Daftar Update Algoritma Google Terbaru & Cara Kerjanya

3 min read

Algoritma Google

Untuk Anda yang berbisnis memanfaatkan mesin pencari Google sebagai sumber trafik utama, tentunya saat ada update algoritma Google merasa khawatir.

Banyak dijumpai website-website setelah update algoritma Google terbaru posisinya terjun bebas ke peringkat bawah.

Nah ini juga dialami oleh para blogger, artikel-artikel mereka yang sudah memiliki posisi bagus setelah terkena update algoritma Google menjadi sepi pengunjung.

Kalau sudah seperti ini berarti  website/blog yang Anda miliki terdampak dari update algoritma Google.

Nah untuk mengetahui sedang ada update algoritma Google atau tidak, Anda bisa mengeceknya secara real time di https://www.semrush.com/sensor/

Update Algoritma Google Terbaru
Update Algoritma Google Terbaru

Dari gambar tersebut Anda bisa memantau secara real time, jika grafiknya tinggi maka kemungkinan ada update algoritma Google.

Tetapi kadang pihak Google tidak memberikan info tentang update algoritma Google lewat website resmi mereka.

Ada beberapa update Google yang tidak memiliki nama resmi dan secara diam-diam.

Nah agar Anda lebih tahu mengenai update algoritma Google terbaru dan juga cara kerjanya, berikut akan kami ulas secara lengkap.

Algoritma Google

Sebelum berlanjut ke pembahasan algoritma Google, mungkin diantara Anda ada yang belum tahu penjelasan algoritma Google.

Algoritma Google adalah metode yang digunakan Google untuk melakukan perhitungan yang terstruktur untuk memberikan peringkat pada halaman website.

Setiap algoritma yang dikeluarkan oleh Google memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya.

 Perlu diketahui bahwa Google memiliki banyak sekali database bahkan sampai ratusan juta halaman yang perlu disortir, mana kira-kira yang paling bagus untuk tampil dihalaman pertama Google.

Ada banyak sekali metrik yang dilakukan Google untuk merangking dari satu keyword saja.

 Sampai saat ini belum ada yang mengetahui secara rinci bagaimana algoritma Google ini bekerja.

Para webmaster hanya bisa menebak atau mencari info dari penjelasan resmi Google kira-kira updatenya berkaitan dengan apa.

Daftar Algoritma Google Terbaru

Sampai saat ini sudah banyak algoritma yang dirilis oleh Google.

Tetapi memang ada update-update minor yang tidak memiliki nama resmi.

Sampai sekarang ini dalam setiap harinya ada algoritma-algoritma baru Google yang dirilis ke publik.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan daftar update algoritma Google terbaru yang memiliki efek besar di dunia SEO.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Panda – Februari 2011

Google Panda
Google Panda

Google panda tepatnya dirilis pada tanggal 24 Februari 2011.

Cara kerja Google panda ini menyasar pada hal-hal berikut ini:

  • Konten plagiat
  • Konten tidak berkualitas
  • SPAM konten
  • Konten hasil dari user generated
  • Keyword stuffing

Google panda bekerja dengan acuan “quality score” untuk menilai suatu halaman/website.

Kemudian dari hasil skor inilah yang digunakan untuk memberikan peringkat pada hasil SERP Google.

Nah pada saat ini website-website yang tidak berkualitas banyak yang terkena deindex, sebaliknya website-website yang berkualitas peringkatnya semakin naik.

Baca juga : Mengenal Google AMP, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Penguin – April 2012

Update algoritma Google inti yang kedua bernama Google Penguin yang dirilis pada tanggal 24 April 2012.

Fokus utama dari algoritma Google Penguin ini terletak pada link yang tidak relevan, spam backlink dan over optimasi pada anchor text.

Pada saat itu website-website yang membuat backlink secara berlebihan dan dimanipulasi banyak yang terkena.

Agar lebih amannya Anda bisa membuat link secara natural saja dan selalu audit link-link yang mengarah ke website/blog Anda.

3. Hummingbird – Agustus 2013

Hummingbird Google
Hummingbird Google

Hummingbird rilis pada tanggal 22 Agustus 2013 dengan sasaran utama pada keyword stuffing dan konten kurang berkualitas.

Hummingbird bekerja dengan penelusuran berdasarkan query pengguna yang lebih sempurna.

Walaupun dalam konten tidak ada keyword yang dicari, hummingbird bisa membaca keyword latent semantic/sinonim keywordnya.

Jadi saat algoritma ini diluncurkan, hasil penelusuran SERP Google menjadi lebih baik sesuai dengan keinginan pengguna.

4. Mobile – April 2015

Pada tanggal 21 April 2015, Google merilis algoritma mobile.

Saat itu Google lebih memprioritaskan website-website yang memiliki versi untuk perangkat mobile.

Karena pada saat 2015 sudah banyak pengguna mesin pencari yang menggunakan smartphone mereka untuk browsing.

Nah website-website yang tidak support mobile friendly saat itu banyak yang peringkatnya turun.

Untuk mengecek apakah website Anda sudah mobile friendly bisa dicek pada website Google Mobile Friendly Test.

5. RankBrain – Oktober 2015

RankBrain
RankBrain

RankBrain rilis pada tanggal 26 Oktober 2015, fokus utamanya pada penelusuran query yang lebih relevan, kualitas konten dan user experience yang buruk.

Pada saat itu penelusuran di Google jauh lebih baik hasilnya, Google sudah menggunakan Artificial Intelligence dengan memahami query yang dicari oleh pengguna.

Nah untuk optimasinya Anda bisa menggunakan LSI keyword, sinonim keyword dan keyword-keyword yang masih berhubungan.

6. Medic – Mei 2018

Keenam, Google Medic rilis pada tanggal 4 Mei 2018.

Fokus update algoritma Google saat itu adalah website-website YMYL (Your Money Your Love) dan EAT (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness).

Dampak Google Medic ini paling terasa pada website-website niche kesehatan, keuangan, hukum, pendidikan dan sejenisnya yang membutuhkan keahlian khusus.

Solusinya bisa mempekerjakan para penulis yang sudah berkompeten dalam bidangnya, contohnya seorang Dokter.

7. BERT – Oktober 2019

Bert
Bert

BERT dirilis pada tanggal 22 Oktober 2019, BERT merupakan kepanjangan dari Bidirectional Encoder Representation from transformers.

Algoritma BERT bekerja dengan menggunakan machine learning untuk memberikan hasil penelusuran yang lebih baik.

Cara kerja BERT ini bisa mengetahui query apa yang sedang dicari oleh  para pengguna.

Nah solusinya agar tidak terkena efek dari BERT ini adalah dengan membuat konten yang lengkap dan detail.

8. Core Updates – 2017 – Sekarang

Terakhir, update algoritma Google Core Update mulai dari 2017 sampai sekarang.

Core update ini masih berjalan sampai sekarang dengan pembaharuan yang muncul secara bertahap.

Google mulai saat ini tidak mengkonfirmasi lagi dan memberi nama seperti algoritma sebelumnya.

Untuk mengecek dampak dari core update ini Anda bisa sering-sering mengecek peringkat website Anda di SERP Google.

Target utamanya dari update ini adalah masalah kualitas konten, page speed, mobile friendly, dan UI UX website.

Bagaimana sudah faham dengan daftar algoritma Google sampai sekarang ini?

Selain algoritma diatas, sebenarnya masih ada beberapa algoritma lain seperti EDM, knowledge graph, domain crawling, pirates, pigeon, HTTPS, snippet length dan lainnya.

Oiya jangan lupa pastikan website/blog Anda sudah menggunakan SSL, karena menjadi salah satu update penting dari Google.

Segera saja kunjungi website Gudangssl.id untuk mendapatkan SSL harga murah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *