menjanjikan. 

Suatu brand yang dikenakan oleh seorang profesional dibidangnya tentu memberikan kesan kualitas unggul yang sangat meyakinkan.

Seperti pemain sepak bola tingkat dunia, Cristiano Ronaldo, yang meng-endorse sepatu bola Nike.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano)

4. Trade Organization Endorse

Trade organization endorse adalah kegiatan promosi dengan cara memberi dukungan dari satu organisasi untuk organisasi yang lain. 

Endorse jenis ini umumnya terjadi diantara industri B2B (business-to-business), yaitu organisasi yang menawarkan produk dalam jumlah besar kepada konsumen. 

Contohnya sebuah perusahaan yang menjual obat tradisional akan mencari endorsement (dukungan) dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 

5. Product Users Endorse

Product users atau konsumen, bisa saja membuat endorsement bagi suatu brand di dalam akun media sosial pribadinya ketika merasa puas dengan kualitas brand Anda. 

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan orang-orang terdekat konsumen untuk membeli produk atau jasa Anda. 

Yang sangat menguntungkan adalah jika konsumen tersebut memiliki jumlah follower yang cukup banyak, jadi brand Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pasar baru.  

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kurasi konten endorse konsumen untuk dijadikan UGC (User Generated Content)

6. Professional Association Endorese

Professional association adalah sekumpulan orang yang merepresentasikan komunitas dan industri suatu profesi tertentu. 

Endorsement jenis ini dapat digunakan untuk menyasar kelompok sosial tertentu yang ingin dimasuki oleh perusahaan. 

Misalkan perusahaan sepatu memberikan produk untuk direview oleh sekelompok modern dancer ternama. 

7. Safety Boards Endorse

Safety boards endorse adalah kegiatan promosi antar suatu perusahaan dengan lembaga pemberi sertifikat aman. 

Jika telah mendapatkan dukungan dari lembaga profesional bahwa produk Anda aman digunakan, retailers tidak akan ragu untuk menjual produk Anda. 

Begitu pula dengan konsumen, mereka tidak akan terlalu ragu lagi untuk menggunakan produk atau jasa Anda. 

Tips Memilih Endorser

endorse adalah

Untuk memilih endorser, Anda tidak bisa sembarangan. Setidaknya ada 3 hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:

1. Reputasi Endorser

Pastikan endorser yang Anda pilih memiliki reputasi yang positif di mata publik, bukan seorang yang terkenal karena suka membuat sensasi kosong. 

Sebab reputasi endorser di masyarakat akan sangat berpengaruh pada image brand Anda. 

Selanjutnya, jangan lupa juga memastikan bahwa endorser memiliki reputasi yang baik dalam aspek kerja dan komitmennya. 

Supaya rencana marketing Anda dengan endorser dapat berjalan dengan baik.  

2. Keterkaitan Bidang

Agar strategi bisnis ini berjalan efektif, pastikan endorser memiliki keterkaitan dengan bidang bisnis yang digeluti, agar ia memiliki pengetahuan yang sesuai dengan brand Anda. 

Entah dari segi profesional, hobi, minat, kebutuhan hidup dan lain sebagainya.

Sehingga testimoni yang dibuat oleh endorser memiliki nilai kuat yang dapat meyakinkan konsumen. 

Contohnya, jangan menggandeng seseorang yang belum pernah memiliki bayi untuk mereview mesin steril botol bayi otomatis walaupun ia memiliki fanbase yang besar dan follower yang banyak di media sosial.

3. Ketenaran Endorser

Pastikan endorser Anda benar-benar populer dan memiliki pola interaksi yang aktif dengan followernya. 

Jangan sampai Anda tertipu angka follower fiktif yang tertera di media sosial mereka. 

Semakin populer dan semakin aktif endorser Anda dalam berinteraksi dengan follower-nya, semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan konsumen baru. 

Kesimpulan

Jadi, endorse adalah kegiatan promosi dengan memanfaatkan jasa seorang publik figur yang dianggap terkenal dan memiliki citra positif di mata masyarakat. 

Caranya dengan mengunggah foto atau video menarik disertai dengan caption yang bersifat persuasif di halaman sosial media si publik figur.

Tujuannya untuk membuat konsumen lebih mempercayai bahwa suatu produk atau jasa memang memiliki kualitas yang unggul. 

Nah, untuk membuat bisnis Anda semakin dikenal oleh publik, Anda juga bisa membuat website profesional. 

Kemudian, jangan sampai lupa untuk menjaga keamanan website dengan memasang sertifikat SSL

Sehingga, konsumen tidak takut lagi akan serangan attack in the middle dan serangan siber lainnya saat sedang melakukan transaksi di dalam toko online Anda.