3 Cara Upload Tema WordPress dengan Mudah

2 min read

Cara Uploud Tema WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) untuk mempermudah user dalam berbagai aktivitas di internet, mulai dari proses instalasi, pengaturan tema, pengelolaan konten hingga keamanannya.

Menurut W3Tech, wordPress sudah menguasai hingga 60% pengguna CMS di belahan dunia seperti Shopify, Drupal, Joomla dan Magento.

Itu artinya bahwa pasar website diseluruh dunia hampir semuanya menggunakan WordPress sebagai platformnya.

Memang WordPress merupakan salah satu CMS yang paling mudah digunakan bagi pemula, bahkan cara upload tema WordPres pun dapat dilakukan dengan mudah, baik secara otomatis maupun manual. Anda bisa mengganti tema WordPres sesuai dengan keinginan.

Cara Upload Tema WordPress

Bagaimana cara upload tema WordPress? Siapapun bisa mengubah tema WordPress, bukan hanya orang yang ahli saja.

Nah, bagi Anda yang masih pemula tidak usah bingung antara theme, tema dan template WordPress, karena ketiganya memiliki arti yang sama hanya istilahnya saja yang berbeda. 

Saat membuat website WordPress, pastikan Anda membaca semua panduan mengenai WordPress agar lebih paham.

Setelah itu, Anda baru bisa mengubah tema. Ada tiga cara mengubah tema yaitu dengan cara otomatis, manual dan menggunakan file zip. Berikut ini penjelasannya.

1. Cara Upload Tema WordPress Otomatis

Install Tema WordPress
Install Tema WordPress
  • Login WordPress

Pertama, Anda buka situs namadomain/wp-admin di web browser, kemudian masukkan username dan password secara benar.

  • Klik Menu Appearance

Klik menu Appearance dan pilih Themes ketika masuk ke dashboard WordPress. Kemudian cari theme yang tersedia untuk bisa mengganti tema WordPress.

  • Memilih Tema yang Diinginkan

Ada beberapa jenis tema WordPress yang bisa Anda pilih. Anda bisa mencari tema di dalam kolom pencarian sesuai dengan keinginan kemudian pilih Install.

  • Aktifkan Tema WordPress

Setelah tema di download, maka Anda bisa melanjutkan ke Live Preview untuk dicoba terlebih dahulu. Namun jika Anda ingin mengganti temanya secara langsung bisa klik Activate. Anda cukup menunggu sebentar, maka tema WordPress akan digantI dengan yang baru. 

Baca juga : Cara Meningatkan Keamanan WordPress

2. Cara Upload Tema WordPress Manual

Anda tidak harus menggunakan tema bawaan dari WordPress, karena saat ini sudah banyak tersedia website yang menyediakan berbagai macam tema WordPress, baik gratis maupun berbayar.

Namun perlu Anda ingat, Anda harus hati-hati dalam memilih tema dari pihak ketiga, pastikan website tersebut resmi dan kredibel.

Upload Tema WordPress
Upload Tema WordPress

Ketika Anda membeli tema dari pihak ketiga, maka file yang di berikan ke Anda yaitu berbentuk zip.

File zip inilah yang kemudian di upload ke WordPress sehingga tampilan website Anda menjadi lebih menarik. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  • Login WordPress

Pertama Anda login ke WordPress dengan memasukkan namadomain/wp-admin pada web browser dan kemudian masukkan username dan password.

  • Klik Menu Appearance

Sama halnya seperti cara upload tema WordPress secara otomatis, Anda harus klik menu Appearance dan pilih bagian Themes. Halaman tersebut akan terbuka dan silahkan klik bagian Add New.

  • Memulai Upload Tema WordPress

Untuk bisa memasukkan tema dalam bentuk zip, silahkan Anda klik Upload Theme kemudian klik Choose file tema yang sudah didownload. Perlu Anda ingat, bahwa tema yang Anda upload harus dari file tema ekstensi zip.

Selanjutnya bisa Anda klik Install Now. Tunggu hingga proses penginstalan selesai maka baru bisa Anda klik Activate. Maka tema yang telah didownload berhasil terpasang di website Anda.

3. Cara Upload Tema WordPress Manual cpanel Menggunakan File Zip

Caranya sama seperti mengubah tema WordPress dengan cara yang manual. Anda cukup membutuhkan tema yang berupa file zip.

Namun hal yang membedakan yaitu cara menguploadnya tidak menggunakan dashboard pada WordPress namun menggunakan File Manager pada cPanel.

Install Tema WordPress via cPanel
Install Tema WordPress via cPanel

Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini cara mengubah tema WordPress dengan menggunakan File Manager cPanel:

  • Login di cPanel Hosting

Pertama Anda harus login ke cPanel, kemudian masukkan username dan password yang sesuai dengan email yang Anda gunakan saat pertama kali mendaftar.

  • Klik Menu File Manager

Anda bisa klik ke menu File Manager agar bisa mengunggah file tema ke hosting. Biasanya tempat tema ada di folder publik html, content, dan themes.

  • Upload Tema

Kemudian klik dan pilih jenis tema yang akan di upload. Anda tinggal menunggu proses uploading selesai dan akan terlihat file berhasil di upload.

  • Ekstrak File Tema

Jika file sudah berhasil di upload, selanjutnya Anda ekstrak temanya dengan klik file pada bagian kanan dan klik ekstrak.  

  • Aktifkan Tema

Agar tema WordPress bisa active, maka harus diaktifkan terlebih dahulu dengan memilih menu Theme di bagian dashboard. Masuk kembali ke dashboar wordpres, dan aktifkan theme yang sudah anda upload tadi.

Cara upload tema WordPress bisa dengan mudah Anda lakukan sendiri.

Begitupun cara mengatur tampilan tema WordPress bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Anda tidak harus mengetahui bahasa pemograman, karena bisa dapat dilakukan dengan cara otomatis atau manual tanpa harus membuang-buang waktu.   

Untuk memastikan website WordPress Anda selalu aman, Kami memiliki rekomendasi untuk menggunakan SSL.

SSL memastikan pengiriman data dari server kepada client dengan enkripsi yang kuat sehingga data yang dikirimkan menjadi aman.

Cukup dengan biaya mulai dari 150.000/tahun Anda sudah bisa mendapatkan SSL Murah dari Gudangssl.id.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *