Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi

Apa Itu Google Trends? Pengertian & Cara Menggunakannya

3 min read

APA ITU GOOGLE TRENDS

Google Trends adalah sebuah tool yang sangat berguna untuk mengatasi kebuntuan dalam membuat ide konten.

Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk membuat konten-konten di blog maupun website, pastinya Anda pernah mengalami kehabisan ide untuk menentukan topik artikel.

Karena tool untuk riset kata kunci atau keyword yang ditawarkan tidak semuanya gratis, maka menggunakan Google Trends akan sangat membantu Anda.

Namun, perlu diingat bahwa Google Trends ini tidak seperti kebanyakan tool untuk riset keyword yang ada.

Dalam penggunaannya, Google Trends sebenarnya jauh lebih mudah digunakan, tetapi belum banyak yang mengetahui sebenarnya apa itu Google Trends.

Agar lebih dapat memahaminya, Anda bisa mempelajari pengertian dan cara menggunakan Google Trends pada artikel ini. Simak ya, GudPeople.

Apa Itu Google Trends?

Google Trends adalah sebuah situs milik Google yang berperan sebagai tool untuk menyediakan data tentang tren dan seberapa sering sebuah kata kunci dicari di mesin pencarian Google.

Selain itu, Google Trends juga menyediakan data tentang volume pencarian dan informasi mengenai geografi pencarian keyword.

Mengingat search engine Google adalah yang paling populer di dunia, tak heran apabila Google Trends akan menyediakan tren-tren keyword yang cukup akurat berdasarkan peristiwa yang sedang hangat.

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2006 dengan versi terbaru yang rilis pada tahun 2018, Google Trends membawa sejumlah fitur yang sangat penting yaitu memberi tahu hal yang sedang ramai dibahas, kemudian mengidentifikasi topik dan subtopik yang diperbincangkan, serta menemukan tren pencarian geografis di wilayah Anda.

Google Trends bisa dibilang menjadi satu-satunya tool gratis yang bisa digunakan oleh pengguna yang sedang mencari ide keyword untuk konten website dengan sajian data yang lengkap.

Cara Menggunakan Google Trends

Setelah mempelajari secara singkat mengenai apa itu Google Trends, kini waktunya Anda belajar bagaimana cara menggunakan Google Trends.

Meskipun Google Trends adalah tool gratis, tetapi fungsi dan fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan tool riset keyword pada umumnya.

Berikut cara-cara menggunakan Google Trends, simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya, GudPeople.

1. Riset Keyword

Riset Keyword

Dengan Google Trends, Anda dapat melakukan riset keyword dengan mengetikkan kata kunci pada homepage Google Trends.

Google Trends akan menampilkan keyword yang paling populer secara default, tetapi Anda juga dapat mengubah data pencarian dari Google Search ke YouTube, hingga Google News, tergantung kebutuhan Anda.

Selain itu, pada hasil pencarian juga akan menampilkan grafik tren keyword selama beberapa waktu ke belakang untuk memperlengkap Anda saat menganalisis sebuah keyword.

Anda juga dapat membandingkan data analisis keyword dengan tahun sebelumnya untuk membandingkan seberapa relevan keyword yang akan Anda pakai.

2. Menemukan Topik yang Berkaitan

Related Topic

Topik yang berkaitan dengan topik yang sedang populer akan memberikan Anda ide tambahan untuk membuat konten yang selanjutnya.

Ketika Anda melakukan pencarian sebuah keyword pada homepage, terdapat tabel Related Topics yang berisi rekomendasi topik lain berdasarkan pencarian yang sedang dilakukan.

Meski Anda harus mencari keyword pada topik yang berkaitan tersebut, tetapi setidaknya Anda sudah diberikan rekomendasi topik oleh Google Trends.

Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat waktu untuk melakukan riset topik untuk konten selanjutnya.

Baca Juga: Social Engineering: Pengertian dan Cara Menghindarinya

3. Menampilkan Keyword yang Berkaitan

Related Queries

Kemampuan lain dari Google Trends adalah dapat menemukan keyword yang berkaitan dengan keyword populer.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci pada bagian homepage dan tekan enter, kemudian hasilnya akan ditampilkan pada tabel Related Queries yang terletak persis di sebelah tabel Related Topics.

Anda pun dapat mencari keyword yang lebih spesifik terhadap sebuah topik, dan keyword tersebut juga akan ditampilkan datanya secara lengkap.

4. Menemukan Pencarian Trending

Pencarian Trending

Google Trends mampu mendapatkan data-data mengenai pencarian yang sedang trending berdasarkan peristiwa yang terjadi.

Data tersebut sangat berguna khususnya pada website-website yang memiliki konten berita terbaru.

Cara melakukan pencarian trending adalah dengan membuka halaman utama Google Trends, kemudian pada sisi sudut kiri atas terdapat ikon tiga garis, silakan klik ikon tersebut dan pilih Trending searches.

Pembaruan data pencarian trending juga akan dilakukan setiap hari, dan Anda bahkan dapat melihat data pencarian trending pada hari sebelumnya.

Tak hanya itu, volume pencarian juga akan ditampilkan pada setiap topik yang sedang hangat.

5. Memprediksi Tren 

Karena Google Trends telah menyediakan semua data tentang tren pencarian yang sedang hangat, hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat konten Anda dilihat oleh banyak orang.

Namun, sebelum itu Anda juga harus tahu bahwa kompetitor Anda di luar sana juga menggunakan Google Trends untuk mendapatkan data yang sama.

Oleh karena itu, kesempatan konten Anda banyak dilihat pun sedikit lebih sulit karena harus ‘melawan’ kompetitor dengan data yang sama.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memprediksi tren dengan memanfaatkan data tren yang sudah tersedia.

Anda perlu mengikuti tren musiman dan tren lokal sebelum akhirnya mengikuti tren yang terbaru.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk dapat memprediksi tren menggunakan data Google Trends, yaitu:

  • Identifikasikan tren sesuai dengan kategori dan lokasi
  • Bandingkan dua kata kunci dalam satu tren, misalnya sertifikat SSL dan SSL certificate murah. Kedua volume dan tren di antara kedua kata kunci tersebut pastinya akan berbeda, tinggal bagaimana Anda membaca data tersebut sebelum menggunakan mana yang lebih baik

Baca Juga: Shopify: Platform E-Commerce Terbaik yang Layak Anda Coba

Kesimpulan

Google Trends adalah layanan milik Google yang sangat berguna terutama bagi pelaku bisnis digital, termasuk blogger untuk mengidentifikasi tren yang selalu berubah-ubah setiap saat.

Manfaat penting dari Google Trends sendiri adalah untuk mengetahui topik niche yang tepat berdasarkan lokasi, selain itu juga dapat untuk keperluan bisnis yaitu mempromosikan bisnis sesuai dengan tren yang sedang hangat.

Cara menggunakan Google Trends pun juga cukup mudah, dan data yang disajikan juga lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Setelah Anda mengetahui apa itu Google Trends beserta cara menggunakannya, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan Google Trends?

Jangan ragu untuk memanfaatkan layanan gratis dari Google yang satu ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Google Trends pada artikel kali ini, sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya, GudPeople.

Sebagai tambahan, Anda bisa mempelajari artikel lain di blog Gudang SSL mengenai keamanan website dan jaringan, serta tips-tips digital marketing lainnya.

Jordy Prayoga Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi