Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Sertifikat CCNA: Manfaat dan Cara Memperolehnya

3 min read

ccna adalah

Ketika ingin menekuni suatu profesi, GudPeople membutuhkan sertifikasi untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar mumpuni untuk menempati posisi tersebut.

Sebab, sertifikat juga menjadi sebuah pembukuktian bahwa pemiliknya telah lulus dari tahapan-tahapan yang diujikan.

Nah, salah satu contoh profesi yang membutuhkan sertifikat adalah network engineer, yang mana membutuhkan sertifikat bernama CCNA.

Jadi, bila GudPeople ingin menekuni profesi sebagai network engineer, memiliki sertifikat CCNA adalah sebuah keharusan.

Lantas, sebenarnya apa itu sertifikat CCNA, dan bagaimana cara memperoleh sertifikat ini? Simak ulasan ini agar Anda bisa mengetahuinya.

Apa Itu CCNA?

CCNA adalah singkatan dari Cisco Certification Network Associate. Cisco sendiri adalah sebuah perusahaan internasional yang bergerak pada bidang telekomunikasi.

Perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat ini sangat unggul dalam mengembangkan produk-produk tentang perangkat jaringan.

Perlu diketahui, sertifikasi Cisco diverifikasi oleh vendor jaringan terbesar di dunia secara langsung.

Pelatihan dan sertifikasi ini memang memiliki perbedaan daripada sertifikasi lainnya. Nantinya, peserta akan memperoleh banyak peluang untuk berkarir ke depannya.

Jadi, bila memiliki sertifikat CCNA, Anda berpotensi memiliki banyak peluang pekerjaan pada bidang IT Network tentunya.

Hal itu juga dibuktikan dengan adanya tujuh dari sepuluh organisasi mencari kandidat yang memiliki sertifikasi ketika proses rekrutmen atau ketika akan mempromosikan.

Bayangkan, sekarang ini hampir di semua sektor yang konvensional telah beralih menjadi digital.

Dengan demikian, ini menjadikan bidang IT sangat berperan dalam masa peralihan dan masa depan orang yang berkarier pada bidang IT sangatlah cerah.

Jika merujuk pada banyaknya orang yang berkarier di bidang IT, tentu hal ini akan menjadikan persaingannya sangat berat.

Dengan memiliki sertifikat CCNA ini, setidaknya Anda bisa memperoleh keamkepercayaan perusahaan-perusahaan besar.

Manfaat Memiliki Sertifikat CCNA

manfaat memiliki sertifikat ccna
Sumber: cisco.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, memiliki sertifikat CCNA adalah hal sangat menguntungkan.

Pasalnya, setiap pemilik sertifikat ini bisa dipastikan menguasai seluk-beluk jaringan dengan baik karena syarat mendapatkan sertifikat CCNA memang demikian.

Selain memperoleh kepercayaan perusahaan besar, tentu manfaat sertifikat CCNA tidak hanya itu saja, melainkan seperti berikut ini:

1. Mengetahui Dasar Jaringan

Peserta akan diajarkan dasar-dasar jaringan komputer, routing, switching, layanan IP, dasar-dasar keamanan, dan masih banyak lagi.

Dari semua yang diajarkan, CCNA R&S-lah yang diunggulkan karena routing dan switching adalah dasar dari sebuah jaringan komputer.

Ketika membahas jaringan komputer, routing dan switching tidak dapat dilupakan.

Routing sendiri merupakan pemilihan arah lalu lintas antar jaringan komputer, dan switching adalah yang menerima data, memproses, dan mengirimkannya kembali ke dalam jaringan.

Anda yang sudah memiliki sertifikat CCNA dipastikan telah menguasai dua hal ini.

2. Cakupan Sertifikat Cisco Luas

Karena sebagian besar perusahaan besar menggunakan perangkat Cisco, bisa dikatakan bahwa sertifikasi Cisco adalah level kelas atas.

Pengetahuan yang ada di dalam CCNA sudah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dipakai semua perangkat selain Cisco.

3. Siap Kerja di Bidang Jaringan

Setelah mendapatkan CCNA R&S, peserta sudah mampu untuk ‘dilepaskan’ ke dunia  IT Networking yang benar-benar nyata dan rumit.

Tetapi tak perlu takut karena dalam mempelajari CCNA banyak cara yang diajarkan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

  • Menyediakan buku-buku terbaik di halaman ciscopress sebagai laman resource.
  • Kelengkapan halaman Cisco tidak perlu diragukan lagi, mulai dari dokumentasi perangkat sampai protokol yang dipakai.
  • Banyaknya komunitas yang turut membantu dalam menyelesaikan setiap masalah terhadap produk yang digunakan, Cisco juga menyediakan pembelajaran khusus, yakni learningnework.cisco.com.

