Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi

Search Engine: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenisnya

3 min read

APA ITU SEARCH ENGINE

Search engine adalah hal yang setiap hari digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi, tetapi masih ada yang belum mengetahui apa itu search engine.

Tak dapat dimungkiri bahwa internet sekarang ini berperan penting hampir dalam setiap pekerjaan manusia.

Bagaimana tidak, setiap informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh hanya dengan mencarinya di internet kapan saja dan di mana saja.

Untuk dapat mendapatkan informasi tersebut, pengguna harus memasukkan kata kunci yang sesuai pada search engine agar informasi dapat ditampilkan pada halaman hasil penelusuran.

Lalu apa apa yang dimaksud dengan mesin pencari atau search engine dan bagaimana mesin pencari web bekerja?

Pelajari secara lengkap hanya pada artikel berikut ini ya, GudPeople.

Apa Itu Search Engine?

Mari mengawali pembahasan kali ini dengan pengertian tentang apa itu search engine. 

Mesin pencari atau search engine adalah sebuah program yang membantu pengguna untuk menemukan semua informasi yang tersedia secara online dengan memasukkan kata kunci.

Search engine mampu memberikan informasi secara cepat walaupun website yang tersedia sangat banyak, yaitu berjumlah jutaan website.

Biasanya, search engine akan menampilkan hasil penelusuran yang paling relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.

Hasil penelusuran disebut SERP (search engine result page), yang berisi sepuluh hasil per halaman.

Perlu Anda ketahui sebanyak 75% pengguna hanya akan mengklik hasil penelusuran pada halaman pertama saja.

Maka dari itu, agar website dapat ditampilkan pada halaman pertama mesin pencarian, mengoptimasi website dan konten dengan teknik SEO (search engine optimization) adalah hal yang paling masuk akal.

Cara Kerja Search Engine

Setelah mempelajari apa itu search engine, kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak memahami bagaimana search engine atau mesin pencari web bekerja untuk dapat memberikan informasi dengan relevan.

Berikut penjelasan mengenai cara kerja search engine.

  • Crawling

Crawling adalah proses yang dilakukan oleh robot search engine (web crawler) dengan menjelajahi (merayapi) semua website termasuk konten di dalamnya.

Web crawler ini memanfaatkan link yang ada untuk ditelusuri sampai ke akar-akarnya, dan setelah itu dikumpulkan ke dalam database search engine.

Proses crawling oleh robot ini akan dilakukan secara berkala untuk mendapatkan informasi pembaruan mengenai sebuah konten.

  • Indexing

Indexing adalah sebuah proses di mana search engine akan mengklasifikasikan konten yang didapatkan dari hasil crawling sesuai dengan kategori yang relevan.

Adapun kategori yang masuk di dalam indexing misalnya lokasi, bahasa, minat, jenis konten, dan sebagainya.

Proses indexing memmungkinkan informasi yang ditampilkan pada halaman SERP menjadi lebih cepat dan relevan karena sudah dikategorikan dengan sesuai.

  • Ranking

Ranking merupakan proses selanjutnya dengan merangking semua hasil penelusuran pada halaman pertama hingga halaman terakhir SERP.

Semakin relevan sebuah konten, maka kesempatan untuk muncul di peringkat satu pada halaman pertama SERP sangat besar.

Rangking ini berlaku dari konten yang paling relevan, kemudian turun hingga yang tidak relevan.

Penting untuk diingat bagi pemilik website bahwa kualitas konten adalah hal yang harus diperhatikan agar dapat meraih rangking atas di mesin pencarian.

Sehingga perpaduan kualitas konten dan SEO akan membantu menaikkan website Anda dengan maksimal.

Baca Juga: 10+ VPN Gratis Terbaik Agar Internet Lebih Aman

Jenis-Jenis Search Engine

Di antara banyaknya search engine yang ada, pasti Anda sering menggunakan salah satu penyedia layanan search engine untuk mencari informasi.

Seperti yang dikutip dari netmarketshare, persentase jenis-jenis search engine berdasarkan penggunaannya pada tahun Januari 2021- Januari 2022 adalah sebagai berikut.

1. Google

Google

Google adalah mesin pencari terpopuler di dunia, dengan lebih dari 74.44% pasar pencarian di internet.

Selain itu, Google juga memperoleh traffic mobile lebih dari 85% yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik ketika ingin mendapatkan traffic yang tinggi.

Hal itu mengakibatkan persaingan untuk mendapatkan traffic yang tinggi melalui Google sangat sulit karena semua orang merebutkannya.

2. Bing

Bing

Bing adalah pesaing terbesar Google dengan menguasai sebesar 12.69 % angka pencarian di internet.

Search engine besutan Microsoft ini merupakan search engine bawaan yang diusung oleh browser Internet Explorer dan Edge.

Memiliki tampilan yang mirip dengan Google, Bing menawarkan fitur menarik yaitu dengan pemberian reward poin bagi pengguna yang melakukan pencarian atau berbelanja menggunakan search engine ini.

Kemudian, poin dapat ditukarkan dengan gift cards, dan sebagainya.

3. Baidu

Baidu

Baidu merupakan search engine yang berasal dari Cina, dan menguasai 11.36% pasar pencarian di dunia, dan lebih dari 75% pencarian di Cina.

Interface yang dimiliki oleh Baidu juga hampir mirip dengan Google, hanya saja Baidu menggunakan bahasa Mandarin.

Baidu sangat cocok bagi Anda yang ingin mengincar pasar Asia, tetapi kabarnya mereka memblokir beberapa konten yang berasal dari website yang pro demokrasi.

Maka dari itu, untuk hasil pencarian yang lebih lengkap memang masih ‘dikuasai’ oleh Google.

Baca Juga: URL: Pengertian, Fungsi, Bagian, dan Cara Membuatnya

4. Yahoo

Yahoo

Yahoo adalah salah satu layanan penyedia search engine yang memegang sebesar 2.15% pencarian di seluruh dunia.

Hasil pencarian yang dihasilkan oleh mesin pencarian Yahoo memiliki kemiripan dengan Bing karena Yahoo didukung oleh Bing.

Meski begitu, Yahoo mencatat jumlah pengguna yang menggunakan mesin pencarian Yahoo ini sebanyak enam ratus juta per bulan (mobile), dan total sebanyak satu miliar pengguna.

5. Yandex

Yandex

Yandex adalah search engine yang berasal dari Rusia, dan menguasai 1.5% pencarian di seluruh dunia, serta 65% di Rusia.

Apabila Anda ingin mengincar audiens dari Rusia, menggunakan Yandex adalah pilihan terbaik untuk optimasi.

Tak hanya di Rusia, beberapa negara seperti Kazakhstan, Ukraina, Turki, dan Belarusia juga menjadi tempat populernya mesin pencarian yang satu ini.

Yandex menawarkan dua pilihan bahasa (inggris dan abjad sirilik), serta layanan penyimpanan cloud.

Fungsi Search Engine

Apabila sudah membaca artikel ini mulai dari apa itu search engine, pasti Anda sudah dapat menyimpulkan fungsi search engine yaitu memberikan informasi yang relevan dan cepat.

Bisa dibayangkan dari banyaknya website dan miliaran konten yang ada di internet, apabila tidak ada search engine pasti Anda akan kesulitan untuk menemukan konten yang paling relevan.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk memproses informasi juga akan sangat lama karena tidak ada proses crawling dan indexing sebelumnya.

Fungsi search engine yang lain adalah sebagai media pemasaran, yaitu search engine marketing (SEM).

Semakin ketatnya persaingan kata kunci membuat pebisnis harus muncul di peringkat pertama mesin pencarian agar memperoleh traffic yang tinggi.

Maka dari itu, muncullah strategi SEM ini yang berperan sebagai media pemasaran berbayar pada mesin pencarian.

Baca Juga: Pelajari Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis

Kesimpulan

Search engine adalah salah satu faktor dalam meningkatkan produktivitas pengguna, pasalnya mesin pencarian ini memudahkan dan mempercepat pengguna dalam memperoleh informasi.

Meski awalnya hanya dianggap sebagai search engine biasa yang menyediakan informasi, nyatanya search engine ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk mempromosikan produk.

Banyak yang berlomba-lomba mempelajari search engine dan cara mengoptimasinya agar mendapatkan peringkat atas di halaman pertama.

GudPeople, apakah Anda sudah memahami apa itu search engine? Jika sudah, Anda bisa memanfaatkan search engine ini untuk keuntungan dengan menerapkan teknik SEO atau SEM dalam mempromosikan bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Sedikit tambahan, selain membahas mengenai keamanan website & jaringan, serta digital marketing, Gudang SSL juga menyediakan sertifikat SSL murah berkualitas untuk keamanan website Anda.

Tunggu apa lagi, jangan ragu untuk menghubungi kami ya, GudPeople.

Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi