Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Trojan Horse dan Bahayanya

Bagi Anda yang sering berselancar di Internet, pernahkan Anda berfikir bahwa komputer/laptop yang Anda gunakan bebas dari worm, virus atau Trojan horse? Sangat sulit mendeteksi apakah bebas dari ketiganya, karena ketiganya ancaman tersebut sangat berbahaya jika sampai berada di komputer. Ketiga serangan tersebut memang tidak terlihat secara langsung, mereka biasanya beraksi di belakang sehingga tidak terlihat secara langsung.

Berbicara ketiga jenis ancaman tersebut, Trojan horse nampaknya menjadi salah satu yang menarik untuk kita bahas. Sebelum melanjutkan apakah Anda sudah tahu apa itu Trojan horse?

Apa Itu Trojan Horse

Apa Itu Trojan Horse dan Bahayanya
Apa Itu Trojan Horse dan Bahayanya

Trojan horse atau biasa disebut Trojan adalah salah satu jenis malware yang sering menyamar sebagai software/perangkat lunak yang sah. Trojan horse ini biasa digunakan oleh para peretas untuk mendapatkan akses kepada sistem tanpa diketahui. Trojan horse ini menyamar seperti kebanyakan software lainnya yang ada di komputer, kemudian setelah diaktifkan tanpa sengaja oleh user barulah Trojan ini mulai bekerja. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh malware Trojan horse seperti berikut ini :

  • Hapus data
  • Blokir data
  • Modifikasi data
  • Copy data
  • Menganggu kinerja komputer
  • Menganggu kinerja jaringan

Sejarah Trojan Horse

Patung Kuda Trojan Horse
Patung Kuda Trojan Horse

Sejarah penamaan Trojan horse berasal dari cerita perang Troya, Trojan horse adalah strategi orang-orang Yunani yang digunakan untuk memasuki kota Troy dengan cara licik. Orang-orang Yunani membangun patung kuda kayu besar dengan menyembunyikan pasukan-pasukan hebatnya di dalam patung kuda. Orang-orang Yunani berpura-pura berlayar menuju Troy dengan membawa patung kuda kayu tersebut, orang Yunani menarik kuda tersebut sampai ke benteng kota Troy sebagai hadiah kemenangan perang.

Nah saat malam tiba semuanya sudah pergi, pasukan Yunani yang ada didalam kuda tersebut keluar dan membuka gerbang utama agar pasukan Yunani yang tadi bersama naik kapal agar bisa masuk dan menyerang kota Troy. Secara singkatnya Trojan horse juga memiliki triks seperti itu untuk masuk ke sistem komputer, salah satunya ikut di software-software yang di download dari website di internet. Makanya untuk Anda yang suka download perlu hati-hati siapa tahu ada malware Trojan yang ikut terinstall.

Serangan Trojan Horse

Serangan Trojan horse ada berbagai macam jenis, tetapi kesemuanya memang tujuannya untuk kejahatan. Akibat paling banyak dan mudah ditemui adalah kinerja komputer yang semakin lemot dan akses jaringan komputer yang semakin melambat.  Selain itu Anda perlu selalu waspada karena Trojan horse juga mengincar data-data sensitive yang ada pada komputer yang bisa dengan mudah dicuri melalui malware yang sudah tertanam dikomputer.

Diambil dari website Kaspersky, Trojan dikelompokan sesuai dengan jenis tindakan yang dilakukan seperti:

  • Backdoor, Trojan backdoor memungkinkan mereka melakukan tindakan apa saja kepada komputer yang sudah terinfeksi seperti mengirim, menerima, upload, hapus, reboot komputer dan tindakan lainnya tanpa sepengetahuan pemilik.
  • Exploit, Trojan yang berisi data atau kode yang masuk melalui kerentanan perangkat lunak aplikasi yang terinstall.
  • Rootkit, rootkit adalah sejenis Trojan yang dirancang untuk menyembunyikan aktifitas tertentu pada sistem sehingga menjadi berat dan lemot.
  • Trojan banker, Trojan banker adalah salah satu malware yang menyerang pada akun-akun perbankan online, pembayaran elektronik, kartu kredit, debit dan uang digital lainnya.
  • Trojan DDoS, Trojan ini memiliki tugas untuk menyerang alamat website yang sudah menjadi target.
  • Trojan Downloader, Trojan yang masuk bareng dengan software yang Anda install termasuk adanya adware dan iklan-iklan tidak jelas.

Selain itu masih ada jenis Trojan lainnya yang memiliki fungsi hampir sama satu dengan lainnya yaitu Trojan Dropper, Trojan FakeAV, Trojan GameThief, Trojan IM, Trojan Ransom, Trojan SMS, Trojan Spy dan Trojan Mailfinder.

Baca juga : Apa itu SQL Injection dan Bahayanya

Mengatasi Trojan Horse

Malware Trojan Horse
Malware Trojan Horse

Untuk mengatasi serangan Trojan horse ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Yang paling utama adalah kewaspadaan terhadap program-program yang mencurigakan dan hanya melakukan install yang bersumber dari website-wesbite yang terpercara saja. Untuk mengetahui website terpercaya atau tidak salah satu caranya dengan mengecek apakah website sudah menggunakan SSL (Secure Socket Layers) atau belum. SSL memungkinkan proses transfer data dari client server dan sebaliknya terjadi dengan aman karena ada proses enkripsi data yang ketat.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan SSL Murah, kami memiliki rekomendasi di GudangSSL.id. Gudang SSL memiliki layanan SSL Indonesia murah untuk tingkat Domain Validation dari brand Sectigo Positive SSL dengan harga mulai dari 135.000/tahun.

Trojan horse ini bisa menyamar kesemua jenis file, tetapi kebanyakan ditemui pada file ekstensi .exe, .vbs, .bat dan jenis file lainnya. Yang pasti jika Anda mendownload file dari website yang jelas dan sudah menggunakan SSL pasti aman dari Trojan horse. Nah semoga pembahasan mengenai mengenal lebih jauh Trojan horse dan bahayanya. Semoga bisa difahami dan jangan lupa untuk urusan SSL percayakan saja pada GudangSSL.id.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>