4. Berpeluang Diterima Perusahaan Besar

Beruntunglah bagi yang sudah memiliki sertifikat CCNA, karena akan memperluas peluang untuk diterima di perusahaan besar. 

Selain itu, kesempatan untuk menaikkan pendapatan juga bisa terjadi ketika seseorang sudah berlabel sertifikat CCNA.

Anda bisa juga memanfaatkan sertifikat ini untuk membuka bimbingan belajar, konsultasi, dan sebagainya.

Jenjang Sertifikat Cisco

Secara umum, sertifikasi Cisco terbagi atas tiga level, yaitu Associate, Professional, dan Expert. Untuk mengerti lebih dalam, berikut uraiannya.

1. Associate Level: CCNA

Cisco CCNA merupakan jenis sertifikasi keahlian jaringan komputer dari Cisco System untuk jenjang entry level/associate (pemula). 

Pemilik sertifikat ini diharapkan dapat mendesain, membangun, dan me-maintenance sistem LAN/WAN hingga 100 perangkat.

Kemudian, pemilik sertifikat ini juga dapat melanjutkan sertifikasi Cisco selanjutnya yaitu CCNA yang mengarah ke salah satu spesialisasi jaringan komputer, yaitu CCNA Telepresence, CCNA Security, dan CCNA Wireless.

2. Professional Level: CCNP

Pada jenjang ini, sertifikasi yang paling populer untuk dimiliki adalah Cisco Certified Network Professional.

Sertifikasi ini menandakan bahwa pemiliknya memiliki keahlian pada level profesional. Selain itu, pemilik sertifikat dapat merancang, membangun, dan me-maintnance hingga 500 perangkat.

Syarat untuk memiliki sertifikat ini adalah sudah memiliki sertifikat CCNA. Di level profesional sendiri, masih ada jenjang selain CCNP yaitu CCDP, CCIP, CCSP, CCVP.

3. Expert Level: CCIE

Jenjang yang paling atas dan akhir adalah Expert. Pemilik sertifikat ini sudah dikenal sebagai pakar pada bidang teknologi jaringan yang sesuai dengan sertifikat tersebut.

CCIE memiliki singkatan Cisco Certified Internetwork Expert.

Untuk mendapatkannya, ujian sertifikasi yang dilakukan pun tidak hanya tertulis, melainkan juga praktik yang mana akan menambah tingkat kesulitannya.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan sertifikat CCNA?

Cara Memperoleh Sertifikat CCNA

Bagi siapa saja yang ingin memperoleh sertifikat CCNA, nantinya akan disediakan bahan studi untuk mempermudah peserta, seperti panduan untuk belajar, buku kerja, buku laboratorium, dan tentu materi dari Cisco.

Cisco biasanya menjadi syarat seorang yang ingin berkarir menjadi network engineer.

Apabila Anda pernah memiliki pengalaman dalam studi pada bidang teknologi jaringan maka akan sangat membantu Anda dalam mengerti dasar-dasar jaringan.

Nah, bagi GudPeople yang berminat untuk mendapatkan sertifikat CCNA, Anda bisa mengikuti pelatihan dari penyedia kursus Cisco, seperti Coursera.

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengakses tautan https://learningnetwork.cisco.com/s/ccna

Tertarik Memiliki Sertifikat CCNA?

Sertifikat CCNA adalah sertifikat yang dapat membantu melebarkan peluang untuk diterima di perusahaan IT Network besar bagi yang memilikinya.

Sertifikat ini sangat krusial dalam mencari kerja, tetapi sebenarnya sertifikat ini tidak diwajibkan kepada semua orang yang berkarir di bidang IT Network.

Namun, perusahaan-perusahaan besar umumnya akan lebih mudah percaya kepada orang yang memiliki sertifikat ini.

Anda bisa memilih untuk memiliki sertifikat ini atau tidak sama sekali, tetapi akan akan lebih menguntungkan apabila memiliki sertifikat CCNA ini.

Jadi, apakah GudPeople ingin memiliki sertifikat ini? Jawab di kolom komentar di bawah, ya! Semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan Anda ya, Gudpeople.

Pantau terus blog Gudang SSL untuk mendapatkan informasi seputar keamanan dan jaringan.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

2 Replies to “Sertifikat CCNA: Manfaat dan Cara Memperolehnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *