Apa Itu FTP dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Saat mendengar kata FTP mungkin diantara Anda sudah tidak asing dengan kata ini, bahkan sudah ada juga yang sudah tau kepanjangan dari FTP. File Transfer Protocol atau FTP memang menjadi salah satu layanan berbagi file yang populer sampai saat ini, jika Anda sudah lama berkecimpung dalam bidang IT pasti sudah pernah menggunakan FTP. Dengan adanya FTP ini pertukaran antara client dan server akan lebih mudah dalam bertukar file maupun informasi dalam suatu jaringan yang sama. Nah lalu apa sebenarnya FTP itu dan bagaimana cara menggunakannya yang benar?

Apa itu FTP?

Apa Itu FTP dan Fungsinya Untuk Website
Apa Itu FTP dan Fungsinya Untuk Website

Munngkin Anda masih bertanya-tanya apa itu FTP? FTP adalah layanan protokol internet yang kegunaanya untuk melakukan transfer data, file maupun informasi antara server dan client dalam satu cakupan jaringan yang sama. Karena ada komputer server dan client, dalam prosesnya FTP menggunakan koneksi TCP/IP dengan port 21.

Server pada FTP berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua data, file serta informasi yang ada, sedangkan client menjadi user yang bisa melakukan download semua file yang ada pada komputer server. Contoh gampangnya saat Anda melakukan download file, proses ini sebenarnya didukung oleh Fite Transfer Protocol tetapi memang prosesnya dibagian backend sehingga tidak terlihat secara langsung.

Jenis FTP

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada 2 jenis FTP yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Nah berikut pembahasan mengenai jenis-jenis FTP:

  • FTP Client

FTP Client menjadi perangkat komputer yang bisa melakukan download dan upload file kepada komputer server jika sudah terkoneksi dengan benar kepada FTP Server. Dalam koneksinya kepada komputer server melalui port yang tersedia, komputer client diberi hak akses serta batasan oleh komputer server. Untuk lebih amannya, komputer client dalam berkomunikasi dengan server menggunakan koneksi bersifat pasif.

  • FTP Server

Dalam tugasnya selain menjadi media penyimpanan semua file, informasi dan data, komputer server memiliki tugas melakukan pembagian data dan menyediakan layanan kepada semua komputer client yang terhubung dengan server. Selain itu komputer server juga memiliki fungsi untuk selalu menjaga transfer data bisa lebih efektif dan efisien. Dan perlu dicatat pula bahwa FTP server bisa bekerja dengan koneksi pasif maupun aktif.

Saat terjadi koneksi pasif, semua koneksi yang masuk dari luar akan langsung terkena blok. Hal ini karena saat terjadi request kepada FTP server hanya ada 1 FTP client saja, jika ada request lain bisa dipastikan tidak dapat mengakses server dan terkena blok server. Ada beberapa aplikasi FTP yang banyak digunakan saat ini seperti FileZilla, Cyberduc, Core FTP, WinSCP dan lainnya. Selain menggunakan aplikasi FTP, sebenarnya Anda juga bisa mengguankan FTP melalui web browser, HTML editor, file explorer dan web browser, tetapi memang kurang powerfull jika dibandingkan dengan aplikasi FTP.

Baca juga : Daftar Harga SSL Terbaru

Alasan Menggunakan FTP

Dari penjelasan apa itu FTP diatas, secara garis besar FTP memiliki fungsi melakukan pertukaran file, informasi dan data dari server dan client. Data yang ditukarkan ukurannya juga bisa sangat besar dan yang menjadi nilai plus dari FTP ini adalah proses transfernya sangat cepat, berbeda jauh dengan proses download dan upload di Internet.

Jalur komunikasi antar server dan client tidak hanya 1 arah saja, jadi saat client melakukan request ke server, server juga bisa melakukan hal sebaliknya tanpa adanya gangguan. Selain itu saat proses transfer data jika terjadi kegagalan, Anda tidak perlu khawatir karena semua file terbackup secara otomatis.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Proses Transfer File FTP
Proses Transfer File FTP

Setelah mengetahui tentang jenis FTP, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki FTP yang perlu Anda tahu, berikut pembahasannya:

Kelebihan FTP

  • Memiliki fitur keamanan enkripsi sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan peretasan data, informasi dan file-file penting yang ada di server maupun client.
  • FTP memilki fungsi lain sebagai media penyimpanan, jadi file yang dikirimkan tidak akan hilang atau diahpus, masih ada backup yang tersedia.
  • Verifikasi untuk mengakses antar FTP server dan client sangat mudah.
  • Dengan adanya verifikasi dua langkah, keamanan antar server dan client menjadi lebih terjamin.
  • FTP bisa menjadi indirect komputer atau implicit remote komputer.
  • Proses transfer data dengan menggunakan FTP bisa dilakukan dengan mudah dan lebih efisien.
  • FTP bisa digunakan untuk backup dan restore pada semua file yang ada di website.
  • FTP bisa menjadi jembatan penghubung pertukaran file dan informasi antar komputer.

Kekurangan FTP

Dibalik kelebihannya, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh oleh FTP yang perlu dicatat, berikut kekurangan dari FTP:

  • FTP tergantung dengan keamanan enkripsi data, jadi jika tidak ada enkripsi maka FTP tidak direkomendasikan untuk digunakan transfer file dan informasi.
  • Administrator memiliki ancaman karena minimnya desain keamanan yang tidak terlalu kuat.
  • Sering terjadi kesalahan informasi sehingga sebagai administrator sulit memahami info yang didapatkan.

Cara Menggunakan FTP

Untuk bisa menggunakan layanan FTP, Anda bisa mencobanya sendiri dengan menggunakan aplikasi FTP paling familiar yaitu FileZilla. FileZilla memiliki kelebihan dari segi fitur yang lengkap, proses transisi data yang stabil dan support sistem operasi Windows dan Linux. Silahkan Anda download dulu aplikasi FileZilla kemudian install, jika sudah silahkan lakukan seperti langkah-langkah dibawah:

  1. Lakukan proses download dan installasi FileZilla hingga selesai.
  2. Jika sudah, silahkan buka aplikasi FileZilla, kemudian pilih pada menu ‘File’ pojok atas, kemudian pilih ‘Site Manager’.

    Site Manager
    Site Manager
  3. Setelah terbuka dashboard ‘Site Manager’ silahkan pilih ‘New Site’ kemudian masukan URL website Anda. Pada bagian menu ‘General’ ada beberapa beberapa detail yang perlu Anda isi seperti:

    FileZilla Dashboard
    FileZilla Dashboard
  • Host, Untuk mengetahui host yang Anda gunakan, biasanya seting pada host FTP website standart adalah ftp.namadomain.com.
  • Port, Port standart untuk FTP adalah 21, tetapi untuk bagian port ini tidak perlu Anda isi.
  • Protocol, Protocol ini memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima file dengan bantuan jaringan, silahkan pilih File Transfer Protocol.
  • FTP, FTP kepanjangan dari File Transfer Protocol yang fungsinya untuk membuat sambungan ke server maupun sebaliknya sehingga server dan client bisa berkomunikasi antar keduanya.
  • Logon Type, Ada 5 tipe login yang bisa Anda pilih yaitu Anonymous, Normal, Ask for Password, Interactive dan Account.
  • User, Nama FTP user yang akan Anda gunakan untuk connect ke akun FTP.
  1. Jika semuanya sudah, Anda tinggal ‘Connect’ ke FTP server.

Kesimpulan

Nah demikian pembahasan mengenai apa itu FTP dan cara menggunakannya. Fungsi utama dari FTP ini mempercepat proses transfer data dari server ke client dan sebaliknya. Selain itu ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh FTP yang berguna untuk Anda yang sering memindahkan data berukuran besar pada website. Untuk menjaga keamanan website Anda, kami memiliki rekomendasi layanan SSL Indonesia dari GudangSSL.id. SSL memiliki fungsi untuk melakukan enkripsi dan authentication agar semua informasi yang dikirimkan dari website menuju client aman dari pencurian data. Tunggu apalagi gunakan SSL Indonesia dengan harga mulai dari 150.000/bulan saja.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>